Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Kenali Jenis-jenis Kalsiboard Sebelum Menggunakannya

 

Jenis-jenis Kalsiboard

Jenis-jenis Kalsiboard – Perkembangan zaman memang kerap menghadirkan inovasi-inovasi terbaru pada semua aspek kehidupan. Begitu juga dalam bidang konstruksi yang tak luput dari sentuhan modernisasi.

Hal itu terbukti, dimana sekarang ini ada banyak sekali jenis-jenis material terbaru yang dapat kita jumpai dipasaran. Kalsiboard pun menjadi salah satu jenis material pendatang baru yang umumnya diaplikasikan untuk kebutuhan plafon dan panel dinding.

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar kalsiboard mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Kalsiboard?

Kalsiboard merupakan sebuah produk yang berupa lembaran papan menyerupai triplek. Adapun material kalsiboard yang terbuat dari bahan pasir silika dengan campuran semen dan selulosa. Semua bahan-bahan tersebut akan diproses dalam suhu bertekanan tinggi, sehingga terciptalah lembaran-lembaran papan yang bertekstur padat.

pengertian kalsiboard

Baca Juga : Pengertian Conwood Mulai Dari Fungsi dan Jenis-jenisnya

Untuk tampilan fisiknya, sekilas kalsiboard ini memang sangat mirip dengan gypsum. Begitu pun dengan fungsinya, yang mana kalsiboard kerap diaplikasikan untuk pelapis dinding dan plafon rumah. Harga kalsiboard dipasaran sangatlah bervariasi, karena akan dibedakan berdasarkan ukuran lebar dan ketebalannya.

Semakin tebal dan lebar ukurannya, maka akan semakin mahal pula harga dari kalsiboard tersebut. Tak hanya dari segi ukuran, kalsiboard juga terdiri lagi kedalam beberapa jenis yang berbeda.

Jenis-jenis Kalsiboard

1. Kalsifloor

jenis Kalsifloor

Berbicara soal jenis papan kalsiboard yang dapat memudahkan proses pemasangan, maka jenis Kalsifloor ini merupakan pilihan yang paling tepat. Mengapa demikian? Ya, sebab Kalsifloor ini memiliki bobot yang lebih ringan.

Selain memiliki bobot yang lebih ringan, bahkan pada  pemasangan Kalsifloor ini tidak membutuhkan proses pengecoran lho. Itu sebabnya, mengapa jenis Kalsifloor selalu menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mendapatkan proses pemasangan dalam waktu singkat.

Bahkan Kalsifloor juga menjadi solusi paling tepat untuk kebutuhan urgent. Selain cocok diaplikasikan untuk dinding atau pafon rumah, Kalsifloor juga sangat ideal diaplikasikan pada bangunan-bangunan tinggi. Adapun ukuran ketebalan papan Kalsifloor yang tersedia mulai dari 3 mm hingga 20 mm.

2. Kalsirata

jenis Kalsirata

Jenis kalsiboard selanjutnya yang akan dibahas, yakni bernama kalsirata. Pada umumnya, jenis papan kalsiboard yang satu ini memiliki ketebalan hingga mencapai 3 mm dengan ukuran panjang dan lebar sekitar 1 meter.

Biasanya kalsiling yang paling banyak digunakan adalah yang ukurannya tidak terlalu besar. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ukuran kalsiling yang tidak terlalu besar dapat memudahkan kita saat membawa maupun proses pemasangannya.

Meski proses pemasangannya terbilang cukup mudah, namun akan lebih baik lagi jika dikerjakan oleh orang yang memang ahli dibidangnya. Mengenai pemanfaatannya, jenis kalsirata ini sering diaplikaskan untuk plafon rumah.

Artikel Menarik Lainnya : Mengenal Jenis-jenis Plafon Rumah

3. Kalsirata

jenis Kalsirata

Jika dilihat dari tampilannya, sekilas memang tidak ada yang berbeda antara jenis kalsiling dengan jenis kalsirata tadi. Hanya saja perbedaan dari kedua jenis kalsiboard tersebut terdapat pada ukuran panjang, ketebalan, dan lebarnya.

Tak cuma itu, kalsilling menyediakan beragam varian ketebalan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan interior dinding rumah. Bahkan, bahkan jenis kalsilling ini juga sangat ideal digunakan untuk kebutuhan plafon rumah.

Pada pengaplikasikan plafon rumah, kita pun dapat menggunakan bermacam material rangka, entah itu rangka besi atau rangka kayu. Apabila ukuran kalsilling yang digunakan cukup besar dan berat, maka kamu harus menggunakan rangka berbahan besi. Jika ukuran kalsilling-nya terbilang ringan, maka material kayu pun sudah cukup digunakan untuk rangkanya.

4. Kalsiclad

jenis Kalsiclad

Tak berbeda jauh dengan jenis-jenis kalsiboard sebelumnya, yang mana Kalsiclad ini juga dapat kita aplikasikan sebagai panel dinding untuk mempecantik tampilan interior rumah. Menariknya lagi, ternyata Kalsiclad ini bisa digunakan untuk kebutuhan eksterior.

Sehingga tak heran jika Kalsiclad merupakan alternatif terbaik pengganti gypsum. Papan Kalsiclad dipasaran tersedia kedalam beragam ukuran yang berbeda-beda, entah itu dari sisi ketebalan, panjang, lebar, hingga tingkat ketahanannya.

Jika ingin mengaplikasikan Kalsiclad, sebaiknya kamu menambahkan material khusus yang berupa rangka baja. Ya, hal ini bertujuan agar Kalsiclad bisa terpasang dengan kuat dan tidak mudah goyah.

Disamping itu, proses pemasangan papan Kalsiclad juga harus mempertimbangkan berbagai faktor alam, seperti terpaan angin kencang, gempa bumi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Inilah Beberapa Jenis Dinding Kayu Terbaik dan Terlaris Dipasaran

5. Kalsipart

Kalsipart

Jenis papan kalsiobard berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Kalsipart. Sama seperti jenis kalsifloor, yang mana Kalsipart juga memiliki bobot yang lebih ringan dibanding jenis kalsiboard lainnya. Sehingga tak heran jika penggunaan Kalsipart dinilai lebih fleksibel saat proses bongkar pasang.

Pada umumnya, jenis Kalsipart ini kerap digunakan sebagai dinding sekat di pusat perbelanjaan, kamar darurat di rumah sakit, hingga hunian pribadi. Tak hanya itu, bahkan Kalsipart juga sering diaplikasikan sebagai partisi di ruang perkantoran.

6. Kalsiplank

jenis Kalsiplank

Dinilai dari segi kekuatan, mungkin jenis Kalsiplank ini tidak terlalu diandalkan. Namun dari segi keindahan, maka jenis Kalsiplank inilah yang menjadi juaranya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Kalsiplank hadir kedalam berbagai varian motif menarik, mulai dari motif original hingga motif kayu-kayuan yang menyerupai kayu jati lho.

Harga Kalsiboard Terbaru

  • Kalsiboard Ling 3.5 mm – ukuran 1220 x 2440 mm : Rp 62.800
  • Kalsiboard Ling 3.5 mm – ukuran 1220 x 2400 mm : Rp 60.400
  • Kalsiboard Ling 4.5 mm – ukuran 1220 x 2440 mm : Rp 86.500
  • Kalsiboard Ling 3.5 mm – ukuran 1220 x 2400 mm : Rp 83.500
  • Kalsiboard Ling 6 mm – ukuran 1220 x 2440 mm : Rp 122.350
  • Kalsiboard Ling 6 mm – ukuran 1220 x 2400 mm : Rp 117.750
  • Kalsiboard Ling 6 mm – ukuran 1220 x 2700 mm : Rp 132.450
  • Kalsiboard Ling 6 mm  – ukuran 1220 x 3000 mm : Rp 148.600
  • Kalsiboard Ling 6-R2 – ukuran 1220 x 2440 mm : Rp 125.550
  • Kalsiboard Ling 6-R2 – ukuran 1220 x 2400 mm : Rp 120.800
  • Kalsiboard Ling 6-R2 – ukuran 1220 x 2700 mm : Rp 135.900
  • Kalsiboard Ling 6-R4 – ukuran 1220 x 3000 mm : Rp 149.650
  • Kalsiboard Ling 6-R4 – ukuran 1220 x 2440 mm : Rp 126.850
  • Kalsiboard Ling 6-R4 – ukuran 1220 x 2400 mm : Rp 122.050

Baca Juga : Review Harga SPC Flooring Per Meter Terbaru

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis-jenis papan kalsiboard beserta daftar harga terbarunya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan.