Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ini Dia Model Roster Minimalis yang Sedang Trend Dikalangan Arsitek

desain Roster minimalis

Roster minimalis – Mungkin masih ada sebagian dari masyarakat yang belum familiar dengan roster. Pada dasarnya, roster merupakan sebuah material bangunan yang difungsikan sebagai dinding penyekat.

Tak hanya itu, roster juga bisa diaplikasikan sebagai pagar hunian lho. Umumnya, roster tampil dengan lubang yang mengusung motif tertentu sehingga dapat disesuaikan dengan konsep rumah.

Selain mempercantik hunian, fungsi roster pun mampu memaksimalkan sirkulasi udara berkat lubang-lubang yang ada di bagian tengahnya.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar beberapa model desan roster minimalis yang sedang trend dikalangan arsitek.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

7 Contoh Model Roster Terbaik

1. Roster Keramik Desain Kontemporer

Roster Keramik Desain Kontemporer

Bagi kamu yang ingin menghadirkan nuansa tradisional pada eksterior hunian, maka roster keramik dengan desain kontemporer ini merupakan pilihan paling tepat.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena model roster yang satu ini mengusung varian warna menarik, seperti kuning, merah, hingga coklat.

Baca juga: Material Wall Panel Terbaik Untuk Mempercantik Interior Rumah

2. Roster Beton Minimalis Desain Kotak

Roster Beton Minimalis Desain Kotak
foto@Rumah.com

Tak hanya kuat dan kokoh, penggunaan roster beton dengan desain kotak ini juga dapat memperindah tampilan eksterior rumah.

Biar nuansanya lebih hidup, kamu pun bisa mengecat roster beton tersebut dengan warna yang sesuai warna dinding rumah.

3. Roster Minimalis Artistik

Roster Minimalis Artistik
foto@Desain.id

Untuk mempertegas nilai artistik pada eksterior rumah, tentu saja dibutuhkan kreativitas serta inovasi baru yang anti-mainstream.

Dalam hal ini, kamu tidak perlu ragu untuk menciptakan lubang dengan variasi berbeda, kemudian lapisi dengan warna cat kesukaanmu.

4. Roster Ventilasi Minimalis

Roster Ventilasi Minimalis
foto@Asiacon

Perlu diketahui, fungsi roster minimalis juga dapat dimaksimalkan dari segi desain dengan memberi tambahan struktur ventilasi yang berukuran besar.

Berkat adanya lubang di salah satu fasad tersebut, tentu saja hal ini akan membuat suhu di dalam ruangan tetap sejuk di siang hari.

5. Roster Bata Estetis

Roster Bata Estetis
foto@Google

Apabila harga roster beton dirasa kemahalan, maka kamu bisa menggunakan material bata merah sebagai alternatif terbaiknya.

Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun penggunaan roster berbahan bata juga dapat meningkatkan nilai keindahan pada hunian lho.

Baca juga: Ketahui Keunggulan dan kekurangan Bata Hebel (Bata Ringan)

6. Roster Batu Minimalis

roster batu minimalis

Siapa bilang bahwa material batu tidak memiliki nilai artistik? Buktinya, roster yang berbahan batu ini dapat menciptakan kesan yang lebih natural dan elegan.

Dalam hal ini, kamu bisa menempatkan roster batu alam tersebut sebagai partisi atau dinding penyekat di area halaman rumah.

7. Desain Roster Kayu

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa penggunaan material kayu semakin banyak diminati untuk mempercantik interior maupun eksterior rumah.

Desain Roster Kayu
foto@99.co

Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu dapat menyuguhkan kesan yang lebih natural dan mewah.

Seperti halnya penggunaan roster yang berbahan kayu, sehingga tampilan rumahmu akan memiliki nilai seni yang begitu tinggi.

Baca juga: Inspirasi Desain Pagar Kayu Balkon Untuk Memperindah Tampilan Rumahmu!

Berbagai Risiko Penggunaan Roster

Setiap jenis material bangunan itu pasti memliki risikonya tersendiri, begitu juga dengan roster. Adapun mengenai beberapa risiko dari penggunaan roster seperti berikut:

  • Roster yang diaplikasikan di area outdoor akan ditumbuhi dengan lumut dan mikror-organisme lainnya akibat perubahan cuaca
  • Paparan sinar matahari dan guyuran air hujan dapat meningkatkan potensi terjadinya korosi pada roster
  • Untuk roster yang berbahan kayu, biasanya akan mengalami pelapukan dan serangan rayap
  • Mortar yang digunakan untuk memasang roster bisa mengalami keropos, jika tidak diberi perawatan
  • Roster memiliki pori-pori yang akan menjadi endapan air sehingga dapat merusak strukturnya
  • Permukaan warna roster bisa mengalami peudaran seiring usia penggunaan

Tips Merawat Roster:

  • Jika roster yang kamu gunakan itu terbuat dari bahan granit, maka kamu hanya tinggal mengelapnya menggunakan kain atau kemoceng
  • Berbeda dengan roster berbahan konkrit, maka harus diberi cat waterproof untuk melindungi permukaannya dari faktor cuaca seperti terik matahari dan hujan
  • Agar tidak terjadi pengendapan air, maka harus dilakukan coating setahun sekali pada roster
  • Cek bagian mortar yang terlihat keropos, lalu tambahkan lagi mortar pada sela-sela roster untuk memperkuat kembali strukturnya
  • Apabila warna roster sudah memudar, disarankan bagi kamu untuk melakukan pengecatan ulang agar tampilannya seperti baru lagi.

Nah, seperti itulah berbagai model roster yang ngehits dikalangan arsitek, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.