Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Begini Trik Mempercantik Plafon Kamar

 

Cara menghias plafon kamar

Cara menghias plafon kamar – Tak hanya berfungsi untuk melindungi kelistrikan di rumah, penggunaan plafon juga berguna untuk melindungi ruangan dari percikan air hujan atau rembesan yang masuk melalui celah genteng.

Bukan hanya itu, bahkan plafon juga berperan sebagai pengatur suhu didalam ruangan. Disaat musim panas tiba, maka plafon akan meredam hawa panas sehingga suhu dalam ruangan akan tetap sejuk. Begitu pun Ketika saat musim dingin datang, dimana plafon ini memiliki memampuan untuk menciptakan nuansa hangat. 

Akan tetapi, ternyata masih banyak dari pemilik rumah yang belum tahu tentang cara menghias plafon kamarnya. Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan memberikan trik mudah dalam mempercantik plafon kamar.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Menghias Plafon Kamar

1. Menggunakan Drapping Kain

Apabila kamu ingin menghadirkan nuansa Morocco atau bohemian, maka ide desain yang satu ini wajib kamu coba. Dalam hal ini, kamu hanya perlu memasang drapping kain di area langit-langit kamar. Kemudian pasang lampu khas Maroko di bagian tengahnya untuk menutupi simpul dari drapping.

Menggunakan Drapping Kain

Jika cara tersebut dirasa terlalu sulit, maka kamu menggantungkan kain di atas tempat tidur yang direkatkan dengan paku, kemudian hias dengan lampu-lampu tumblr. Dengan begitu, maka tampilan kamarmu akan terkesan lebih eksotik dan berestetika.

Baca Juga : Rekomendasi Material Lantai Terfavorit Untuk Kamar Tidur

2. Gunakan Plafon Kayu Lambersering

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kayu menjadi salah satu material yang kerap diandalkan untuk berbagai kebutuhan konstruksi, entah dari segi eksterior maupun interior.

Gunakan Plafon Kayu Lambersering

Pasalnya, material kayu mempunyai sifat yang felksibel sehingga membuatnya cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ya, seperti halnya penggunaan plafon kayu lambersering yang dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural.

Bukan hanya itu, penggunaan plafon kayu juga dapat menonjolkan kesan klasik di ruangan kamarmu lho. Tak hanya indah, plafon kayu juga sudah terbukti kuat dan kokoh sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Akan tetapi, hal itu tergantung pada jenis kayu yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis plafon kayu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Secara otomatis, harga plafon kayu di pasaran pun akan berbeda-beda pula.

3. Menggunakan Moding Gypsum

Selain menggunakan pafon kayu, kamu juga bisa mempercantik plafon kamar dengan molding gypsum untuk menghadirkan kesan mewah dan elegan. Seiring berjalannya waktu, kini telah tersedia molding dengan model yang lebih sederhana sehingga dapat kamu aplikasikan pada kamar minimalis.

Menggunakan Moding Gypsum

Penggunaan molding gypsum tak hanya membuat permukaan langit-langit menjadi lebih rata, namun juga dapat menyembunyikan celah-celah antara dinding dan plafon. Dengan begitu, tampilan langit-langit kamarmu akan lebih indah dari biasanya.

Artikel Serupa : GRC Vs Gypsum, Mana yang Lebih Berkualitas?

4. Coba Percantik Dengan Wallpaper Bermotif

Wallpaper tak hanya digunakan untuk mempercantik tampilan dinding saja, melainkan juga bisa gunakan untuk mempercantk tampilan plafon kamar maupun ruangan lainnya lho. Disamping proses pemasangannya yang lebih simple, harga wallpaper pun relatif murah.

Coba Percantik Dengan Wallpaper Bermotif

Namun, mahal atau murahnya harga wallpaper tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Semakin bagus kualitas bahannya, tentu akan semakin mahal pula harga dari wallpaper tersebut.

Baca Selengkapnya : Mengenal Jenis-jenis Bahan Wallpaper Beserta Motifnya

5. Triplek Bisa Dijadikan Alternatif

Multiplex atau yang biasa kita sebut dengan istilah triplek merupakan produk kayu olahan yang terbuat dari kumpulan lembaran veneer kayu. Pada umumnya, papan veneer kayu tersebut akan ditekan dan diikat menjadi satu bagian solid.

Triplek Bisa Dijadikan Alternatif

Biasanya proses penempelan triplek akan dilakukan dengan melawan arah serat, yang bertujuan untuk membentuk ikatan. Spesifikasi triplek akan dinilai dari beberapa aspek, mulai dari ketebalan, kerekatan, serta proses pemadatan veneer.

Triplek terdiri dari beberapa lapisan venner kayu yang umumnya berjumlah tiga lapis. Pada masing-masing tipe tripek mempunyai tingkat ketahanan yang berbeda-beda.

Semakin tebal ukurannya, maka akan semakin kuat pula data tahan dari triplek tersebut. Seperti material pada umumnya, yang mana jenis-jenis triplek juga ada berbagai macam pilihan.

6. Bisa Juga Menggunakan Kalsiboard

Kalsiboard merupakan sebuah produk yang berupa lembaran papan menyerupai triplek. Adapun material kalsiboard yang terbuat dari bahan pasir silika dengan campuran semen dan selulosa. Semua bahan-bahan tersebut akan diproses dalam suhu bertekanan tinggi, sehingga terciptalah lembaran-lembaran papan yang bertekstur padat.

Bisa Juga Menggunakan Kalsiboard

Mengenai tampilan fisiknya, sekilas kalsiboard ini memang sangat mirip dengan gypsum. Begitu pun dengan fungsinya, yang mana kalsiboard kerap diaplikasikan untuk pelapis dinding dan plafon rumah.

Harga kalsiboard dipasaran sangatlah bervariasi, karena akan dibedakan berdasarkan ukuran lebar dan ketebalannya. Semakin tebal dan lebar ukurannya, maka akan semakin mahal pula harga dari kalsiboard tersebut. 

Baca selengkapnya : kenali Jenis-jenis Kalsiboard Sebelum Menggunakannya

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghias plafon kamar.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya…???