Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Pentingnya Menjaga Kelembaban Ruangan Rumah

 

Cara Menjaga Kelembaban Ruangan Rumah

Cara Menjaga Kelembaban Ruangan Rumah – Berbicara soal menjaga kesehatan tubuh, tentu saja ada  beragam faktor yang dapat mempengaruhinya. Ya, selain berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan bergizi, ternyata kondisi di dalam rumah juga memiliki peranan penting terhadap kesehatan.

Kondisi ruangan rumah yang terlalu lembab tentunya tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, ruangan yang terlalu lembab bisa memicu berbagai masalah kesehatan, seperti alergi, gatal-gatal, hingga mengalami gangguan pernafasan.

Selain berdampak buruk bagi kesehatan, kondisi ruangan rumah yang teralu lembab juga bisa merusak berbagai furniture kayu lho! Oleh karena itu, penting bagi pemilik rumah untuk senantiasa menjaga kelembaban ruangannya.

Lalu, bagaimanakah cara menjaga kelembaban ruangan rumah? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Langkah-langkah Untuk Menjaga Kelembaban Ruangan

1. Gunakan Cat Dinding Anti Jamur

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa tingkat kelembaban yang terlalu tinggi itu bisa memicu datangnya berbagai jenis penyakit. Tak terkecuali dengan dinding, dimana area tersebut juga kerap ditumbuhi oleh jamur akibat tingginya kelembaban ruangan.

Gunakan Cat Dinding Anti Jamur

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, tentu saja kamu harus menggunakan cat dinding yang dilengkapi dengan fitur anti jamur. Dengan menggunakan jenis cat tersebut, secara otomatis area dinding tidak akan mudah ditumbuhi oleh jamur. 

Baca Juga : Rekomendasi Jenis Cat Finishing Terbaik Untuk Kayu

2. Gunakan Dehumidifier

Selain menggunakan cat tembok anti jamur, penting juga bagi kamu untuk menggunakan dehumidifier guna menjaga tingkat kelembaban dalam ruangan rumah. Namun, terdapat satu kekurangan dari dehumidifier yang harus anda ketahui.

Gunakan Dehumidifier

Untuk bisa mendapatkan alat yang satu ini, maka kamu harus merogoh kantong yang cukup dalam. Pasalnya, produk dehumidifier dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Ya, terlebih untuk dehumidifier dengan merk-merk ternama, bisa dipastikan harga yang ditawarkannya sangatlah mahal.

Meski demikian, fungsi dari dehumidifier ini benar-benar sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban dalam ruangan rumah. Mengenai fungsinya, dehumidifier bertugas untuk menyerap kelembaban yang nantinya akan dirubah menjadi udara sejuk.

3. Menggunakan Silica Gel

Menggunakan Silica Gel

Jika kondisi keuanganmu tidak bisa menjangkau harga dehumidifier, maka penggunaan silica gel ini merupakan pilihan yang paling tepat. Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun fungsi dari silica gel ini hampir mirip dengan alat dehumidifier. Silica gel sudah terbukti cukup efektif dalam menjaga tingkat kelembaban sebuah ruangan.

4. Sediakan Beberapa Jenis Tanaman Hias

Sediakan Beberapa Jenis Tanaman Hias

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tingkat kelembaban dalam ruangan rumah, yakni dengan menempatkan berbagai jenis tanaman hias.

Namun perlu diingat, bahwa tidak semua jenis tanaman hias itu memiliki kemampuan yang dapat mengurangi tingkat kelembaban. Dengan kata lain, hanya ada beberapa jenis saja yang dinilai memiliki kemampuan tersebut. 

Artikel Terkait : Manfaat Luar Biasa Dari Daun Cincau yang Harus Kamu ketahui

5. Usahakan Ada Ventilasi Pada Setiap Ruangan Rumah

Usahakan Ada Ventilasi Pada Setiap Ruangan Rumah

Ketika mengambil nafas, tentu tidak hanya oksigen saja yang akan terhirup namun juga berbagai partikel kecil dan zat yang mungkin mengkontaminasi udara. Itu sebabnya, mengapa keberadaan ventilasi merupakan hal yang wajib untuk menciptakan sirkulasi udara yang sehat di dalam rumah.

Pastikan anda merancang dengan jumlah bukaan dan ventilasi yang sesuai kebutuhan. Tak hanya itu, pastikan juga ventilasi di rumah harus bersifat cross ventilatian agar udara di dalam ruangan bisa ber-regenerasi dengan udara yang ada diluar. Meski di rumah anda sudah terpasang AC atau blower exhaust, namun sirkulasi udara yang alami jauh lebih bagus untuk kesehatan tubuh.

6. Maksimalkan Pencahayaan Alami

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pencahayaan alami juga memiliki peranan penting dalam menciptakan sebuah rumah yang sehat.

Maksimalkan Pencahayaan Alami

Hal itu bukan tanpa alasan, karena pencahayaan alami mampu mengurangi tingkat kelembapan berlebihan serta membunuh bakteri di dalam ruangan. Bahkan, kehadiran pencahayaan alami juga tentunya sangat membantu dalam menunjang berbagai aktivitas di dalam rumah.

Akan tetapi, kamar tidur yang terlalu banyak terpapar sinar matahari dianggap tidak bagus karena dapat mengganggu istirahat.

Maka dari itu, anda harus mengatur pencahayaan alami secukup yang sesuai dengan kebutuhan kamar. Untuk faktor pencahayaan buatan seperti lampu, sebaiknya anda menggunakan jenis lampu yang terang tapi lembut.

Baca Juga : 7 Ide Lampu Hias Café Dari Barang Bekas yang Wajib Anda Coba

Nah, seperti itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelembaban ruangan rumah. Dengan begitu, maka kelembaban pada setiap ruangan rumahmu akan tetap stabil.