Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Waspadalah Terhadap Serangan Kutu Kayu di Rumah!

 

Waspadalah Terhadap Serangan Kutu Kayu di Rumah!

Tips Membasmi Kutu kayu – Bisa dipastikan bahwa kebanyakan hunian selalu didominasi oleh furniture maupun perabotan yang berbahan kayu. Mulai dari lemari pakaian, meja, kursi, peralatan memasak, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, furniture yang berbahan kayu ini sangat rentan terhadap serangga pemakan kayu seperti rayap. Selain rayap, ternyata masih ada lagi jenis serangga lainnya yang juga kerap menyerang material kayu lho. Ya, hewan tersebut bernama kutu kayu.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Nah, sebelum membahas ke cara membasminya, lebih baik kita kenalan dulu dengan si kutu kayu tersebut.

Profil Kutu Kayu

Secara umum kutu kayu ini termasuk kedalam keluarga krustasea atau isopoda, dimana ia memiliki ciri fisik berbeda dengan rayap. Kutu kayu tampil dengan rangka luar berukuran panjang seperti kecoa, dan memiliki tekstur keras dengan 14 anggota badan bersendi yang tampak terlihat tersusun rapih. Pergerakan kutu kayu juga sangatlah lambat, serta lebih aktif dimalam hari ketimbang di siang hari.

Profil Kutu Kayu

Saat disentuh dengan tangan manusia, maka kutu kayu ini akan menggulungkan badan dengan bentuk bulat seperti bola. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melindungi diri karena bagian punggungnya memiliki tekstur keras. Keberadaan kutu kayu tentunya tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, kawanan kutu kayu tersebut akan membuat berbagai permasalahan!

Berbagai Dampak Dari Serangan Kutu Kayu

1. Merusak Semua Furniture yang Berbahan Kayu

kutu kayu dapat Merusak Semua Furniture yang Berbahan Kayu

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa sebagian besar furniture yang ada dirumah itu terbuat dari bahan kayu.

Seperti halnya hama rayap, dimana kutu kayu juga kerap menyerang furniture yang berbahan kayu. Terlebih untuk furniture yang berada di ruangan lembap seperti dapur, sehingga membuatnya menjadi sasaran empuk bagi kawanan kutu kayu.

Baca Juga : Basmi Rayap kayu parket Dengan Cara Ini

2. Merusak Struktur Elemen Tertentu

kutu kayu dapat Merusak Struktur Elemen Tertentu

Ada beberapa elemen rumah yang materialnya terbuat dari bahan kayu, seperti kusen jendela, pintu, meja, dan lain sebagainya.

Apabila kawanan kutu kayu ini sampai menyerap bagian kusen, tentu saja dapat merusak struktur bangunan hingga membuatnya roboh. Seandainya bagian kusen yang dimakan masih terbilang sedikit, maka segera basmi kawanan kutu kayu ini agar tidak menyerang lebih dalam lagi.

3. Bisa Menimbulkan Gatal Hingga Iritasi Pada Kulit

kutu kayu Bisa Menimbulkan Gatal Hingga Iritasi Pada Kulit

Tak hanya merusak furniture yang berbahan kayu, jenis hama serangga yang satu ini juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan lho! Apabila kutu tersebut sampai bersarang di tempat tidur, maka kulitmu akan terasa gatal-gatal dan kemerahan akibat gigitannya.

Bahkan yang lebih gawatnya lagi, ada kemungkinan kawanan kutu kayu tersebut akan masuk ke tubuhmu melalui lubang hidung dan telinga saat tertidur.

Mengingat dampaknya yang cukup berbahaya, maka sudah menjadi keharusan bagi setiap pemilik rumah untuk mengetahui cara membasmi kutu kayu. Adapun mengenai beberapa cara yang dapat kamu lakukan seperti di bawah ini.

Trik Ampuh Untuk Mengusir Kutu Kayu

1. Menjaga Kelembaban Ruangan Rumah

Menjaga Kelembaban Ruangan Rumah

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kutu kayu itu lebih suka hidup di area-area dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Sehingga tak heran jika kutu kayu akan memilih material kayu sebagai tempat berlindung.

Mengingat akan hal itu, penting bagi anda untuk senantiasa menjaga tingkat kelembaban udara pada setiap ruangan rumah. Sebenarnya ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga tingkat kelembaban pada rumah. Ya, salah satunya adalah pencahayaan alami.

Pencahayaan alami memiliki peranan yang penting dalam membasmi kawanan kutu kayu. Pasalnya, pencahayaan alami mampu mengurangi tingkat kelembapan berlebihan serta membunuh bakteri di dalam ruangan.

Bahkan, kehadiran pencahayaan alami juga tentunya sangat membantu dalam menunjang berbagai aktivitas di dalam rumah. Selain itu, masih ada lagi beberapa cara lainnya yang juga efektif untuk menjaga kelembaban ruangan rumah agar tetap stabil.

Salah satunya dengan meggunakan alat yang bernama dehumidifier. Namun, harga alat tersebut tergolong cukup mahal. Sebagai alternatifnya, kamu pun bisa menggunakan silica gel untuk menjaga kelembaban ruangan rumah.

Baca Juga : Penting Untuk Menciptakan Rumah Sehat di Masa Pandemi

2. Membersihkan Rumah Secara Rutin

Membersihkan Rumah Secara Rutin

Selain factor suhu ruangan, ternyata tingkat kebersihan juga menjadi salah satu factor yang dapat mengundang kawanan kutu kayu. Ya, rumah yang jarang dibersihkan tentunya menjadi tempat favoritnya bagi para kawanan kutu kayu.

Belum lagi didukung dengan kondisi ruangan yang lembab, sehingga akan membuat kutu kayu semakin betah dan berkembang biak secara cepat. Maka dari itu, kamu harus selalu memperhatikan tingkat kebersihan dalam rumah.

Bersihkan semua sampah-sampah yang tampak berserakan. Jika banyak benda atau perabotan yang tidak terpakai, segera pindahkan ke area gudang agar tidak dijadikan tempat bersarang bagi koloni kutu kayu.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mengusir Kelabang Dari Langit-lagit Kamar

3. Perhatikan Celah di Setiap Rumah

Perhatikan Celah di Setiap Rumah

Tips alami berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu kayu, yakni pastikan tidak ada celah di area rumah. Jika kebetula di rumahmu terdapat ventilasi, maka lapisi dengan kawat saringan berukuran kecil agar tidak mengganggu sirkulasi udara sekaligus untuk mencegah masuknya kawanan kutu kayu.

Selain itu, pastikan juga pada bagian bawah jendela maupun pintu tidak celah agar kutu kayu tidak masuk melalui area tersebut.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan…???

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membasmi kutu kayu di rumah.