Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Seluk Beluk Lantai Linoleum yang Menarik Untuk Dibahas

 

Lantai linoleum

Lantai linoleum – Seperti yang sudah diketahui, bahwa ada banyak sekali jenis material yang biasa diaplikasikan sebagai pelapis lantai.

Tentu saja pada masing-masing jenis material lantai tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda. Begitu juga dengan lantai linoleum yang memiliki ciri khas tersendiri.

Namun sayang, jenis lantai linoleum memang belum terlalu populer di Indonesia. Sehingga tak heran jika banyak masyarakat yang masih merasa asing dengan material linoleum.

Nah, buat kamu yang ingin mengenal lebih jauh lagi seputar lantai linoleum, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Linoleum Terbuat Dari Apa?

Kabarnya material lantai Linoleum terbuat dari perpaduan bahan alami seperti linseed oil (minyak biji flax), resin pohon pinus, serat rami, mineral-pigmen, dan serbuk gabus.

material Lantai linoleum

Nantinya, semua bahan tersebut akan direkatkan pada material berbahan dasar dari kain serat yang berupa kanvas. Alhasil, hal itulah yang menjadikan material lantai linoleum dinilai lebih ramah lingkungan.

Tak hanya itu, bagian lapisan permukaan lantai linoleum juga terbuat dari bahan alami. Pada umumnya, lantai linoleum diaplikasikan untuk interior bangunan yang berupa hunian maupun bangunan komersil.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, lantai linoleum menawarkan harga yang lebih murah ketimbang lantai vinyl maupun keramik lho.

Adapun mengenai beberapa jenis lantai linoleum yang umumnya tersedia dipasaran seperti berikut:

* Artoleum

Artoleum adalah jenis lantai yang tersedia kedalam berbagai varian motif, mulai dari motif polos, bintik-bintik awan, hingga motif kulit buaya.

* Walton

Begitu juga dengan jenis walton yang menyediakan beragam varian motif, seperti serat kayu, beton, hingga motif bernuansa kontemporer.

* Marmoleum

Sesuai dengan julukannya, yang mana jenis marmoleum ini mengusung motif menyerupai batu marmer. Sehingga tak heran jika penggunaan lantai marmoleum dapat mempertegas kesan mewah dan elegan dalam hunian.

Artikel Serupa: Mari kita Bahas Keunggulan & Kekurangan Lantai Marmer

Karakteristik Lantai Linoleum

Untuk teksturnya, lantai linoleum memang lebih elastis dibandingkan dengan lantai keramik. Tentu saja hal ini dapat memudahkan proses pemasangan lantai linoleum. 

Karakteristik Lantai Linoleum

Selain itu, lantai linoleum juga memiliki pori-pori yang tidak mudah menyerap noda sehingga membuatnya menjadi mudah dibersihkan. Hebatnya lagi, lantai linoleum sudah terbukti anti rayap dan tidak mudah terbakar.

Keunggulan Lantai Linoleum:

  • Materialnya yang ramah lingkungan
  • Mempunyai daya tahan yang mumpuni
  • Tersedia berbagai varian motif dan warna
  • Mudah dipasang dan dibersihkan
  • Tidak mempan terhadap serangan rayap
  • Sifatnya yang fleksibel

Kekurangan Lantai Linoleum:

  • Sulit dijumpai dipasaran
  • Permukaan warnanya mudah memudar
  • Daya tahannya tidaklah sebagus lantai kayu maupun vinyl.

6 Motif Lantai Linoleum yang Paling Populer

1. Motif Kayu

Lantai Linoleum motif kayu

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa lantai linoleum motif kayu adalah yang paling banyak dipilih. Pasalnya, Linoleum motif kayu begitu kental dengan nuansa natural.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, motif tersebut benar-benar sangat mirip dengan lantai parket solid. Itu sebabnya, mengapa lantai Linoleum motif kayu menjadi yang paling banyak dicari ketimbang motif lainnya.

Baca juga: Ini Dia 3 Jenis Sticker Lantai Motif Kayu Terlaris Dipasaran

2. Motif Papan Catur

Lantai Linoleum motif papan catur

Agar tercipta kesan yang unik dan menarik dalam hunian, maka lantai Linoleum motif papan catur ini adalah jawabannya.

Lantai Linoleum motif papan catur ini bisa kamu aplikasikan di berbagai ruangan rumah, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, ruang lantai dua, dan lain sebagainya. Supaya terlihat lebih minimalis, kamu dapat menempatkan furniture modern di ruangan sekitar.

