Mqp4NaR5Map5NGZaLGtaMaV8NTcsynIkynwpACBc

Penting Untuk Mengetahui Perbandingan Plafon PVC dan Plafon Lambersering

plafon PVC dan plafon lambersering memiliki ciri khas yang berbeda, sehingga ha…

BLANTERLANDINGv101
6993287981039837150

Penting Untuk Mengetahui Perbandingan Plafon PVC dan Plafon Lambersering

Kamis, 18 Maret 2021
plafon pvc vs plafon lambersering

Selain berguna untuk melindungi kelistrikan di rumah, penggunaan plafon juga berguna untuk melindungi ruangan dari percikan air hujan maupun rembesan yang masuk melalui celah genteng. Lebih lanjutnya lagi, plafon alias langit-langit ini berperan sebagai pengatur suhu didalam ruangan lho. 

Ketika musim panas tiba, maka plafon akan meredam hawa panas sehingga suhu dalam ruangan akan tetap sejuk. Begitu juga saat musim dingin tiba, yang mana plafon ini memiliki memampuan untuk menciptakan nuansa hangat. 

Ada banyak sekali jenis-jenis plafon yang tersedia dipasaran, dimana masing-masing jenisnya memiliki ciri khas berbeda. 

Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas dua jenis plafon saja, yakni plafon PVC dan plafon lembersering. Nah, untuk mengetahui tentang perbandingan kedua jenis plafon tersebut, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Mengenal Plafon PVC

plafon pvc

Istilah PVC itu sendiri merupakan singkatan dari Polyvinyl Chloride, dimana ia adalah material sejenis polimer yang kerap dijadikan bahan baku untuk pembuatan paralon (pipa air). Namun, terdapat perbedaan pada proses pengolahan PVC untuk pipa air dan plafon. 

Baca Juga : Harga Paralon di Bandung Terbaru

Menurut informasi yang didapat, material PVC diproduksi kedalam dua bentuk berbeda. Proses yang pertama, PVC akan diolah menjadi bahan yang bertekstur keras, sedangkan proses kedua akan dibuat bertekstur elastis atau lentur. 

Nah, PVC bertekstur elastis tersebutlah yang sering dijadikan bahan untuk pekerjaan struktur rumah hunian, gedung, perkantoran, sekolahan, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, PVC yang bertekstur elastis ini merupaan bahan alternatif untuk pembuatan plafon PVC. 

Keunggulan Plafon PVC

  • Tahan terhadap serangan rayap dan air
  • Memiliki bobot yang lebih ringan
  • Kuat dan tidak mudah pecah
  • Awet dan bisa digunakan hingga puluhan tahun
  • Proses pemasangan yang mudah
  • Tidak membutuhkan perawatan khusus
  • Harga relatif murah

Kekurangan Plafon PVC

  • Dinilai kurang bagus untuk kesehatan karena bersifat racun (ketika berubah menjadi gas)
  • Jika tidak diberi motif, maka tampilan plafon PVC akan terkesan monoton
  • Plafon PVC sulit didaur ulang

Jenis-jenis Plafon PVC

1. Plafon PVC Motif Kayu

wood motif pvc ceiling

Sesuai dengan namanya, dimana jenis plafon PVC yang satu ini tampil dengan motif menyerupai kayu. Adapun mengenai berbagai varian plafon PVC motif kayu yang tersedia, seperti flat doff rose wood, flat dove walnut rose, dan flat gloss brown wood grain. 

Dengan menggunakan plafon PVC motif kayu ini, tentu saja tampilan rumahmu akan lebih berbeda dari biasanya. 

2. Plafon PVC Motif Garis

plafon pvc otif garis

Begitu pun dengan plafon PVC motif garis yang menyediakan berbagai varian model, mulai dari hologram wood, hologram line, silver hybrid, hingga red peach hybrid. Untuk mendapatkan tampilan motif yang lebih menarik, kamu bisa mengkombinasikan beberapa warna tersebut.

Jika ada ukuran yang tidak sesuai, kamu pun bisa memotong sedikit plafon PVC tersebut dengan mudah. Sementara panel untuk plafon PVC mempunyai beberapa kategori yang akan dibagi secara kondisional. 
Setelah mengetahui tentang plafon PVC, mari kita lanjutkan ke pembahasan tentang plafon lambersering

Mengenal Plafon Lambersering

plafon lambersering

Lambersering atau yang biasa disebut dengan istilah plafon kayu memang terkenal dengan keindahan warna dan pola seratnya. Dengan demikian, maka tak heran juga jika penggunaan plafon kayu ini dapat menonjolkan sisi natural, hangat, dan elegan. 
Seperti halnya plafon PVC, yang mana plafon lambersering juga menyediakan beragam desain dan motif serasi. Hasilnya, penggunaan plafon lambersering akan menyulap tampilan rumahmu seperti sebuah villa. 


