Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Yuk, Kita Kenali Jenis-jenis Triplek

 

jenis-jenis triplek

Jenis-jenis triplek - Siapa sih diantara kita yang tidak kenal triplek? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan material yang satu ini. Ya, sebagaimana yang sudah diketahui bahwa triplek kerap digunakan untuk pelapis langit-langit rumah alias plafon. 

Tak hanya dijadikan sebagai plafon, bahkan material triplek juga bisa digunakan sebagai panel dinding. Triplek itu sendiri berupa olahan kayu yang tampil dalam bentuk lembaran-lembaran vinir. Biasanya triplek memiliki 3 sampai 5 lapisan lembar vinir. 

Semakin banyak lapisan yang dimilikinya, maka akan semakin kuat pula daya tahan dari triplek tersebut. Tak hanya itu, ia juga memiliki arah serat sebagai face dan core yang saling tegak lurus, sedangkan antar lembaran vinirnya berfungsi sebagai face saling sejajar. 

Adapun mengenai dua tipe triplek yang dapat kamu temui dipasaran seperti berikut:

  • Triplek Interior

Sesuai dengan namanya, triplek interior ini memang dikhususkan untuk digunakan di dalam ruangan. Itu artinya, Triplek interior tidak boleh bersentuhan dengan berbagai faktor cuaca, seperti paparan sinar matahari, guyuran air hujan, dan terpaan angin.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena faktor cuaca akan menurunkan kualitas hingga merusak struktur triplek tersebut. Adapun jenis perekat yang kerap digunakan untuk merekatkan triplek interior, seperti MF, UF, dan MUF.

Baca Juga : GRC Vs Gypsum, Mana yang Lebih Berkualitas?

  • Triplek Eksterior

Apabila Kayu Lapis interior hanya diaplikasikan di dalam ruangan, maka triplek eksterior bisa digunakan di area outdoor alias luar ruangan. Pasalnya, jenis triplek eksterior ini sudah terbukti tahan terhadap faktor cuaca. Sedangkan jenis perekat yang digunakannya adalah tipe PF.

Terdapat beragam pemanfaatan triplek eksterior, seperti dijadikan, pelapis plafon, bahan pelapis lantai, dijadikan sekat untuk ruang, pintu, jendela, hingga panel dinding.

Berbagai Jenis Triplek

1. Teak Block

Teakblock merupakan sejenis triplek yang bahan dasarnya terbuat dari serbuk kayu jati. Ya, serbuk kayu tersebut akan diolah dan di press sedemikian rupa hingga berbentuk lembaran-lembaran kayu.

Teak Block

Pada umumnya, Teakblock ini kerap digunakan sebagai bahan flooring desain lantai atau dijadikan sebagai pelapis papan kayu. Meski ukurannya cukup tipis, namun Teakblock ini sudah terbukti memiliki daya tahan yang cukup bagus lho. Tak hanya itu, Teakblock juga memiliki tingkat keindahan khas kayu jati sehingga dapat meningkatkan nilai estetika pada hunian.

Artikel Serupa : Lantai Kayu Jati yang Menjadi Favorit Banyak Orang

2. Plywood

Bahan plywood lebih dikenal dengan istilah “kayu lapis”, dimana ia berupa lembaran-lembaran irisan kayu tipis bertumpuk hingga mencapai ketebalan tertentu. Lembaran kayu tipis tersebut nantinya akan disatukan dengan menggunakan lem khusus, kemudian diolah menggunakan mesin sehingga membentuk lembaran papan.

Plywood

Terdapat juga berbagai macam kayu yang dapat digunakan untuk dijadikan panel plywood, entah itu kayu keras maupun kayu yang bertekstur lunak. Menurut informasi yang didapat, kekuatan utama pada plywodd ini ada di bagian serat yang tegak lurus.

Apabila lembar pertamanya berserat horizontal, maka lembar diatas seratnya adalah vertikal, kemudian diatasnya lagi berserat horizotal dan seterusnya. Dengan kata lain, pada setiap lapisan kayu akan dipasang berselang-seling serat kayunya.

Hasilnya, pola seperti itu akan membuat teksturnya tampak kaku dan kokoh bagi susunan lembar-lembar kayu untuk menahan beban serta memperlambat masalah keretakkan. Umumnya, satu lembar plywood terdiri dari lapisan kayu dalam jumlah ganjil lho.

Itu artinya, jika lapisan paling bawah seratnya adalah horizontal, maka serat yang paling atasnya adalah vertikal. Namun, ada juga beberapa plywood yang lapisan terluarnya berupa kayu dengan serat bagus. Nah, jenis plywood seperti inilah yang paling banyak digunakan untuk finishing transparan.

3. Blockboard

Blockboard terdiri dari potongan kayu kecil dengan ukuran 4 hingga 5 cm, yang kemudian akan dipadatkan menjadi lembaran papan. Potongan kayu yang digukanan harus memiliki tekstur lunak. Adapun mengenai ketebalan blockboard yang terbagi lagi menjadi dua bagian, yakni ketebalan 15 mm dan 18 mm.

Partikel Board

Sedangkan ukuran panjang dan lebarnya sekitar 240 cm x 120 cm, yang mirip dengan ukuran tripleks. Jenis olahan kayu yang satu ini memang banyak diminati untuk bahan baku pembuatan lemari dan rak. Dikarenakan blockboard terbuat dari bahan kayu bertekstur lunak, tentu saja daya tahannya pun tidaklah terlalu kuat.

Itu sebabnya, mengapa harga blockboard lebih murah jika dibandingkan degan harga triplek. Kendati demikian, namun plywood ini dinilai masih lebih baik ketimbang jenis particle board.

4. Partikel Board

Partikel Board merupakan sebuah produk kayu olahan yang terbuat dari bahan limbah kayu. Adapun proses pembuatannya yang dilakukan dengan cara dipanaskan dan di press, sehingga terbentuklah lembaran atau lempengan yang menyerupai kayu.

Partikel Board

Agar tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap, biasanya Partikel Board ini akan diberi lapisan Wax. Setelah resin, maka bahan kimia dan serbuk kayu akan dijadikan satu sehingga teksturnya menjadi padat.

Bukan hanya itu, bobot dari Partikel Board juga akan di ratakan agar papannya terasa lebih ringan. Itu sebabnya, mengapa produk Partikel Board tidak mampu menahan beban yang terlalu berat Biasanya partikel board kerap dijadikan untuk pembuatan berbagai jenis furniture, seperti meja, lemari, hingga pelapis lantai.

Artikel Menarik Lainnya : Kenali Jenis-jenis Kalsiboard Sebelum Menggunakannya

5. Multiplex

Multiplex atau yang biasa kita sebut dengan istilah triplek merupakan produk kayu olahan yang terbuat dari kumpulan lembaran veneer kayu. Pada umumnya, papan veneer kayu tersebut akan ditekan dan diikat menjadi satu bagian solid.

Multiplex

Umumnya proses penempelan Multiplex akan dilakukan dengan melawan arah serat, yang bertujuan untuk membentuk ikatan. Spesifikasi Multiplex akan dinilai dari beberapa aspek, mulai dari ketebalan, kerekatan, serta proses pemadatan veneer.

Multiplex terdiri dari beberapa lapisan venner kayu yang umumnya berjumlah tiga lapis. Pada masing-masing tipe Multiplex mempunyai tingkat ketahanan yang berbeda-beda. Ya, semakin tebal ukurannya, maka akan semakin kuat pula daya tahan dari Multiplex tersebut.

Nah, itulah beberapa jenis triplek yang dapat kamu jumpai dipasaran sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

.