Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Trik Mudah Menata Dekorasi Interior Rumah Ala Korea Selatan

 

Interior rumah korea selatan

Interior rumah korea selatan – Semakin hari semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dengan hal-hal berbau Korea Selatan. Pasalnya, kondisi ini tak lepas dari mendunianya k-pop maupun k-drama yang didukung dengan tampilan rupawan dari para artisnya.

Bahkan, penggunaan desain interior rumah ala Korea pun sedang menjadi tren dikalangan masyarakat kita lho.

Nah, buat kamu yang berencana untuk membuat dekorasi interior rumah ala-ala Korea Seatan, simaklah baik-baik beberapa triknya di bawah ini.

7 Langkah yang harus Dilakukan

1. Penggunaan Lantai Kayu Parket

Poin penting pertama yang harus kamu perhatikan dalam membuat desain interior rumah ala Korea, yakni penggunaan lantai parket kayu. Mengapa demikian?

Penggunaan Lantai Kayu Parket

Pasalnya, lantai parket kayu memiliki kemampuan yang bisa menghantarkan suhu hangat kedalam ruangan. Itu sebabnya, mengapa lantai parket kayu memang cocok diaplikasikan di kawasan Asia Timur seperti Korea Selatan yang mempunyai musim salju.

Terlebih untuk lantai kayu jati yang memang paling banyak disukai ketimbang jenis parket kayu lainnya. Dengan menggunakan lantai parket kayu jati, tentu saja suhu dalam ruangan rumahmu tidak akan terlalu dingin.

Bukan hanya itu, bahkan penggunaan lantai kayu jati juga akan mempertegas nuansa mewah, elegan, dan natural.

baca Selengkapnya: Lantai Kayu Jati yang Menjadi Favorit Banyak Orang

2. Ciptakan Sentuhan Natural

Untuk menghadirkan nuansa yang natural dan alami, kamu bisa menempatkan berbagai jenis tanaman hias pada setiap sudut ruangan.

Ciptakan Sentuhan Natural

Akan tetapi, dalam hal ini kamu harus memilih jenis tanaman hias indoor yang ukurannya kecil agar tidak terlalu memakan banyak kapasitas ruangan ataupun menghalangi pemandangan.

Setidaknya ada beberapa jenis tanaman hias indoor yang bisa kamu pilih, seperti kaktus mini, sirih gading, philodendron, lidah mertua, spider plant, dan lain sebagainya. Selain berukuran kecil, proses perawatan pada jenis-jenis tanaman hias indoor tersebut juga tidaklah ribet.

Apabila ingin lebih simple lagi, kamu dapat menggunakan tanaman hias sintetis karena sama sekali tidak perlu berikan perawatan. Untuk mempertegas nuansa alami, sebaiknya dinding rumahmu menggunakan cat yang berwarna hijau.

3. Pencahayaan Alami yang Maksimal

Penggunaan jendela berukuran besar merupakan salah satu cara paling tepat untuk memaksimalkan pencahayaan alami didalam rumah.

Pencahayaan Alami yang Maksimal

Maka dari itu, disarankan untuk menempatkan jendela-jendela yang berukuran besar pada arah matahari terbit. Atau, kamu juga dapat menggunakan skylight untuk mengoptimalkan pencahayaan alami pada rumah.

Dengan adanya sistem pencahayaan alami yang baik, tentu saja dapat menunjang keindahan serta aktivitas di siang hari. Tak Cuma itu, kehadiran pencahayaan alami juga pastinya akan menghemat pengeluaran listrik bulanan.

Baca juga: Berbagai Inspirasi Desain Rumah Terpopuler 2023

4. Gunakan Lampu yang Terangnya Tidak Terlalu Tajam

Tak hanya pencahayaan alami, pencahayaan buatan dari lampu juga tentunya memiliki peranan yang tidak kalah penting dalam sebuah hunian ala Korea.

Gunakan Lampu yang Terangnya Tidak Terlalu Tajam

Dalam hal ini, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan lampu yang terang namun bernuansa lembut. Pada bagian tengah ruangan, kamu dapat menggunakan pencahayaan sentral melalui shade lamp (kap lampu) agar tidak terlalu silau.

Bukan hanya itu, bahkan penggunaan kap lampu tersebut juga akan membantu penyebaran cahaya secara merata pada seluruh ruangan. Dengan begitu, maka ruangan rumahmu akan tampak lebih nyaman dan memiliki nilai etstetika tinggi.

5. Penggunaan Furniture yang Multifungsi

Pada dasarnya, kebanyakan rumah-rumah Korea selalu menggunakan furniture yang multifungsi alias serba guna. Hal itu bukan tanpa sebab, karena penggunaan furniture yang multifungsi tidak terlalu memakan banyak kapasitas ruangan.

Penggunaan Furniture yang Multifungsi

Seperti halnya penggunaan sofabed yang bisa digunakan sebagai tempat duduk maupun tempat tidur. Bukan hanya itu, terdapat pula sofa yang memiliki laci di bagian bawah atau belakangnya.

Selain dari segi jenis furniturenya, ternyata penempatan furniture juga sangat berpengaruh terhadap tingkat keindahan rumah.

6. Menonjolkan Tema Minimalis

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kebanyakan rumah di Korea Selatan selalu mengusung tema minimalis karena dinilai lebih simple namun masih tetap elegan.

Menonjolkan Tema Minimalis

Tema minimalis tersebut bisa kamu dapatkan pada penggunaan cat dinding yang berwarna netral cerah, seperti putih, abu tua, abu muda, krem, dan lain sebagainya.

Selain dapat memperindah tampilan rumah, penggunaan warna-warna netral ini juga dapat menciptakan ilusi sehingga ruangan rumahmu tampak terlihat lebih luas.

Baca juga: Berbagai Ide Desain Interior Klasik Untuk Kantor

7. Menampilkan Tema Terbuka (Open Plan)

Open plan juga merupakan salah satu tema rumah yang kerap diaplikasikan di daerah perkotaan Korea selatan. Adapun mengenai pengertian dari tema open plan yang dimaksud, yakni tidak banyak menggunakan sekat pembatas antar ruangan.

Menampilkan Tema Terbuka (Open Plan)

Pasalnya, tema open plan sudah terbukti dapat menghadirkan kesan yang lebih otentik. Menariknya lagi, bahkan tema interor yang satu ini juga merupakan pilihan paling tepat untuk rumah yang berukuran kecil.

Dalam hal ini, kamu bisa menggabungkan dua sampai tiga ruangan menjadi satu. Sebagai contohnya, kamu menggabungkan ruang keluarga dengan ruang makan. Tak hanya itu, pastikan juga bahwa semua barang-barang yang ada di rumah harus ditata dengan baik agar terlihat lebih rapih dan tidak sumpek.

Nah, itu dia 7 langkah yang dapat kamu lakukan untuk menata dekorasi interior rumah ala Korea Selatan. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?