Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Inilah Beragam Material Lantai yang Cocok Untuk Lapangan Badminton

Lantai yang Cocok Untuk Lapangan Badminton

Lantai Untuk Lapangan Badminton – Selain sepak bola, badminton juga merupakan salah satu jenis olahraga yang paling populer di dunia. Begitu pun dengan Negara Indonesia, yang mana sebagian besar masyarakatnya begitu antusias bahkan terbilang cukup fanatic terhadap olahraga badminton.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat atlet badminton Indonesia kerap menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional.

Seperti yang sudah diketahui bahwa lapangan badminton itu berbasis indoor. Dalam pembangunan lapangan badminton, pastinya ada banyak sekali hal-hal yang harus dipertimbangkan. Ya, salah satunya adalah penggunaan lantai.

Pasalnya, tidak semua material lantai itu cocok diaplikasikan untuk lapangan badminton lho. Lalu, jenis material lantai seperti apakah yang cocok untuk lapangan badminton?

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

4 Material Lantai Terbaik Untuk Lapangan Badminton

1. Lantai Kayu Solid

jenis Lantai Kayu Solid

Jenis lantai terbaik pertama yang cocok untuk lapangan badminton, yakni berupa lantai kayu solid alias parket kayu. Pasalnya, tekstur permukaan pada lantai kayu solid ini terasa lebih kesat sehingga tidak akan licin. Tentu saja hal tersebut dapat memudahkan pergerakkan kaki para atlet badminton, tanpa khawatir terpeleset.

Ketika terjatuh, para atletnya juga tidak akan terlalu merasa sakit karena tekstur permukaan lantai kayu solid tergolong cukup empuk lho.

Adapun mengenai jenis-jenis produk parket solid yang biasa digunakan untuk lapangan badminton seperti berikut :

Lantai Kayu Solid Jati

Lantai Kayu Solid Jati

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kualitas jati adalah yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Dengan demikian, maka tak heran juga jika semua produk property dan furniture yang berbahan kayu jati selalu dibanderol dengan harga mahal.

Meski mahal, namun hal itu sangat sebanding dengan beragam keunggulan dan keindahan yang terdapat pada parket solid jati.

Akan tetapi, produk parket solid jati juga akan dibedakan lagi berdasarkan kelasnya, yaitu grade A, grade B, dan grade C.

Baca Selengkapnya : Lantai Kayu Jati yang Menjadi Favorit Banyak Orang

Lantai kayu Solid Merbau

Lantai kayu Solid Merbau

Selain parket solid jati, parket solid merbau juga merupakan salah satu produk parket solid yang sering dipilih untuk pemasangan lantai lapangan badminton.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat karakteristik parket solid merbau yang sudah memenuhi standarisasi untuk kebutuhan lapangan badminton. Dari segi harga, parket solid merbau ini memang lebih murah dibanding parket solid jati.

Artikel Terkait : Kayu Merbau Papua dan Karakteristiknya

2. Lantai Laminated (Lantai Laminasi)

jenis Lantai Laminated

Sebenarnya lantai laminasi ini adalah hasil pengembangan dari parket solid yang bertujuan untuk menekan tingginya biaya produksi.

Material lantai laminasi terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin, kemudian dibentuk berupa lembaran-lembaran kayu. Biasanya lantai laminasi memiliki ketebalan 8-12 mm, dan panjangnya yang mencapai 1.28 – 1.3 mm.

Dari segi kualitas, tentu saja lantai laminasi ini berada jauh dibawah parket solid. Lantai laminasi dibekali dengan sistem klik di bagian kanan, sedangkan bagian kirinya mengusung sistem interlocking. Itu artinya, pemasangan lantai laminasi akan jauh lebih mudah dan simple.

Baca Juga : Apa Itu Lantai WPC...???

3. Badminton Court Mat

jenis Badminton Court Mat

Jenis lantai terbaik berikutnya yang cocok untuk lapangan badminton, yakni Badminton Court Mat. Ya, sesuai dengan namanya, dimana Badminton Court Mat ini memang dirancang khusus untuk kebutuhan lapangan badminton.

Jika dilihat dari teksturnya, Badminton Court Mat ini memang tampak mirip dengan produk lantai sintetis. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat material yang digunakannya terbuat dari campuran bahan kimia.

Namun, yang menjadi pembedanya terdapat pada pemilihan jenis bahan yang akan digunakan.

Bukan hanya itu, Badminton Court Mat juga kerap digunakan sebagai pelapis tambahan, yakni penambahan matras badminton pada lapangan beton maupun lantai kayu.

4. Lantai Vinyl

jenis Lantai Vinyl

Masih banyak konsumen yang beranggapan bahwa lantai vinyl adalah bagian dari jenis lantai kayu parket. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab ada beberapa produk lantai vinyl yang dibuat dengan motif kayu.

Padahal, sebenarnya lantai vinyl bukan bagian dari jenis lantai kayu parket, melainkan sejenis lantai sintetis. Hal itu terbukti, yang mana tekstur lantai vinyl lebih lentur dan elastis.

Pasalnya, material lantai vinyl terbuat dari pahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan paralon atau pipa air. Dari sisi kekuatan, tentunya lantai vinyl tidak sekuat lantai laminasi.

Apalagi jika dibandingkan dengan lantai kayu solid, yang mana perbedaannya itu ibaratkan “langit dan bumi”. Terdapat berbagai jenis lantai vinyl yang tersedia dipasaran seperti dibawah ini :

Gerflor Taraflex Type Multi Use 6.2

Jenis vinyl yang pertama ini sudah memenuhi standarisasi dari American Society for Testing and Material (ASTM), sehingga membuatnya cocok digunakan untuk lapangan badminton. Gerflor Traflex type 6.2 tampil dengan ketebalan 6.1 mm dan berdiameter 1.5 x 20.5m / roll berwarna wood blue.

Artikel Terkait : Lantai Vinyl Motif Kayu dan Informasi Lengkapnya

LG Rexcourt

LG Rexcourt terdiri dari 4 lapisan yang bisa menjaga kelenturan, memiliki daya tahan yang tinggi, anti selip, dan anti gores. Mengingat spesifikasinya yang sedemikian rupa, tentu LG Rexcourt cocok dijadikan lantai untuk lapangan badminton.

Belum permukaan lantai vinyl LG Rexcourt ini terasa kesat dan tidak licin, sehingga dapat meminimalisir risiko cedera bagi para atletnya. Umumnya ketebalan lantai LG Rexcourt mencapai 3.9 m dengan diameter 1.8 x 20 m / roll.

LG Leisure

LG Leisure menawarkan harga yang lebih murah dibanding kedua jenis vinyl diatas tadi. Tak hanya itu, terdapat pula beragam corak pattern kayu dan warna solid yang tersedia. Rata-rata ketebalan lantai LG Leisure ini adalah 4 mm dengan diameter sekitar 1.8 x 16 m / roll.

Flexy Pave

Selanjutnya ada vinyl jenis Flexy Pave yang menggunakan system bitumen dan arklirik, sehingga membuatnya cocok dipasang di atas permukaan lapangan badminton yang berukuran besar sekalipun.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, harga vinyl Flexy Pave ini relatif lebih terjangkau lho. Umumnya proses finishing dari pemasangan lantai Flexy Pave ini berupa pengecatan, yang akan dilakukan dengan menggunakan roller.

Nah, seperti itulah beberapa jenis material lantai terbaik yang cocok diaplikasikan untuk lapangan badminton.

Bagi yang ingin memesan atau sekedar bertanya-tanya seputar produk lantai kayu solid, silahkan hubungi marketing kami di nomor yang sudah tertera diatas website