Bukan hanya itu, bahkan plafon lambersering juga menyediakan berbagai varian pola, bentuk, warna, dan jenis kayunya lho. Tentu saja hal itu dapat memudahkanmu dalam memilih jenis plafon lambersering yang sesuai dengan konsep rumah.  

Adapun mengenai beragam keunggulan dan kekurangan plafon lambersering seperti dibawah ini :

Keunggulan Plafon Lambersering

  • Dapat menyuguhkan kesan mewah, elegan, natural, dan hangat
  • Bisa dijadikan investasi jangka panjang
  • Proses pemasangan yang cukup mudah (berkat profile alur dan lidah yang dimilikinya)
  • Kokoh dan awet sehingga dapat digunakan hingga ratusan tahun
  • Tingkat pemuaian dan penyusutan yang cukup rendah
  • Dapat meredam suara berisik dari arah luar
  • Mampu menciptakan suhu hangat dan sejuk dalam ruangan
  • Cocok dipasang di semua jenis bangunan
  • Tahan terhadap serangan rayap dan jamur

kekurangan Plafon Lambersering

Harga yang lebih mahal dari plafon PVC
Bobot plafon lambersering lebih berat dari plafon PVC
Berpotensi terjadi kerusakan dan pelapukan, apabila tidak dirawat dengan baik
Membutuhkan perawatan ekstra
Sulit untuk mendapatkan plaon lambersering yang berkualitas

Jenis-jenis Plafon Lambersering

1. Plafon Kayu Keruing

plafon keruing

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa plafon kayu keruing adalah yang paling laris diantara jenis plafon kayu lainny. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat karakteristik kayu keruing sudah memenuhi standarisasi produk plafon lambersering. 

Bahkan yang lebih menariknya lagi, bobot plafon kayu keruing ini pun lebih ringan lho. Meski bobotnya ringan, namun kualitas dan tingkat kekuatan kayu keruing tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, plafon kayu keruing dapat digunakan hingga puluhan bahkan ratusan tahun. 

Tak cuma itu, plafon keruing ini juga tampil dengan warna dan pola serat indah sehingga dapat meningkatkan nilai estetika pada rumahmu. 

2. Plafon Kayu Merbau

lambersering merbau

Biasanya kayu merbau sering dijadikan bahan baku untuk pembuatan produk lantai kayu parket dan wood decking, karena teksturnya yang keras serta tebal. 
Mengingat ukuran kayu merbau yang tebal, apakah ia bisa dijadikan produk plafon lambersering?
Untuk kebutuhan produk plafon lambersering, maka kayu merbau akan dibuat menjadi lebih tipis lagi sehingga bobotnya pun akan jauh lebih ringan. Dengan kata lain, kayu merbau bisa dijadikan bahan baku untuk pembuatan plafon lambersering. 

Disamping teksturnya yang keras dan kokoh, plafon kayu merbau mengusung warna merah kecoklatan dengan pola serat lurus, yang tentu saja dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. 

3. Plafon Kayu Kumea

lambersering kumea

Berikutnya ada jenis plafon kayu kumea yang memang terkenal dengan tingkat kekuatannya serta keindahan pola seratnya. Tentu saja penggunaan plafon kayu kumea tersebut akan menyulap tampilan rumahmu tampak lebih mewah, elegan, hangat, dan alami. 

4. Plafon Kayu Agathis 

lambersering agathis

Selain teksturnya yang halus dan lembut, bahkan bobot kayu agathis ini adalah yang paling ringan diantara jenis kayu lainnya. Belum lagi dengan karakteristiknya yang kuat, sehingga kayu agathis sangat cocok dijadikan produk plafon lambersering. 

5. Plafon Kayu Momala (Gia)


Kayu momala banyak dijumpai didaerah Sulawesi yang memang terkenal sebagai salah satu jenis kayu terbaik di Indonesia. Pasalnya, jenis kayu yang satu ini udah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca dan air. 

Belum lagi dengan tampilan warna dan pola seratnya yang begitu indah, sehingga penggunaan plafon kayu momala ini dapat mempercantik hunian rumahmu.  

Untuk info pemesanan plafon lambersering, silahkan hubungi marketing kami di nomor (022) 6078 505 / 0811 203 900, atau Klik Disini

Seperti itulah perbandingan antara plafon PVC dan plafon lambersering, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. 

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang