Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Mengintip Kelebihan dan kekurangan Pintu Geser

 

Mengintip Kelebihan dan kekurangan Pintu Geser

kelebihan dan kekurangan pintu geser – Perkembangan zaman memang kerap membawa perubahan pada semua aspek kehidupan. Begitu pun dengan bidang konstruksi yang tak bisa lepas dari perkembangan zaman tersebut.

Hal itu terbukti, dimana sekarang ini telah hadir beragam model dan jenis material bangunan. Ya, salah satunya berupa sliding door alias pintu geser. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar kelebihan dan kekurangan pintu geser.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Kelebihan Pintu Geser

1. Tampilannya yang Lebih Ringkas

kelebihan pintu geser - Tampilannya yang Lebih Ringkas

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa jenis pintu geser sangat ideal diaplikasikan pada ruangan yang akan menampung beragam barang-barang dalam jumlah yang banyak. Bahkan yang lebih menariknya lagi, kamu pun dapat meletakkan sebuah barang tepat di bagian belakang pintunya lho.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena cara pengoperasian model pintu yang satu ini cukup dengan cara digeser ke arah samping saja. Sehingga tak heran jika tampilan pintu geser dinilai lebih ringkas ketimbang model-model pintu lainnya.

Baca Juga : Review Harga Kusen Pintu & Jendela Kayu Jati Terbaru

2. Dapat Menghemat Ruang

kelebihan pintu geser - Dapat Menghemat Ruang

Mengingat tampilannya yang begitu ringkas, tetu saja pintu geser ini dapat menghemat kapasitas ruangan. Itu sebabnya, mengapa model pintu geser kerap diapliasikan pada hunian tipe minimalis.

Lain halnya dengan jenis pintu konvensional, yang mana mereka memerlukan area khusus sebagai tempat berayun ke dalam. Alhasil, kondisi tersebut akan sedikit memakan space ruangan.

Disinilah peran pintu geser yang akan kamu dapatkan, karena ia bisa disembunyikan dengan cara digeser ke dalam dinding pada bagian sampingnya. Dengan begitu, maka kebutuhan ruangan rumah menjadi tidak terlalu banyak karena hanya segaris saja.

3. Memiliki Tingkat Kekuatan yang Mumpuni

kelebihan pintu geser - Memiliki Tingkat Kekuatan yang Mumpuni

Pada umumnya model pintu biasa hanya mengandalkan engsel saja sebagai penopangnya. Sehingga tak heran jika tingkat kekuatan pada model pintu biasa tersebut tidak terlalu bagus. Berbeda dengan model pintu geser yang menggunakan bingkai khusus. Ya, selain berfungsi sebagai tempat dudukannya, bingkai tersebut juga berperan untuk memperkuat struktur pintunya.

Dengan demikian, maka tak heran jika pintu geser mempunyai daya tahan yang jauh lebih bagus ketimbang model pintu biasa. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, model pintu geser ini sudah terbukti sulit dibobol dari arah luar lho. Penggunaan pintu geser tak hanya dapat memperindah tampilan rumah, namun juga dapat meningkatkan keamanan.

Akan tetapi, hal tersebut tergantung pada jenis material pintu yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis material pintu memiliki tingkat kekuatan yang berbeda-beda.

Artikel Serupa : Ini Dia Tips Simple Dalam Memilih Pintu Untuk Rumah Minimalis

4. Menghadirkan Kesan Lebih Unik dan Menarik

kelebihan pintu geser - Menghadirkan Kesan Lebih Unik dan Menarik

Meski model pintu geser cukup populer di dunia, namun masih banyak masyarakat Indonesia yang justru enggan menerapkannya pada hunian. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat penerapan model pintu geser di Indonesia akan menjadi pembeda dengan hunian-hunian pada umumnya.

Dikarenakan tampilannya yang lebih ringkas, tentu saja keberadaan pintu geser ini dapat membuat tampilan interior maupun eksterior rumah terkesan unik seperti rumah ala Jepang lho.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Dekorasi Interior Rumah Ala Jepang 

Kekurangan Pintu Geser

1. Proses Pemasangan yang Tidak Mudah

kekurangan pintu geser - Proses Pemasangan yang Tidak Mudah

Kekurangan pertama dari pintu geser yang harus kamu ketahui, yakni proses pemasangannya yang tergolong cukup sulit.Tak seperti model pintu biasa yang hanya membutuhkan engsel saja, sehingga proses pemasangannya pun lebih simple dan praktis.

Lain halnya dengan model pintu geser, dimana ia membutuhkan teknik khusus dalam proses pemasangannya. Maka dari itu, pemasangan pintu geser harus dilakukan oleh orang-orang yang memang ahli dibidangnya.

Baca Juga : Informasi Biaya Pasang Parket Kayu Rapih dan Bergaransi

2. Bagian Rel Rawan Rusak

kekurangan pintu geser - Bagian Rel Rawan Rusak

Seperti halnya model pintu lipat, dimana pintu geser juga dibekali dengan rel khusus yang berfungsi sebagai akses pergerakan pintunya. Dengan adanya rel tersebut, tentu saja dapat memudahkan kita saat hendak menggeser pintu ke arah samping.

Akan tetapi, bagian rel inilah yang menjadi salah satu komponen paling rawan terhadap kerusakan. Adapun mengenai masalah yang umumnya terjadi pada rel pintu geser, yakni berupa karat. Apabila rel tersebut sudah berkarat, tentu saja laju pintu gesernya menjadi tersendat bahkan bisa macet total lho!

Maka dari itu, bagian rel ini jangan sampai kamu lewatkan untuk diberi perawatan secara rutin dan teratur agar tidak mudah berkarat. Cara perawatannya tidak hanya terfokuskan pada area daun pintunya saja, melainkan juga harus dirawat secara menyeluruh.

Adapun metode dasar yang dapat kamu lakukan dalam merawat pintu geser, yakni dengan membersihkannya secara rutin. Bukan hanya itu, pastikan juga kondisi pintu geser tersebut tetap dalam keadaan kering serta komponen lainnya tidak berkarat.

3. Tidak Bisa Menutup Dengan Rapat

kekurangan pintu geser - Tidak Bisa Menutup Dengan Rapat

Kekurangan berikutnya dari pintu geser yang akan dibahas, yakni tidak bisa ditutup dengan benar-benar rapat. Itu artinya, pintu geser ini masih akan menyisakan sedikit celah yang terbuka meski penutupannya sudah maksimal.

Apabila pintu geser ini hendak di aplikasikan pada ruangan-ruangan yang bersifat privasi (seperti kamar tidur dan kamar mandi), maka harus di beri tambahan aksesoris lainnya yang berupa tirai atau gorden agar tidak terlihat dari arah luar.

Baca Juga : Kenali Jenis-jenis Gorden Untuk Jendela Rumah

Nah, seperti itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pintu geser sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.