Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Rekomendasi Jenis Lem Kayu Terbaik Dipasaran

 

Jenis lem kayu terbaik

Jenis lem kayu terbaik – Apakah kamu termasuk salah satu orang yang kerap memperbaiki perabotan kayu dengan tangan sendiri? Jika iya, tentu saja kamu selalu menggunakan lem sebagai media untuk merekatkan perabotan yang mengalami retak atau patah.

Akan tetapi, lem yang digunakan untuk merekatkan material kayu tentunya tidaklah sama dengan jenis lem kertas.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan merekomendasikan beberapa jenis lem kayu terbaik di pasaran. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Beragam Jenis Lem Kayu Terbaik

1. Lem Putih PVAc

Jenis lem kayu yang pertama memang cocok digunakan untuk kebutuhan furniture indoor maupun outdoor. Pasalnya, Lem Putih PVAc mempunyai sifat yang lentur sehingga membuatnya bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi cuaca.

Lem Putih PVAc

Uniknya lagi, bahkan Lem Putih PVAc juga tidak akan meninggalkan bekas setelah proses perekatan materialnya selesai. Pasalnya, ketika sudah mengering maka warna lemnya akan berubah menjadi bening.

Namun, terdapat satu kekurangan dari Lem Putih PVAc yang harus kamu ketahui. Adapun kekurangan dari Lem Putih PVAc, yakni proses pengeringannya yang terbilang lama.

Oleh karena itu, perekatan material kayu dengan Lem Putih PVAc ini tidak bisa diburu-buru. Daya rekat dan ketahanan lem putih PVAc sudah terbukti bagus, sehingga membuatnya ideal digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk pemasangan lantai kayu parket.

Baca juga: Ingin Pasang Lantai Kayu Parket? Kenali Dulu Jenis-jenisnya

2. Lem Polyurethane (PU)

Ini dia jenis lem kayu yang bisa digunakan untuk kebutuhan furniture indoor dan outdoor. Namun, sebelum menggunakan Lem Polyurethane, maka kamu harus membasahi dulu permukaan material kayunya, kemudian lap dengan menggunakan kain hingga kering.

Lem Polyurethane (PU)

Hal itu bertujuan untuk membersihkan kotoran atau partikel yang masih menempel pada material kayu. Apabila sudah bersih, silahkan lem material kayu yang hendak direkatkan, lalu tempelkan kedua sisinya. Setelah itu, kamu hanya tinggal mendiamkannya semalaman agar lem bisa mengering dengan sempurn

3. Dextone Epoxy Adhesives

Jenis lem kayu selanjutnya yang akan dibahas, yakni berupa Dextone Epoxy Adhesives. Komposisi utama pada lem ini terdiri dari dua kandungan bahan berbeda, yaitu resin dan hardener.

Dextone Epoxy Adhesives

Jadi, kedua kandungan tersebutlah yang nantinya bisa mengasilkan perekat dengan tingkat kekuatan dan ketahanan yang sangat baik. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lem Dextone Epoxy Adhesives ini sudah terbukti tahan terhadap suhu yang tinggi.

Tak hanya digunakan untuk material kayu, lem Dextone Epoxy Adhesives juga bisa kamu gunakan untuk merekatkan besi, keramik, baja, dan lain sebagainya. Sebelum menggunakan lem tersebut, pastikan permukaan material yang akan diolesi lemnya harus dibasahi dulu dengan air.

4. Cyanoacrylate Adhesive

Lem Cyanoacrylate Adhesive memiliki tekstur yang berbentuk cairan bening. Kabarnya, lem ini akan meninggalkan bekas dengan warna gelap yang bisa menyesuaikan tingkat residu dari bahan yang direkatkan.

Cyanoacrylate Adhesive

Biasanya Lem Cyanoacrylate Adhesive digunakan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan ringan terhadap material kayu. Misalkan seperti keretakan kecil atau di bagian ujung material kayunya terdapat sedikit kerusakan.

Salah satu kelebihan dari Lem Cyanoacrylate Adhesive ini adalah proses pengeringannya yang sangat cepat, sehingga ideal digunakan bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu.

Dibalik keunggulannya, ternyata lem Lem Cyanoacrylate Adhesive juga memiliki kelemahan yang menarik untuk dibahas.

