Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Jenis-jenis Bahan Pelapis Untuk Kayu

 

Jenis-jenis Bahan Pelapis Untuk Kayu

Bahan Pelapis Kayu – Setiap jenis material membutuhkan maintenance atau perawatan tertentu guna menjaga kualitasnya agar awet dan tahan lama. Begitu pun dengan material kayu yang juga membutuhkan perawatan khusus.

Pada umumnya material yang satu ini kerap dihadapkan pada beragam permasalahan, seperti serangan rayap, pelapukan, keropos, pemuaian hingga penyusutan akibat perubahan suhu. Oleh karena itu, material kayu membutuhkan bahan pelapis untuk melindunginya dari berbagai permasalahan tadi.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis bahan pelapis terbaik untuk kayu.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Jenis Bahan Pelapis Kayu

1. Wax

Istilah Wax ini sering juga disebut dengan lilin, dimana ia merupakan salah satu bahan pelapis yang memiliki tekstur berbeda dengan lilin pada umumnya. Tentu saja hal tersebut akan memudahkan pengaplikasian Wax untuk material kayu.

Bahan Pelapis Kayu jenis wax

Kendati demikian, terdapat satu kekurangan dari Wax yang harus anda ketahui. Ya, kekurangan Wax adalah daya tahannya yang tidak terlalu baik, sehingga harus diberi lapisan lagi dalam kurun beberapa waktu tertentu.

Baca Juga : Kenali Jenis-jenis Kalsiboard Sebelum Menggunakannya

2. Melamin

Masih banyak yang beranggapan bahwa Melamin ini adalah sebuah piring. Padahal, Melamin ini adalah salah satu bahan pelapis untuk melapisi semua furniture ataupun mebel yang berbahan kayu. Fungsi utama dari Melamin ini dapat meningkatkan daya tahan terhadap material kayu itu sendiri.

jenis bahan Melamin

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Melamin menyediakan berbagai opsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi. Menurut kabar yang beredar, salah satu jenis Melamin yang paling banyak diminati itu adalah warna doof. Pasalnya, warna tersebut memiliki kemampuan yang tidak memantulkan cahaya.

3. Pernis (Varnish)

Pernis merupakan sebuah bahan yang dapat menghasilkan warna transparan yang keras, serta bisa memberikan lapisan pelindung terhadap material kayu. Disamping itu, pernis kayu juga mempunyai perbedan yang cukup menonjol dengan stain dalam hal tampilan.

jenis bahan pernis

Pasalnya, stain dapat memberikan warna transparan dan warna yang menyerupai kayu. Dari segi materialnya, pernis kayu ini terbuat dari campuran bahan resin, drying oil, thinner, dan solvent.

Artikel Menarik Lainnya : Mengenal Jenis-jenis Bahan Wallpaper Beserta Motifnya

4. Polyurethane

Selain pernis, Polyurethane juga merupakan salah satu bahan pelapis paling umum digunakan untuk material kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Polyurethane bisa digunakan pada hampir semua jenis kayu yang berbeda dengan mudah lho.

jenis bahan Polyurethane

Polyurethane itu sendiri sering disebut dengan istilah PU, dimana ia kerap digunakan untuk melapisi semua material yang berbahan kayu. Pada umumnya, Polyurethane ini akan diaplikasikan untuk furniture kayu outdoor agar tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

5. Nitro Cellulose

Sebenarnya bahan pelapis yang satu ini memang belum terlalu familiar di Indonesia. Perlu kamu ketahui, Nitro Cellulose ini memiliki banyak campuran bahan kimia yang kerap digunakan untuk membuat tampilan kayu menjadi lebih mengkilap.

jenis bahan Nitro Cellulose

Bukan hanya itu, penggunaan Nitro Cellulose juga dapat memberikan perlindungan ekstra pada bagian permukaan kayu. Mengingat komposisinya terdiri dari berbagai campuran zat kimia, tentu saja anda harus berhati-hati saat akan menggunakan Nitro Cellulose.

Bahkan, Nitro Cellulose ini memiliki aroma kimia yang sangat menyengat sehingga dapat membahayakan bagi saluran pernafasan. Maka dari itu, anda harus menggunakan masker dan kacamata saat mengaplikasikan Nitro Cellulose untuk melapisi material kayu.

Baca Juga : Tangga Kayu Vs Tangga Besi, Bagusan Mana? 

6. Minyak Kayu

Jenis bahan pelapis kayu terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Minyak Kayu. Biasanya bahan pelapis yang satu ini sering digunakan untuk memperkuat daya tahan material kayu. Melalui penggunaan Minyak Kayu tersebut, tentu saja furniture yang berbahan kayu menjadi lebih awet sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

jenis bahan Minyak Kayu

Keunggulan dari Minyak Kayu dibanding jenis pelapis lainnya, yaitu memiliki kemampuan yang mudah meresap ke dalam pori-pori kayu. Alhasil, lapisan kayunya dapat terbentuk dengan sempurna dan tidak akan mudah mengalami kerusakan.

Nah, itulah beberapa jenis bahan terbaik untuk pelapis kayu. Dengan menggunakan bahan pelapis tersebut, tentu saja furniture kayu yang kamu miliki dirumah akan lebih awet dan mengkilap.