Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Intip Kelebihan dan Kekurangan Genteng Aspal (Bitumen)

 

Keunggulan kekurangan genteng aspal

Keunggulan kekurangan genteng aspal – Genteng memang menjadi salah satu komponen yang tak dapat dipisahkan dalam sebuah bangunan.

Pasalnya, genteng berperan sebagai pelindung dari berbagai faktor cuaca seperti guyuran hujan, sorotan matahari, terpaan angin, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, bahkan keberadaan genteng juga dapat meningkatkan nilai estetika pada hunian. Namun, hal tersebut tergantung lagi pada jenis genteng yang digunakan.

Sebab pada masing-masing jenis genteng memiliki ciri khas tesendiri. Genteng aspal atau bitumen menjadi salah satu jenisnya yang saat ini cukup diminati oleh masyarakat.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar keunggulan dan kekurangan genteng aspal.

Keunggulan Genteng Aspal

1. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrim

Keunggulan pertama dari genteng aspal yang harus kamu ketahui, yakni tahan terhadap cuaca ekstrim seperti guyuran hujan maupun paparan sinar matahari.

Keunggulan Genteng Aspal

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, genteng aspal tidak mudah mengalami retak, pecah, serta tahan pada perubahan suhu.

Dari segi material, genteng aspal terbuat dari campuran bahan aspal, serat kaca, dan sebagainya yang dapat menciptakan struktural kokoh dan kuat.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika genteng aspal tahan terhadap gesekan dan tekanan.

Baca juga: Jenis Bahan Rangka Atap

2. Tampilan yang Menarik

Selain tahan terhadap cuaca, genteng aspal juga memiliki tampilan yang unik dan menarik lho. Genteng ini tersedia kedalam berbagai warna, tekstur, dan bentuk yang dapat kamu pilih sesuai selera.

Keunggulan Genteng Aspal

Adapun mengenai beragam bentuk genteng aspal yang bisa dipilih, seperti bentuk genteng tanah liat, genteng kayu, dan masih banyak lagi.

Tak hanya bentuknya yang bervariasi, genteng aspal juga menghadirkan varian warna yang akan membuatmu lebih leluasa lagi dalam memilihnya.

3. Harga yang Relatif Terjangkau

Dari segi harga, genteng aspal memang menawarkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan jenis genteng metal maupun genteng beton.

Keunggulan Genteng Aspal

Tentu saja faktor ini sangatlah penting bagi mereka yang mencari solusi atap berkualitas dengan harga terjangkau.

Meski harganya lebih terjangkau, namun tingkat ketahanan dan kekuatan genteng aspal tidaklah murahan lho!

Disisi lain, biaya pemasangan genteng aspal juga cenderung lebih murah ketimbang jenis genteng lainnya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena proses pemasangan genteng aspal terbilang cukup mudah sehingga tidak akan memakan waktu yang lama.

Baca juga: Review Harga Genteng Metal Bandung Terbaru 2024

4. Proses Perawatan yang Mudah

Keunggulan berikutnya dari genteng aspal yang harus kamu ketahui, yakni proses perawatannya yang cukup mudah.

Keunggulan Genteng Aspal

Untuk menjaga tampilan genteng aspal agar tetap indah, kamu hanya perlu membersihkannya dengan air saja.

Sebab genteng aspal memang memiliki sifat anti jamur, lumut, dan partikel lainnya sehingga tidak memerlukan perawatan tambahan.

Melalui proses perawatan yang cenderung simple, namun genteng aspal masih tetap dalam kondisi maksimal selama bertahun-tahun.

Tentu saja hal ini akan membantu untuk menghemat biaya perawatan dalam jangka panjang.

Kekurangan Genteng Beton

1. Usia Pemakaian yang Terbatas

Dibalik keunggulannya, terdapat juga beberapa kekurangan dari genteng aspal yang harus dipertimbangkan.

Salah satu kekurangan genteng aspal adalah usia pemakaiannya yang relatif pendek. Menurut informasi yang didapat, usia pakai genteng aspal hanya mampu bertahan selama 20 sampai 30 tahun.

Namun, awet atau tidaknya genteng aspal juga akan dipengaruhi oleh faktor iklim, perawatan, dan proses pemasangan.

Terlebih untuk paparan sinar matahari dan kelembaban yang bisa membuat genteng aspal mengalami degradarsi, serat-serat yang terkelupas, hingga terjadi keretakan pada permukaannya.

Kabar baiknya, genteng aspal bisa bertahan lebih lama lagi yakni sekitar 50 tahun ketika diberi perawatan secara rutin.

Baca juga: Jenis-jenis Kamera CCTV

2. Rawan Terhadap Kerusakan

Kendati genteng aspal memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap cuaca ekstrim, nyatanya ia tidak terlau tahan terhadap goresan dan benturan keras.

Oleh karena itu, pastikan dihalaman rumahmu tidak ada dahan-dahan pohon yang mengenai genteng aspal. Sebab ranting-ranting dari pohon dapat menciptakan gorsan pada permukaan gentengnya.

Bahkan, goresan dari dahan pohon juga tak jarang membuat keretakan yang cukup besar sehingga mengakibatkan kebocoran.

Disisi lain, ternyata genteng aspal pun rentan terlepas karena terpaan angin kencang. Untuk mengantisipasi masalah ini, maka proses pemasangan genteng aspal harus dilakukan dengan benar.

3. Membutuhkan Perawatan yang Rutin

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa proses perawatan genteng aspal terbilang cukup mudah.

Akan tetapi, faktanya perawatan pada genteng aspal tidaklah semudah yang dibayangkan lho. Dalam hal ini, kamu harus membersihkan periodik dengan air serta pengecekan secara berkala untuk mengetahui adanya kerusakan maupun kebocoran pada genteng aspal.

Tak hanya itu, bahkan genteng aspal juga mudah ditumbuhi oleh lumut dan jamur seiring dengan waktu pemakaian.

Pada intinya, genteng aspal tetap harus diberi perawatan secara rutin guna menjaga kualitasnya secara keseluruhan.

Baca Juga: Ciri Khas Kayu Oak

4. Mengandung Zat Kimia

Kabarnya, ada beberapa brand genteng aspal yang dianggap tidak terlalu ramah terhadap lingkungan. Pasalnya, genteng aspal tersebut memiliki kandungan bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya.

Tentu saja pada proses pembuatannya bisa menghasilkan polusi udara dan limbah yang sulit terurai. Bahkan, ada pula beberapa produk genteng aspal yang memiliki kandungan asbes.

Maka dari itu, disarankan bagi kamu untuk memilih produk genteng aspal yang tidak memiliki zat kimia maupun asbes agar aman saat digunakan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai keunggulan dan kekurangan genteng aspal, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Nah, bagi warga Bandung dan sekitarnya yang ingin membeli bahan bangunan dengan harga terjangkau, segera hubungi nomor 0811 2075 500 (Hendi)