Selain itu, tekstur pada lem Cyanoacrylate Adhesive juga tidak terlalu kuat sehingga membuatnya mudah patah. Bahkan, lem ini bisa meresap ke dalam pori-pori kayu yang menjadikannya tidak cocok digunakan untuk mengisi gap pada sambungan kayu.

Artikel Serupa: Mengenal Jenis-jenis Sambungan Kayu Beserta Fungsinya

5. Lem Aica Aibon

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Aica Aibon termasuk jenis lem yang mempunyai sifat serbaguna. Pasalnya, lem ini bisa digunakan untuk merekatkan berbagai material, seperti kayu, besi, melamin, beton, logam, dan lain sebagainya.

Lem Aica Aibon

Hal tersebut dikarenakan komposisinya yang terbuat dari bahan pelarut organik dan karet sintetis sehingga teksturnya cukup elastis. Meski bertekstur elastis, namun Lem Aica Aibon memiliki daya rekat dan daya tahan yang sangat baik.

Cara penggunaanya pun cukup mudah, yang mana kamu hanya perlu membersihkan permukaan material kayu, lalu oleskan dan ratakan lem pada permukaan kayu yang akan direkatkan. Tunggu sampai lem mengering, kemudian sambungkan dua sisi material kayu yang sudah dilem tadi.

Tips Membersihkan Lem Kayu Pada Tangan

Tips Membersihkan Lem Kayu Pada Tangan

Dikarenakan daya rekatnya yang sangat kuat, tentu saja tangan yang terkena lem kayu akan cukup sulit dihilangkan. Selain itu, tanganmu juga akan terasa sangat tidak nyaman lho.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, berikut di bawah ini ada beberapa cara untuk membersihkan tangan saat terkena lem kayu:

* Rendam Dalam Air Sabun yang Hangat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan tangan dari lem kayu, yakni dengan merendam tangan didalam air sabun yang hangat.

Agar lemnya benar-benar terlepas, sebaiknya rendam tanganmu selama 5 hingga 10 menitan. Akan tetapi, segera hentikan cara ini jika tanganmu terasa sakit atau seperti ada sensasi terbakar.

Baca Juga: Tips Membasmi Kutu Kayu

* Menggunakan Nail Polish

Jika cara yang pertama tadi dirasa kurang efektif, maka kamu bisa menggunakan nail polish. Namun, pastikan dulu bahwa nail polish tersebut aman digunakan untuk membersihkan lem pada tangan.

Selain itu, kandungan racun dalam nail polish juga terbilang tinggi sehingga dapat membahayakan kesehatan. Oleh karenanya, kamu harus langsung membilas tanganmu sampai bersih setelah selesai menggunakan nail polish.

Menurut informasi yang didapat, nail polish tidak direkomendasikan untuk orang yang memiliki masalah eksim (kulit kering). Pasalnya, penggunaan nail polish dapat memicu terjadinya iritasi kulit.

Bukan hanya itu, hindari penggunaan nail polish terhadap kulit yang terluka karena dapat menimbulkan rasa perih dan panas.

* Menggunakan Mentega dan Minyak

Ini dia salah satu cara alami yang paling aman untuk menghilangkan lem kayu pada tangan. Lantas, bagaimana cara membersihkannya?

Mengenai caranya, silahkan rendam terlebih dulu tanganmu didalam air hangat, lalu oleskan minyak atau mentega ke area tangan yang terkena lem kayu. Jika sudah demikian, pijat-pijat area tersebut hingga lemnya terlepas dari tanganmu.

* Menggunakan Garam

Garam yang selama ini ketahui merupakan salah satu bahan bumbu dapur untuk menciptakan rasa asin terhadap sebuah masakan.

Namun tahukah kamu? Ternyata garam juga bisa digunakan untuk membersihkan lem kayu pada tangan lho. Siapkan garam dapur secukupnya, lalu campurkan dengan sedikit air sambil diaduk-aduk hingga teksturnya mengental seperti pasta.

Oleskan garam tersebut pada area tangan yang terkena lem kayu, dan biarkan selama 1 menit saja. Bilas dengan sedikit air, kemudian gosok-gosok tanganmu sampai lemnya terkelupas.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?