Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

List Kayu Vs List Gypsum? Mana yang Lebih Bagus

List Kayu Vs List Gypsum

List kayu Vs List Gypsum – Setiap material bangunan pasti membutuhkan dukungan material lainnya guna menciptakan struktur yang lebih kuat. Begitu pun dengan plafon yang membutuhkan dukungan list agar tampilannya semakin terlihat rapi dan kokoh.

Namun, masih ada saja sebagian masyarakat yang belum terlalu paham mengenai fungsi dari list itu sendiri. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar list plafon, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian List Plafon

Pengertian List Plafon

Pada dasarnya, List plafon berperan sebagai penghubung antara permukaan plafon dengan dinding yang saling menempel. Tak hanya dapat memperindah tampilan plafon, penggunaan list plafon juga dapat memperkuat struktur plafon tersebut.

Ada beragam jenis material list plafon yang tersedia dipasaran, sehingga bisa kita pilih sesuai konsep rumah. Namun, jenis material yang paling banyak diminati itu berupa list plafon kayu dan gypsum. 

Lantas, mana yang lebih bagus diantara list plafon kayu dengan list gypsum….???

Perbedaan List Plafon Kayu dan Plafon Gypsum

1. Material

List PLafon Kayu

List PLafon Kayu

Sesuai dengan namanya, list plafon kayu menggunakan material kayu sebagai bahan dasarnya untuk menahan serta menutup celah di sekitar plafon dengan dinding.

Tak hanya berlaku untuk plafon kayu saja, bahkan lis kayu tersebut juga bisa digunakan untuk material plafon lainnya seperti asbes, plafon PVC, plafon GRC, dan lain sebagainya. Adapun mengenai jenis kayu yang digunakan untuk bahan lis plafon bukanlah kayu sembarangan.

Pasalnya, kayu yang digunakan list plafon tersebut harus memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang mumpuni. Terdapat jenis-jenis kayu terbaik untuk list plafon kayu, seperti kayu jati, merbau, bengkirai, meranti, mahoni, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Seperti Inilah Keunggulan dan Kekurangan Plafon GRC

List Plafon Gypsum

List Plafon Gypsum

Jenis list plafon gypsum memang sudah tidak asing lagi dalam dunia konstruksi di Indonesia. Hal itu pun terbukti, yang mana sebagain besar bangunan di Indonesia menggunakan list plafon  berbahan gypsum sebagai material penutup langit-langit bangunan.

Salah satu keunggulan dari list plafon gypsum, yakni bisa diukir atau di desain sesuai pesanan. Alhasil, penggunaan plafon gypsum tersebut dapat menonjolkan nuansa yang lebih mewah dan elegan.

Pada umumnya, produk lis plafon gypsum tersedia ke dalam berbagai macam ukuran. Adapun mengenai ukuran lebarnya yang dimulai dari 4 cm, 5 cm, 6 cm, hingga 24 cm. Sedangkan untuk ukuran panjangnya berada di kisaran 2 m, 2,2 m, dan 2,4 m.

2. Tingkat Keindahan

tingkat keindahan  List Kayu Vs List Gypsum

Dinilai dari tingkat keindahannya, para ahli bangunan sepakat bahwa list plafon kayu lebih unggul dari list plafon gypsum. Hal itu bukan tanpa alasan, karena list plafon kayu tampil dengan pola serat dan warna yang begitu khas sehingga dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan alami.

3. Tekstur dan Tingkat Kekuatan

perbandingan Tekstur dan Tingkat Kekuatan

Jika list plafon kayu lebih unggul dari tingkat keindahannya, maka list plafon gypsum unggul dari segi teksturnya. Hal itu pun terbukti, dimana list plafon gypsum mempunyai tekstur yang lebih halus ketimbang list plafon kayu.

Akan tetapi, list plafon kayu lagi-lagi unggul dari segi tingkat kekuatannya dibanding list plafon gypsum. Mengingat teksturnya yang lebih keras, secara otomatis tingkat kekuatan list plafon kayu lebih unggul dari list plafon gypsum. Sehingga tak heran juga jika list plafon kayu dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

4. Harga

perbandingan harga

Dikarenakan kualitas plafon kayu memiliki banyak keunggulan, maka tak heran jika harga list plafon kayu lebih mahal dari list plafon gypsum. Meski menawarkan harga yang mahal, namun kualitas list plafon kayu tidak akan mengecewakan.

Artikel Terkait : Perbandingan Plafon PVC Vs Plafon Lambersering

Kelebihan dan Kekurangan List Plafon Kayu

Kelebihan

  • Tidak sulit dijumpai dipasaran
  • Dapat mempertegas kesan mewah, elegan dan natural
  • Kokoh dan kuat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
  • Dapat mengeluarkan aroma khas kayu yang membuat nyaman
  • Tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap

Kekurangan

  • Menawarkan harga yang lebih mahal
  • Membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kualitasnya
  • Proses pemasangan yang cukup rumit

Kelebihan dan Kekurangan List Plafon Gypsum

Kelebihan

  • Memiliki bobot yang ringan dan bertekstur halus
  • Menawarkan harga yang lebih murah dari lis plafon kayu
  • Proses pemasangan yang mudah
  • Tidak sulit dijumpai di pasaran
  • Dapat memperindah tampilan hunian

Kekurangan

  • Rentan terhadap benturan sehingga mudah retak
  • Tidak sekuat lis plafon kayu
  • Tampilannya yang biasa-biasa saja
  • Tidak seindah list plafon kayu

Mengenal Jenis List Plafon Lainnya

Selain kayu dan gypsum, tentunya masih ada lagi beberapa jenis material lainnya yang kerap digunakan untuk list plafon. Adapun mengenai jenis-jenis material list plafon yang dimaksud seperti di bawah ini.

1. List Plafon PVC

List Plafon PVC

Istilah PVC itu sendiri merupakan singkatan dari kata poly vinyl chloride, dimana ia sejenis material polimer plastik yang dicampur dengan bahan-bahan kimia lainnya. Sehingga tak heran jika material PVC memiliki tekstur yang lentur dan elastis.

Adapun mengenai tiga lapisan utama yang dimilikinya, seperti compact layer, glass fiber, dan printed layer.

Sedangkan bagian finishing terluarnya berupa UV Coated Wear layer, sehingga tampilannya tampak lebih mengkilap dan terkesan licin. Selain menyediakan motif kayu, lis plafon PVC juga tersedia kedalam beberapa motif lainnya seperti batu-batuan, keramik, dan masih banyak lagi.

Artikel Serupa : Mengulas Harga Plafon PVC Per Meter Terbaru 2022

2. List Plafon Plastik

List Plafon Plastik

List yang terbuat dari bahan plastik ini memang sangat mirip dengan jenis lis plafon PVC. Bukan hanya itu, bahkan keduanya pun sama-sama memiliki sifat elastis dan ringan. Begitu juga dengan fungsinya, yang mana list plafon plastik ini berguna untuk melindungi area plafon dan dinding.

Ketika akan diaplikasikan, biasanya permukaan list plastik yang digunakan harus mempunyai tekstur kasar.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari area dinding dari gesekkan, dan meindunginya dari berbagai benturan keras. Tentu saja penggunaan list plafon plastik pada ini merupakan pilihan paling tepat untuk meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian.

3. List Plafon MDF

List Plafon MDF

Jenis material list plafon terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Plint MDF dimana ia sejenis kayu olahan. Pemasangan lis plafon MDF ini dapat memudahkan proses pengacian pada sudut dinding. Lantas, apa yang dimaksud dengan proses pengacian?

Perlu kalian ketahui, acian tersebut merupakan proses finishing yang dilakukan setelah proses plesteran. Acian ini biasanya akan dilakukan untuk menutupi pori-pori di plesteran dinding.

Baca Juga : Inilah Beberapa Jenis Dinding Kayu Terbaik dan Terlaris Dipasaran

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai perbandingan list plafon kayu vs gypsum sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.