Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Material Wall Panel Terbaik Untuk Mempercantik Interior Rumah

material wall panel

Material wall panel – Di era yang modern sekarang ini ada banyak sekali jenis-jenis material yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan keindahan serta kenyamanan dalam hunian. Ya, salah satunya adalah dengan menggunakan wall panel.

Lantas, apa yang dimaksud dengan wall panel? Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui lebih jelasnya lagi seputar wall panel, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Wall Panel

Sebenarnya Wall Panel ini adalah material berupa lembaran papan yang mengusung motif dan struktur tertentu. Pada umumnya, Wall Panel berbentuk 3D sering diaplikasikan karena dapat membuat area dinding tampak lebih bervolume.

Sekilas Tentang Wall Panel

Adapun mengenai ukuran tebal Wall Panel yang sangat bervariasi, mulai dari 8 mm hingga 15 mm. Bahkan, kita juga bisa memesan secara custom agar mendapat Wall Panel dinding dengan ketebalan yang mencapai 18 mm.

Wall Panel ideal diaplikasikan pada semua desain rumah, entah itu berupa minimalis, modern, industrial, hingga Scandinavian. Tak cuma itu, ada juga beragam motif Wall Panel yang tentu saja bisa kamu pilih sesuai selera.

Baca Juga : Seperti Inilah Fungsi dan Jenis-jenis Sketsel Untuk Hunian

Bahkan yang lebih menariknya lagi, ternyata material Wall Panel terdiri dari beberapa jenis yang berbeda lho. Secara otomatis pada masing-masing material Wall Panel tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

6 Jenis Material Wall Panel Terbaik

1. Wall Panel Gypsum

Biasanya material gypsum kerap diaplikasikan untuk kebutuhan plafon rumah. Seiring berjalannya waktu, material yang satu ini bisa juga dijadikan sebagai wall panel dinding.

Wall Panel Gypsum

Material Gypsum terbuat dari bahan kertas yang dilumatkan sampai halus, lalu akan dipadatkan lagi menggunakan campuran bahan kimia lainnya hingga berbentuk lembaran papan.

Dikarenakan bahannya terdiri dari campuran kertas, maka tak heran jika Wall Panel Gypsum ini memiliki bobot yang jauh lebih ringan. Tentu saja hal tersebut dapat memudahkan proses pemasangan Wall Panel Gypsum.

Meski berbobot ringan, namun tingkat kekuatan pada Wall Panel Gypsum ini terbilang cukup baik dan mudah dibersihkan. Tak hanya itu, Wall Panel Gypsum juga memiliki kemampuan yang dapat meredam akustik dengan sangat baik.

Akan tetapi, terdapat beberapa kekurangan dari Wall Panel Gypsum yang harus kamu ketahui. Kekurangan pertama, Wall Panel Gypsum ini tidak tahan terhadap air sehingga jangan diaplikasikan di ruangan yang lembap seperti dapur dan kamar mandi. Selain itu, Wall Panel Gypsum juga tidak terlalu tahan terhadap benturan keras.

2. Wall Panel GRC

Sekilas material GRC ini memang terlihat seperti gypsum. Padahal, antara GRC dengan gypsum itu merupakan material yang berbeda jenis lho. Dari segi kekuatan, tentu saja material GRC ini jauh lebih kuat.

Wall Panel GRC

Ha itu bukan tanpa alasan, karena bahan yang digunakannya terbuat dari campuran beton dan serat kaca. Sehingga tak heran jika Wall Panel GRC sudah terbukti keawetannya. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, Wall Panel GRC tidak mudah terbakar maupun meledak saat terkena panas.  

Masih belum habis, Wall Panel GRC juga memiliki kemampuan yang bisa menyerap energi panas dan meredam suara berisik. Dan yang pasti, penggunaan Wall Panel GRC ini akan meningkatkan nilai estetika pada interior rumah.

Artikel Serupa : Keunggulan dan Kekurangan Plafon GRC

3. Wall Panel Fiber Plant

Bagi kamu yang ingin membuat tampilan rumah menjadi mewah dengan minim biaya, maka penggunaa Wall Panel Fiber Plant ini merupakan pilihan paling tepat. Meski menawarkan harga murah, bukan berarti juga bahwa kualitas yang dimilikinya itu murahan lho!

Wall Panel Fiber Plant

Disamping menawarkan harga yang murah, wall panel berbahan fiber plant ini juga sudah terbukti ramah lingkungan karena mudah di daur ulang. Dengan menggunakan Wall Panel Fiber Plant, maka jangan heran jika tampilan ruangan interior rumahmu akan terkesan lebih modern dan stylish.

