Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Jangan Sampai Salah Pilih! Berikut Perbedaan Granite dan Marmer

 

Perbedaan granite dan marmer

Bagi sebagian orang, mungkin Perbedaan granite dan marmer memang cukup sulit untuk diketahui. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kedua material tersebut memiliki tampilan yang hampir sama.

Begitu juga dengan fungsinya yang serupa, yakni untuk pelapis lantai, dinding, meja dapur, hingga furniture lainnya.

Meskipun hampir sama, ternyata ada beberapa poin yang menjadi pembeda antara granite dengan marmer lho.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai perbedaan granite dengan marmer, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Perbandingan Granite Vs Marmer

1. Perbandingan Motif

Faktor pertama yang menjadi pembeda antara granite dan marmer, yakni dari segi motif.

Biasanya, granite tampil dengan motif menyerupai bintik-bintik yang timbul secara alami dari proses peleburan bebatuan yang menjadi satu.

Perbandingan Motif granite dan marmer

Berbeda dengan marmer, dimana ia mengusung motif berbentuk garis-garis urat yang halus. Dengan kata lain, motif urat pada marmer terbentuk dari hasil kotoran mineral yang mengendap.

Mengingat keduanya sama-sama terbentuk karena proses alami, maka tak heran jika motif yang ditampilkan satu sama lainnya tampak tidak serasi.

Baca juga: Rekomendasi Pilihan Granite Motif Marmer Terbaru 2023

2. Perbandingan Karakteristik

Tak hanya dari segi motif, perbedaan antara granite dan marmer juga terlihat dari segi karakteristiknya. Mengenai tingkat ketahanannya, granite memang lebih baik ketimbang marmer.

Perbandingan Karakteristik granite dan marmer

Namun, permukaan pada kedua material tersebut sama-sama memliki pori. Jadi, ketika ada cairan yang tumpah diatas lantai granite maupun marmer, maka akan meresap kedalam pori-por sehinggga membuat kotoran tersebut cukup sulit untuk dihilangkan.

Akan tetapi, material marmer lebih mudah menyerap cairan dibandingkan dengan granite. Maka dari itu, pemasangan lantai marmer harus diberi nat yang tidak berpasir.

Disamping itu, material marmer juga cukup rentan terhadap panas maupun tumpahan cairan asam. Saat terkena panas, maka marmer akan mengalami kerusakan seperti terjadi retak.

Begitu pula saat terkena tumpahan cairan asam yang akan membuat permukaan marmer terlihat kusam.

Guna mengatasi masalah tersebut, maka permukaan marmer harus dipoles dan di dempul dengan menggunakan sealant agar tingkat ketahanannya tetap terjaga.

3. Perbandingan Tingkat Perawatan

Dikarenakan granite dan marmer sama-sama memiliki pori-pori yang cukup besar, tentunya kedua material tersebut sama-sama membutuhkan perhatian ekstra karena sifatnya yang rentan terhadap kotoran.

Perbandingan Tingkat Perawatan granite dan marmer

Maka dari itu, usahakan untuk langsung membersihkan permukaan granite maupun marmer saat terkena tumpahan cairan, terlebih pada cairan yang bersifat asam atau berbahan kimia.

Pasalnya, cairan noda yang tidak langsung dibersihkan akan menyerap kedalam pori-pori sehingga membuatnya sulit untuk dibersihkan.

Baca juga: Perbedaan Lantai Porselen Dengan Keramik

4. Perbandingan Daya Tahan

Kabarnya, material granite memiliki tingkat kekerasan 6 hingga 7 pada skala Mohs yang menjadikannya mampu menahan goresan dan kerusakan akibat panas.

Perbandingan Daya Tahan granite dan marmer

Itu artinya, material granite cocok diaplikasikan di area dapur maupun area outdoor. Tak Cuma itu, material granite juga tidak akan mudah mengalami lecet dan berubah warna seriring dengan usia pemakaian.

Lain halnya dengan material marmer, yang mana tingkat kekerasannya hanya mencapai 3 sampai 5 Mohs. Sehingga daya tahan marmer tidaklah sebagus material granite.

Marmer tidak cocok diaplikasikan di area dapur, karena ia rentan mengalami kerusakan akibat suhu panas maupun karena tumpahan noda yang berupa cairan.

5. Perbedaan Penempatan

Perbedaan Penempatan granite dan marmer

Dikarenakan tingkat ketahanan granite lebih baik dari marmer, tentu saja hal itu membuatnya cocok diaplikasikan di seluruh ruangan, termasuk area dapur dan kamar mandi.

Sedangkan material marmer lebih cocok ditempatkan di area yang tidak terlalu sering dilalui oleh penghuni rumah, seperti kamar mandi, bak mandi, dinding shower, lantai, dan sebagainya.

6. Perbedaan Harga

Pada dasarnya, granite dan marmer sama-sama menawarkan harga yang cukup mahal. Selain menawarkan harga yang mahal, biaya untuk perawatan pada marmer dan granite juga terbilang tinggi.

Perbedaan Harga granite dan marmer

Pada umumnya, harga granite dipasaran cukup bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per meter perseginya.

Lantas, bagaimana dengan harga marmer?

Informasi Terkait: Review Harga Lantai Marmer Ukuran 100x100 yang Terbarunya

Nah, seperti itulah beberapa perbedaan yang dapat kamu ketahui diantara granite dan marmer.