Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Review Jenis-jenis Kayu Dengan Tingkat Keawetan Kelas 1

 

Daftar kayu kelas 1

Daftar kayu kelas 1 – Sebagai salah satu negara penghasil kayu terbesar di dunia, tentu saja ada banyak sekali jenis-jenis kayu yang bisa kita pilih dipasaran. Pastinya pada masing-masing jenis kayu tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda.

Pada umumnya, spesifikasi kayu akan dinilai dari tingkat keawetan dan kekerasan. Adapun kategori penilaiannya yang dibedakan lagi kedalam beberapa kelas berbeda, yakni kelas 1, 2, 3, 4, dan 5. Semakin kecil angka kelasnya, maka semakin bagus pula kualitas dari kayu tersebut.

Namun, pada satu jenis kayu jarang yang memiliki tingkat keawetan dan kekerasan dengan kelas yang sama. Sebagai contoh, jika jenis kayu A mempunyai tingkat keawetan kelas 1, maka tingkat kekerasannya belum tentu termasuk kedalam kelas 1.

Dalam industry perkayuan, Sebagian besar produsen maupun pengrajin cenderung memilih jenis kayu yang mempunyai tingkat keawetan kelas 1. Pasalnya, kayu dengan tingkat keawetan kelas 1 sudah terbukti bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas daftar jenis-jenis kayu yang mempunyai tingkat keawetan kelas 1. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya dibawah.

Daftar Jenis Kayu Dengan Tingkat keawetan Kelas 1

1. Kayu Jati

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kayu jati kerap menjadi andalan dalam bidang konstruksi maupun furniture. Ya jelas demikian, sebab kayu jati memiliki kualitas yang diatas rata-rata jenis kayu lainnya.

Daftar kayu kelas 1 - kayu jati

Pada bagian terasnya, kayu jati ini tampil dengan warna emas gelap sedangkan bagian gubalnya mengusung warna krem atau bahkan putih kecoklatan. Pada tingkat keawetannya, kayu jati termasuk kedalam kategori kelas I.

Tak hanya itu, kayu jati mempunyai kandungan minyak pelumas yang berperan sebagai pelindung dari serangan rayap. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu jati tidak mudah ditembus oleh rayap, tidak mudah mengalami pelapukan, hingga tahan terhadap perubahan cuaca.

Akan tetapi, tidak semua tipe kayu jati menawarkan kualitas yang sama. Pasalnya, kayu jati akan dibedakan lagi kedalam beberapa kelas berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C. Sesuai dengan urutan kelasnya, dimana jati grade A memiliki kualitas yang lebih bagus ketimbang grade B dan grade C.

Artikel Serupa: Lantai Kayu Jati yang Menjadi Favorit banyak Orang

2. Kayu Resak

Daftar kayu kelas 1 - kayu resak

Untuk tingkat keawetan dan kekuatannya, kayu resak ini setara dengan kayu merbau. Hal itu pun terbukti, yang mana tingkat keawetan dan kekuatan kayu resak termasuk kedalam kelas 1.

Dengan demikian, maka tak heran juga jika jenis kayu yang satu ini tidak pernah sepi dari pembeli. Adapun mengenai pohon kayu resak yang umumnya tampil dengan ketinggian sekitar 25 meter, sedangkan ukuran diameter batangnya mencapai 0,6 meter.

3. Kayu Kamper

Menurut kabar yang beredar, salah satu keunggulan dari kayu kamper yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lain, yakni memiliki visual yang indah dengan pola seratnya yang menarik. Itu sebabnya, mengapa kayu Kamper tidak membutuhkan finishing yang lama untuk tetap indah dan estetik.

Daftar kayu kelas 1 - kayu kamper

Tak hanya unggul dari segi tampilannya saja, bahkan kayu Kamper juga tingkat keawetannya yang sangat tinggi. Kayu Kamper mampu tahan terhadap serangan rayap terutama jika diberi perawatan yang baik. Bahkan yang lebih hebatnya lagi. Kayu Kamper sudah terbukti tahan banting dan termasuk kayu kelas I dan II sehingga tergolong kayu berkualitas.

Daya tahan kayu ini sangat baik dan kualitasnya hampir sama dengan kayu Jati. Aroma Kamper yang sangat khas membuat rayap maupun jenis serangga pemakan kayu lainnya tidak berani mendekat lho. Sehingga membuatnya ideal digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan konstruksi.

4. Kayu Merbau

Tingkat keawetan kayu merbau termasuk kedalam kayu kelas I, sementara tingkat kekuatannya dikategorikan kedalam kelas II. Dengan demikian, maka tak heran jika kayu merbau cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan furniture ataupun mebel, seperti decking (lantai kayu outdoor), lemari, meja, dan lain sebagainya.  

Daftar kayu kelas 1 - kayu merbau

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kayu merbau sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca. Kayu merbau kerap tampil dengan warna merah kecoklatan serta pola serat yang lurus. Hasilnya, semua property yang berbahan kayu merbau ini dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural. 

Pohon merbau itu sendiri kerap ditemui di kawasan Indonesia Timur seperti Nusa Tenggara Timur, Papua dan Maluku. Namun, pohon merbau juga terdapat di daerah lainnya seperti Kalimantan, Sumatera, dan Pulau Jawa. 

Artikel Terkait : Mengintip Keistimewaan Decking kayu Merbau

5. Kayu Ulin

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ulin merupakan salah satu jenis kayu dengan kualitas terbaik di dunia. Dari segi teksturnya, kayu ulin ini tampak terasa kasar dan sangat keras. Itu sebabnya, mengapa kayu ulin kerap dijuluki dengan nama “kayu besi“ sehingga proses pemotongannya pun tergolong cukup sulit. Dengan demikian, maka tak heran jika kayu ulin menjadi saingan terberat bagi kayu merbau. 

Daftar kayu kelas 1 - kayu ulin

Pada tingkat kekuatannya, kayu ulin ini termasuk kedalam kelas I. Begitu pun dengan tingkat keawetannya yang juga masuk ke dalam kelas I. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu ulin sangat ideal dijadikan bahan baku untuk berbagai kebutuhan property indoor maupun outdoor.

Dengan teksturnya yang sekeras besi, secara otomatis kayu ulin tidak akan mudah ditembus oleh rayap maupun hama serangga pemakan kayu lainnya. Tak cuma itu, kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca ekstrim lho.

Bukan hanya itu, kayu ulin pun memiliki aroma khas sehingga bisa membuat siapa saja yang menciumnya akan terbawa kedalam suasana nyaman dan natural. Mengenai asal-usulnya, pohon kayu ulin itu sendiri tumbuh subur di kawasan hutan tropis Kalimantan.

Baca Juga : Decking Kayu Ulin Dengan Tekstur Sekeras Besi

Nah, itulah daftar jenis-jenis kayu dengan tingkat keawetan kelas 1, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangun atau merenovasi rumah.