Adapun mengenai berbagai penempatan Wall Panel Fiber Plant yang bisa kamu aplikasikan, mulai dari ruang tengah, kamar tidur, dapur, dan lain sebagainya.

4. Wall Panel Kayu Solid

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa sampai saat ini kayu masih menjadi salah satu jenis material yang paling banyak diandalkan dalam bidang konstruksi. Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat kayu memiliki sifat yang fleksibel dan mudah diolah.

Wall Panel Kayu Solid
salah satu hasil pemasangan wall panel kayu solid oleh PT Rajawali Parquet 

Sehingga tak heran jika kayu bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi, termasuk wall panel dinding. Wall Panel Kayu ini memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis material lainnya. Dengan menggunakan wall panel berbahan kayu, tentu saja tampilan interior rumahmu akan tampak lebih mewah, elegan, namun masih tetap natural.

Akan tetapi, tidak semua tipe kayu itu cocok dijadikan sebagai bahan baku untuk wall panel dinding lho. Pasalnya, kayu tersebut harus mempunyai tingkat keindahan dan tingkat kekerasan yang mumpuni.

Baca Selengkapnya : Inilah Beberapa Jenis Dinding Kayu Terbaik dan Terlaris Dipasaran

5. Wall Panel MDF

Material MDF ini merupakan alternative terbaik sebagai pengganti bahan kayu asli. Ya, meski bahan dasarnya adalah kayu olahan, namun wall panel MDF ini memiliki tampilan yang menyerupai kayu asli lho.

Wall Panel MDF

Istilah MDF itu sendiri merupakan singkatan dari Medium Density Fiberboard, dimana ia sejenis kayu olahan atau kayu sintetis yang sudah diberi lapisan melamin.

Selain tersedia kedalam motif kayu, Wall Panel MDF juga menyediakan berbagai motif menarik lainnya seperti keramik, granit, dan sebagainya. Wall Panel MDF pun bisa kamu aplikasikan di area mana saja, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, interior dapur, hingga toilet.

Artikel Serupa : Kenali Istilah LDF, MDF, dan HDF Pada Produk Kayu Olahan

6. Wall Panel Beton Konkret

Jenis material terbaik wall panel berikutnya yang jangan sampai lewatkan, yakni berupa Beton Konkret. Tentu saja tingkat kekuatan dari Wall Panel Beton Konkret ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya ia tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, serta tidak akan mengalami pemuaian maupun penyusutan.

Wall Panel Beton Konkret

Sehingga Wall Panel Beton Konkret ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. Pada umumnya, wall panel beton konkret ini lebih ideal digunakan untuk area outdoor. Pasalnya, ia memiliki tekstur yang lebih kokoh dan kuat sehingga cocok dijadikan sebagai media pelindung di area outdoor.

Meski memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang sangat mumpuni, ternyata biaya operasional untuk membuat Wall Panel Beton Konkret ini tergolong lebih murah lho.

Baca Juga : Keunggulan dan Kekurangan Genteng Beton yang Harus Diketahui

7. Wall Panel WPC

Wall Panel WPC

WPC atau Wood Plastic Composite merupakan gabungan antara bahan plastik dengan serbuk kayu, dimana Kedua bahan tersebut diproses dengan cara dilebur, kemudian diolah sedemikian rupa sehingga terciptalah sebuah material yang bentuknya menyerupai lembaran atau papan WPC.

Dalam komposisinya, material WPC terdiri dari serat plastik sebanyak 50% dan serbuk kayu 50%. Sehingga tak heran jika wall panel WPC memiliki tingkat kekuatan yang begitu mumpuni.

Produk Wall Panel WPC yang Kami Jual:

Harga wall panel WPC dipasaran memang cukup bervariasi, karena akan dibedakan yang berdasarkan ukuran dan merknya.

Adapun mengenai wall panel WPC yang tersedia di toko kami dengan spesifikasi seperti dibawah ini:

Produk Wall Panel WPC yang Kami Jual

  • Ukuran Tebal: 2,5 cm
  • Ukuran Lebar: 16 cm
  • Ukuran Panjang: 295 cm
  • Harga: Rp 170 ribu per batang.

fungsi bracket clip

Perlu diketahui, pada proses pemasangan wall panel WPC setidaknya dibutuhkan 3 sampai 4 buah bracket clip untuk setiap batangnya. Ya, bracket clip tersebut berfungsi untuk menyambungkan wall panel WPC ke area dinding.

Selain itu, toko kami juga menyediakan ongkos jasa pemasangan wall panel WPC dengan tarif sebesar Rp 40.000 saja per batangnya.

Untuk informasi lebih lanjut lagi, silahkan hubungi marketing kami pada nomor yang sudah tertera di website ini.

Nah, itulah beberapa jenis material wall panel terbaik yang direkomendasikan, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.