Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Mengintip Kelebihan dan Kekurangan Woodplank

 

Kelebihan dan Kekurangan Woodplank

Kelebihan dan Kekurangan Woodplank – Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa harga materal kayu asli itu tergolong mahal. Ya, terlebih untuk jenis kayu jati yang harganya memang cukup mahal.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu jati asli dapat menghadirkan kesan yang lebih elegan, mewan, dan natural.

Akan tetapi, banyak produsen atau pengusaha mebel yang mulai mengeluhkan tingginya biaya operasional dalam memproduksi material yang berbahan kayu asli. Untuk mensiasati masalah tersebut, maka hadirlah produk kayu olahan alias kayu sintetis sebagai alternatifnya.

Woodplank pun salah satu jenis material kayu olahan yang saat ini sedang banyak digandrungi masyarakat untuk kebutuhan interior dan exterior rumah. Lantas, apa yang dimaksud dengan woodplank?

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai seluk beluk seputar woodplank, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Woodplank

Woodplank ini bisa dibilang sebagai material pendatang baru dalam bidang kayu sintetis. Sehingga tak heran jika istilah woodplank belum sepopuler WPC, laminate maupun PVC.

Pengertian Woodplank

Material dari woodplank itu sendiri terbuat dari campuran bahan semen, namun dibentuk dengan wujud yang menyerupai kayu asli. Woodplank dapat kita aplikasikan untuk berbagai kebutuhan interior maupun eksterior rumah, mulai dari, plafon, lisplang, partisi, pagar, dan lain sebagainya.  

Meski bukan material kayu asli, namun penggunaan woodplank juga dapat menghadirkan kesan yang natural dan elegan.

Perlu diketahui bahwa setiap jenis material bangunan itu memiliki beragam keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Begitu juga dengan woodplank yang mempunyai berbagai keunggulan dan kekurangan seperti berikut:

Kelebihan Woodplank

1. Memiliki Daya Tahan yang Bagus

Keunggulan pertama dari Woodplank yang harus kamu ketahui, yakni memiliki tingkat ketahanan yang sangat bagus. Ya, berbeda dengan material kayu asli, yang mana Woodplank tidak mudah terbakar sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

kelebihan woodplank - Memiliki Daya Tahan yang Bagus
woodplank yang dijadikan pagar

Bukan hanya itu, bahkan Woodplank juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap lho. Pasalnya, material Woodplank terbuat dari campuran bahan semen. Dengan menggunakan Woodplank, tentu saja anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan perawatan ekstra.

2. Cara Pemasangan yang Cukup Mudah

Selain memiliki tingkat ketahanan yang mumpuni, proses pemasangan Woodplank ini terbilang cukup mudah. Bahkan, orang awam sekalipun tidak akan terlalu mengalami kesulitan saat melakukan proses pemasangan Woodplank.

kelebihan woodplank - Cara Pemasangan yang Cukup Mudah
woodplank yang dijadikan plafon

Bagaimana tidak? Anda hanya tinggal langsung memasangnya ke material lain, seperti metal, baja, hingga rangka yang berbahan kayu asli.

Kendati cukup mudah, ada baiknya proses pemasangan Woodplank tetap dikerjakan oleh orang yang memang ahli dalam bidangnya. Menariknya lagi, Woodplank tidak memiliki kandungan asbes yang membahayakan sehingga aman digunakan serta ramah lingkungan.

Baca Selengkapnya : Keunggulan dan Kekurangan Atap Asbes

3. Awet

Selain unggul dari tingkat ketahanannya, Woodplank juga unggul dari tingkat kekuatan dan keawetannya. Material Woodplank bisa diaplikasikan dimana saja, bahkan di area dengan tingkat kelembapan tinggi sekalipun.

kelebihan woodplank - awet
woodplank yang dijadikan panel dinding

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, Woodplank juga tidak akan mengalami pemuaian dan penyusutan lho. Sehingga tak heran jika Woodplank dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, cara membersihkan material Woodplank pun sangatlah mudah.

4. Membuat Desain Rumah Lebih Elegan dan Mewah

Keunggulan berikutnya dari Woodplank yang akan dibahas, yakni dapat membuat tampilan rumah tampak terlihat lebih mewah dan natural. Ya, sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa Woodplank tampil dengan bentuk yang menyerupai kayu asli.

kelebihan woodplank - dapat menciptakan kesan mewah
woodplank yang dijadikan pelapis anak tangga

Tak hanya dari bentuk, bahkan warna dan pola serat Woodplank dibuat mirip dengan kayu asli lho. Agar tampilannya lebih maksimal, anda bisa menambahkan lapisan cat yang berbahan air pada woodplank.

Selain memperindah tampilannya, pemberian lapisan cat juga menjadi perlindungan bagi woodplank agar tahan terhadap berubahan cuaca ekstrim.

Artikel Menarik Lainnya : Jenis-jenis Bahan Pelapis Untuk Kayu

Kekurangan Woodplank

1. Bobotnya yang Cukup Berat

Dibalik berbagai keunggulannya, terdapat pula beberapa kekurangan dari Woodplank yang harus anda ketahui. Salah satu kekurangan dari Woodplank yang harus kamu ketahui, yaitu memiliki bobot yang lebih berat dari kayu. Pasalnya, material Woodplank terbuat dari bahan campuran semen.

Maka sebelum menggunakan Woodplank, anda harus memastikan bagian rangkanya memiliki tingkat kekuatan yang mumpuni. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya proses pemasangan Woodplank dilakukan oleh jasa tukang yang memang ahli dibidangnya.

Baca Juga : Informasi Biaya Pasang Parket Kayu Rapih dan Bergaransi 

2. Tidak Sepenuhnya Tahan Terhadap Benturan

Meski tingkat kekuatan dan keawetan woodplank sangat mumpuni, nyatanya ia tidak terlalu tahan terhadap benturan oleh benda-benda berat. Selain itu, woodplank juga rentan terhadap goresan. Maka dari itu, anda tidak boleh menyimpan benda-benda tajam yang berdekatan dengan material woodplank.

Bukan hanya itu, kekurangan berikutnya dari woodplank adalah membutuhkan pengecatan ulang yang dilakukan secara berkala. Apabila tidak dilakukan pengecatan ulang secara berkala, maka jangan heran jika tampilan woodplank tersebut akan terlihat kusam sehingga tidak enak dipandang.

Berapakah Harga Woodplank?

Setelah mengetahui berbagai keunggulan dan kekurangan woodplank, mari kita lanjutkan ke pembahasan berkutnya mengenai harga woodplank.

Pada umumnya, harga woodplank akan dibedakan berdasarkan ukuran dan merk. Adapun mengenai daftar harga woodplank yang terbarunya seperti di bawah ini.

  • Wood Plank Elephant – ukuran 4050 x 100 x 8 mm : Rp 53.900
  • Wood Plank Elephant – ukuran 4050 x 200 x 8 mm : Rp 90.000
  • Wood Plank Elephant urat kayu – ukuran 4050 x 200 x 8 mm : Rp 9.5000

Baca Juga : Mengulas Harga Plafon PVC Per Meter Terbaru 2022

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk seputar material woodplank, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.