Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Kenali Jenis-jenis Gorden Untuk Jendela Rumah

 

jenis gorden rumah

Jenis Gorden – Biasanya keberadaan gorden difungsikan sebagai penghalang sinar matahari yang masuk melalui jendela agar tidak terlalu panas dan silau. Tak hanya itu, keberadaan gorden juga tentunya menjadi salah satu elemen dekoratif yang dapat mempercantik ruangan rumah.

Sebenarnya dalam memilih gorden untuk kebutuhan rumah tidaklah sulit. Asalkan, kita mengetahui pada masing-masing jenis gorden yang ada di pasaran. Perlu diketahui, tidak semua jenis gorden itu cocok digunakan untuk semua ruangan di dalam rumah lho.

Lantas, jenis gorden seperti apa sajakah yang cocok digunakan untuk jendela rumah...???

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis gorden jendela rumah, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

10 Jenis Gorden Jendela Rumah

1. Gorden Tab Top

10 Jenis Gorden Jendela Rumah - gorden tab top

Jenis gorden pertama yang cocok diaplikasikan pada jendela rumah, yakni berupa gorden Tab Top. Biasanya bagian ujung pada gorden yang satu ini sudah dilengkapi dengan kain untuk mengaitkannya ke batang besi jendela.

Material kain yang berfungsi sebagai pengkait tersebut juga terbuat dari bahan yang sama dengan gordennya. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan kain apa saja sebagai bahan membuatnya.

Gorden Tab Top tampil dengan menggantung datar dan membentuk lipatan-lipatan, sehingga membuatnya ideal digunakan untuk ruangan dengan nuansa santai.  

Baca Juga : Beberapa Jenis Produk Lantai Kayu Untuk Pinggiran Kolam Renang

2. Gorden Pleat

10 Jenis Gorden Jendela Rumah - gorden pleat

Pada umumnya jenis gorden Pleat terdiri dari box pleated, tailored pleat, goblet pleat, dan pinch pleated. Adapun mengenai perbedaan dari keempatnya yang ada di bagian bentuk bagian atas gorden jendela.

Box pleated mempunyai lipatan yang berbentuk kota, sedangkan tailored pleat pada bagian ujung atasnya terdapat jahitan di setiap tiga lipatan sehingga tampak mengerucut. Selanjutnya goblet pleat yang mengikat tiga lipatan dan dibentuk sedemikian rupa, sehingga ia tampak menyerupai bentuk piala.

Terakhir adalah pinch pleated yang terdiri dari 3 hingga 5 lipatan dengan bentuk seimbang. Namun, semakin banyak lipatannya maka akan semakin banyak pula kain yang dibutuhkan untuk membuat gorden.

3. Gorden Valances

10 Jenis Gorden Jendela Rumah - gorden valances

Dilihat dari segi bentuknya, gorden Valances ini tampak terlihat bergelombang yang membuat tampilannya semakin indah. Tentu saja kehadiran gorden Valances dapat meningkatkan nilai estetika dalam ruangan rumahmu.

Gorden Valances kerap digunakan pada bagian atas jendelanya saja, yang berfungsi untuk menutupi batang jendela. Tak hanya itu, gorden yang satu ini juga sering digabungkan dengan cascades untuk mempertegas nuansa mewah.

4. Gorden Rod Pocket

10 Jenis Gorden Jendela Rumah - gorden rod pocket

Gorden Rod Pocket ini bisa dibilang sebagai salah satu tipe gorden yang paling sederhana. Hal itu bukan tanpa alasan, karena materialnya yang terbuat dari bahan kain ringan. Mengenai fungsinya, gorden Rod Pocket ini hanya sebagai pembatas antar ruangan dengan elemen dekoratif di rumah.

Pada bagian atas gordennya terdapat ring dan lorong hasil keleiman yang berfungsi untuk menggantungkan ke batang jendela ramping. Dengan kata lain, gorden Rod Pocket ini lebih cocok diaplikasikan pada ruangan yang jarang digunakan.

