Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Bahan Pelapis Lantai Terbaik Untuk Lapangan Squash

 

Bahan Pelapis Lantai Terbaik Untuk Lapangan Squash

Lantai lapangan squash – Seperti bangunan pada umumnya, yang mana sebuah lapangan olahraga juga harus diberi material pelapis lantai untuk menunjang keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna.

Terlebih untuk arena lapangan yang berbasis indoor seperti olahraga squash, sehingga bahan pelapis lantai yang digunakan tidak boleh sembarangan. Lantas, apa yang dimaksud dengan olahraga squash?

Nah, sebelum membahas seputar bahan pelapis lantainya, lebih baik kita kenali dulu seperti apakah olahraga squash itu. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Olahraga Squash

Peralatan olahraga squash memang tampak seperti tenis, yakni berupa raket dan bola tennis berbentuk bulat. Hanya saja bola tersebut berwarna hitam.

Mengenal Olahraga Squash

Namun, ada dua hal yang membedakan antara olahraga squash dengan tenis. Untuk perbedaan yang pertama terdapat pada lawan main. Apabila lawan main pada olahraga tenis adalah manusia, maka lawan main pada olahraga squash adalah tembok alias dinding.

Bukan hanya itu, olahraga tenis umumnya dilakukan di area terbuka alias outdoor, sedangkan olahraga squash harus dilakukan di area indoor. Nah, itulah yang menjadi alasan mengapa penggunaan alas lantai untuk lapangan squash menjadi poin paling mendasar.

Pasalnya, tidak semua material itu cocok diaplikasikan sebagai alas lantai lapangan squash. Adapun mengenai beberapa jenis material terbaik yang cocok diaplikasikan pada lapangan squash seperti dibawah ini:

5 Bahan Pelapis Lantai Untuk Lapangan Squash

1. Lantai Interlock

Biasanya lantai interlock ini kerap diaplikasikan pada fitness center atau tempat gym. Hal itu bukan tanpa alasan, karena materialnya terbuat dari bahan polypropylene sehingga memiliki daya tahan yang tinggi. Seiring berjalannya waktu, kini lantai interlock juga kerap diaplikasikan pada lapangan squash.

Lantai Interlock

Tak hanya awet, lantai yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap serangan hama serangga, anti jamur, hingga anti bakteri. Adapun mengenai beragam varian warna yang tersedia, mulai dari yang gelap, terang, dan netral.

Dari segi pemasangan, lantai interlock ini terbilang cukup mudah. Pasalnya, lantai interlock sudah dilengkapi dengan fitur knock down sehingga anda hanya tinggal membongkar pasang saja. Menariknya lagi, pada setiap sudutnya terdapat kuncian yang akan mempermudah kita saat memindahkan atau memasangnya kembali.

Akan tetapi, cara perawatan lantai interlock tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Saat hendak mengepelnya, sebaiknya anda menggunakan pel yang bertekstur lembut agar terhindar dari goresan.

2. SPC Flooring

Selain lantai interlock, SPC flooring juga merupakan salah satu bahan pelapis lantai yang cocok diaplikasikan pada lapangan squash. Istilah SPC singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia merupakan produk lantai sintetis yang terbuat dari bahan limestone (batu kapur) untuk membuat dasar lantai yang kokoh dan kuat.

SPC Flooring

Adapun materialnya yang terdiri dari berbagai campuran bahan, seperti batu kapur, serbuk PVC, dan stabilizer. Dinilai dari strukturnya, lantai SPC terbagi menjadi 4 bagian lapisan.

Untuk lapisan pertama adalah wear layer yang berfungsi sebagai pelindung dari goresan dan noda pada permukaan lantai SPC, sedangkan lapisan kedua berupa printing film yang berperan sebagai warna atau pola dari lantainya.

Itu artinya, ada tipe produk lantai SPC yang menggunakan underlayment dan ada juga yang tidak menggunakan underlayment. Lantai SPC pun menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan peran lantai kayu solid, karena harga yang ditawarkannya memang lebih murah.

Baca Selengkapnya : Review Harga SPC Flooring Per Meter Persegi

3. Lantai Parket Kayu Solid

Dari namanya saja sudah sangat jelas, dimana material lantai yang satu ini terbuat dari bahan kayu solid alias kayu asli. Mengingat materialnya yang terbuat dari bahan kayu solid alias asli, tentu saja tingkat kekuatan dan keawetan lantai parquet sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Lantai Parket Kayu Solid

Tak hanya kokoh dan kuat, penggunaan lantai kayu solid juga tentunya dapat meningkatkan nilai estetika pada lapangan squash itu sendiri. Terlebih untuk jenis parket jati dan merbau yang memang terkenal dengan keindahan dan keawetannya.

Bukan hanya itu, bahkan lantai kayu solid jati & merbau juga memiliki tekstur yang empuk dan kesat sehingga dapat meminimalisir risiko terpeleset.

Artikel Serupa : Produk Lantai Kayu Murah Bahan Kayu Asli (Harga Rp 200 Ribuan)

4. Lantai Vinyl

Sekilas wujud dari lantai vinyl ini memang tampak seperti parket solid. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab ada beberapa produk lantai vinyl yang dibuat dengan motif kayu. Padahal, sebenarnya lantai vinyl bukan bagian dari jenis lantai kayu parket, melainkan sejenis lantai sintetis. Hal itu terbukti, yang mana tekstur lantai vinyl lebih lentur dan elastis.

Lantai Vinyl

Pasalnya, material lantai vinyl terbuat dari pahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan paralon atau pipa air. Dari sisi kekuatan, tentunya lantai vinyl tidak sekuat lantai parket solid.

Secara kualitas, tentu saja lantai vinyl ini berada jauh dibawah lantai kayu solid. Meski demikian, lantai vinyl masih tetap ideal digunakan untuk lapangan squash maupun lapangan indoor lainnya.

Artikel Terkait : Lantai Vinyl Motif Kayu dan Informasi Lengkapnya

5. Lantai Laminated

Lantai laminated terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin, serta memiliki ketebalan sekitar 8 mm sampai 12 mm. Adapun ukuran panjangnya yang mecapai sekitar 1,28 meter hingga 1,3 meter.

Lantai Laminated

Bukan hanya itu, lantai laminated juga sudah dibekali dengan system klik (interlock) pada bagian kanan dan kirinya sehingga membuat proses pemasangannya menjadi lebih mudah. Adapun empat lapisan yag terdapat pada lantai laminated seperti berikut:

  • Pada bagian paling bawahnya berupa lapisan pelindung berbahan melamin yang berguna untuk melindungi kayu dari kelembapan.
  • Untuk bagian atasnya terdapat bahan utama yang disebut High Density Fiber (HDF)
  • Pada bagian atasnya lagi terdapat material dekoratif bermotif kayu sehingga tampilannya menyerupai kayu asli
  • Untuk bagian paling atas terdapat lapisan film transparan yang berguna sebagai pelindung anti gores dan anti air.

Nah, itulah beberapa bahan pelapis lantai terbaik yang paling ideal diaplikasikan untuk lapangan squash.