3. Motif Batu Alam

Jika harga batu alam dipasaran dirasa kemahalan, maka penggunaan lantai Linoleum dengan motif batu alam bisa kamu jadikan sebagai alternatif terbaiknya.

Lantai Linoleum motif batu alam

Lantai Linoleum motif batu alam sangat ideal diaplikasikan pada hampir semua ruangan rumah, mulai dari area ruang tamu, ruang tengah, kamar tidur, kamar mandi, hingga dapur. Dengan menggunakan lantai Linoleum motif batu alam, tentu saja tampilan interior rumahmu akan terkesan klasik dan natural.

4. Motif Polos

Lantai Linoleum motif polos

Meski tidak bermotif, namun lantai linoleum polos ini dapat menghadirkan kesan yang lebih ceria dan dinamis lho. Kamu pun bisa menggunakan motif lantai Linoleum ini untuk berbagai ruangan rumah, mulai dari ruang tengah, kamar tidur, dan lain sebagainya.

5. Motif Hexagon

Lantai Linoleum dengan motif hexagon memang lebih cocok di aplikasikan diruangan yang lembab, seperti area kamar mandi dan dapur.

Lantai Linoleum motif hexagon

Pasalnya, penggunaan motif yang satu ini akan kamar mandi dan ruang dapur terlihat lebih cantik dan nyaman. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk memilih lantai linoleum yang warnanya serasi dengan warna dinding agar tidak terkesan kontras.

6. Motif Keramik

Lantai Linoleum motif keramik

Lantai Linoleum dengan motif keramik dapat menciptakan kesan rustic khas pedesaan, sehingga sangat cocok diaplikasikan di berbagai ruangan rumah.

Terlebih untuk area dapur, yang mana lantai ini benar-benar sangat ideal diaplikasikan. Untuk menambah kesan natural, sebaiknya lantai Linoleum motif keramik dipadukan dengan furniture yang berbahan kayu solid.

Apakah Lantai Linoleum Dengan Vinyl Serupa?

perbedaan lantai linoleum dengan vinyl

Banyak yang beranggapan bahwa lantai linoleum itu adalah material vinyl. Pasalnya, sekilas lantai linoleum dengan lantai vinyl memang serupa.

Bukan hanya itu, bahkan kedua material lantai tersebut juga sama-sama menyediakan warna serta motif yang bervariasi.

Meski demikian, terdapat beberapa poin penting yang menjadi perbedaan diantara lantai linoleum dengan lantai vinyl. Nah, berikut perbedaan lantai linoleum dan lantai vinyl:

* Perbedaan Bahan Baku

Bahan lantai Linoleum terdiri dari campuran material alami, seperti resin, serbuk kayu, oil linseed, dan bahan alami lainnya.

Berbeda dengan lantai vinyl yang terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride), yakni sejenis termo plastik yang dicampur dengan bahan kimia lainnya. Itu sebabnya, mengapa lantai vinyl memiliki tekstur yang cenderung elastis.

Baca juga: Perbedaan Lantai Porselen Dengan Keramik 

* Perbedaan Proses Pemasangan

Dinilai dari proses pemasangan, sebenarnya lantai vinyl memang lebih mudah dibanding lantai Linoleum. Mengapa bisa demikian?

Pasalnya, lantai vinyl telah dilengkapi fitur interlock yang dapat mengunci satu sisi dengan sisi lainnya secara kokoh. Itu artinya, proses pemasangan lantai vinyl hanya tinggal disambung saja.

Berbeda dengan lantai Linoleum yang tampil dalam bentuk lembaran, sehingga membutuhkan pengukuran serta pemotongan yang tepat.

* Perbedaan Ketahanan Terhadap Air

Selain unggul dari segi pemasangan, ternyata lantai vinyl juga lebih unggul dari lantai Linoleum untuk tingkat ketahanannya terhadap air.

Ya, hal ini dikarenakan lantai vinyl telah dibekali dengan lapisan pelindung. Tentu saja lantai vinyl sangat cocok diaplikasikan di area yang basah maupun lembab, seperti kamar mandi dan dapur.

Tak seperti lantai Linoleum yang harus diberi perawatan ekstra karena permukaannya tidak mempunyai lapisan pelindung. Apabila sering terkena air dalam jangka waktu yang lama, maka lantai Linoleum akan melengkung hingga mengelupas.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk lantai linoleum.

Jadi, apakah kamu berminat untuk menggunakan lantai linoleum?