5. Gorden Sheer

10 Jenis Gorden Jendela Rumah - gorden sheer

Meski terkesan buram, namun cahaya matahari dari luar masih bisa masuk melalui gorden Sheer. Ya jelas demikian, sebab jenis gorden yang satu ini hanya berperan sebagai pelapis saja karena bahannya yang lebih tipis dibandingkan tipe gorden lain

Biasanya jenis gorden Sheer tampil dengan warna putih polos, atau menggunakan motif tertentu yang berbahan voile. Gorden Sheer sangat cocok diaplikasikan pada semua ruangan, serta dapat memberi batasan pandangan dari luar ke dalam.

Artikel Populer Lainnya : Tips Memilih Sofa Agar Sesuai Dengan Hunian

6. Gorden Eyelet

10 Jenis Gorden Jendela Rumah - gorden eyelet

Biasanya gorden Eyelet sudah dilengkapi dengan ring-ring besi di bagian atasnya, yang berperan sebagai tempat gantungan ke batang jendela. Dengan adanya ring-ring tersebut, tentu saja akan memudahkan kita saat menggeser gorden.

Adapun mengenai material gordennya yang terbuat dari bahan kain ringan, serta mengusung desain yang simple namun masih terkesan modis. Itu sebabnya, mengapa gorden Eyelet kerap diaplikasikan pada rumah tipe minimalis.

7. Gorden Draperies

10 Jenis Gorden Jendela Rumah - gorden draperies

Berbicara soal jenis gorden yang paling dekoratif, maka gorden Draperies ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ia tampil dengan mengusung motif dan warna indah sehingga dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah ruangan.

Seiring berjalannya waktu, kini gorden Draperies menghadirkan desain yang lebih simple dengan permukaan bergelombang serta menggantung sama panjang. Akan tetapi, bahan kainnya cukup berat karena mengandung arklirik di bagian lipatannya. Lantas, apa fungsi dari arklirik tersebut..??

Keberadaan arlikrik dalam gorden Draperies berfungsi untuk membuat ruangan menjadi lebih hangat, meredam suara berisik, hingga menghalangi cahaya yang masuk ke jendela.

8. Gorden Cascades

10 Jenis Gorden Jendela Rumah - gorden cascades

Selanjutnya ada gorden Cascades yang tampil menjuntai pada kedua sisi jendela. Adapun dua variasi gorden Cascades yang tersedia, yakni gorden dengan sama panjang atau  panjangnya di salah satu sisi saja.

Tak hanya itu, pada bagian atasnya tampak bergelombang serta membentuk setengah lingkaran. Alhasil, tampilan gorden yang satu ini terlihat sangat elegan dan menawan sehingga cocok diaplikasikan pada ruang baca maupun kamar tidur.

9. Gorden Blinds

10 Jenis Gorden Jendela Rumah - gorden blinds

Material gorden Blinds pada umumnya terbuat dari bahan kain kanvas, belacu, plastik, dan lain sebagainya. Gorden Blinds di Indonesia lebih populer dengan nama tirai, karena karakteristiknya yang dapat menutup jendela dari atas ke bawah.

Adapun mengenai beragam macam tipe tirai yang dapat kamu jumpai dipasaran. Tipe pertama berupa tirai dengan roller blinds yang bisa digulung menggunakan tali di bagian pinggir jendela. Lalu ada tirai tipe roman blinds yang saat ditarik bisa membentuk lipatan-lipatan indah.

Bukan hanya itu, terdapat juga pola vertikal dan horizontal Blinds yang bisa dibuka dengan cara mendatarkan bilahnya secara vertical maupun horizontal. Umumnya jenis gorden Blinds sering diaplikasikan pada perkantoran dan rumah minimalis.

Baca juga : Jenis-jenis Genteng Terbaik Untuk Hunian

10. Gorden Scarves

10 Jenis Gorden Jendela Rumah - gorden scarves

Jenis gorden jendela rumah berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa gorden Scarves. Menurut informasi yang didapat, Scarves ini merupakan jenis gorden yang paling mudah dipasang dan dikreasikan di rumah.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena gorden Scarves tidak mempunyai tempat gantungan seperti ring maupun kain. Ya gorden Scarves ini hanya berupa kain panjang yang dililitkan pada batang jendela sebagai dekorasi saja.

Dengan kata lain, gorden Scarves ini hanya menjadi elemen dekoratif untuk memberikan aksen indah pada bagian atas gorden jendela.

Nah, itulah beberapa jenis gorden yang bisa kamu aplikasikan pada jendela rumah.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu jenis gorden tersebut...???