Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Warna Keramik yang Cocok Untuk Ruang Tamu

 

warna keramik untuk ruang tamu

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sebuah hunian itu tidak bisa dipisahkan dari keberadaan lantai. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai memiliki peran penting untuk meningkatkan kenyamanan dalam pijakan. Bahkan, penggunaan lantai juga dapat mempercantik tampilan hunian itu sendiri.

Terdapat beragam jenis material penutup lantai yang tersedia dipasaran, dimana masing-masingnya memiliki ciri khas tersendiri. Namun, tampkanya sebagian besar hunian di Indonesia banyak yang menggunakan lantai keramik ketimbang jenis lantai lainnya, seperti lantai kayu, lantai marmer, lantai granit, dan sebagainya.

Nah, untuk megetahui tentang seluk beuk dari keramik, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Serba Serbi Keramik

Menurut informasi yang di dapat, istilah keramik diambil dari bahasa Yunani kuno “keramos” yang artinya “tanah liat”. Keramik itu sendiri merupakan cakupan untuk semua benda yang terbuat dari bahan tanah liat, yang diproses melalui pembakaran hingga teksturnya mengeras.

Adapun unsur-unsur bahan lainnya yang ikut terlibat dalam pembuatan keramik, seperti semen, gibs, besi, dan lain sebagainya. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika penyebutan keramik sangatlah beragam, mulai dari porselen, mayolika, tembikar, gerabah, cermet, dan sebagainya.

Sejarah Keramik di Indonesia

Berdasarkan catatan sejarah, yang menyebutkan bahwa keramik sudah dikenal di Indonesia sejak jaman Neolithikum, atau diperkirakan dalam rentang waktu 2500 SM – 1000 SM. Peninggalan zaman tersebut diperkirakan banyak dipengaruhi oleh para imigran dari Asia Tenggara, yang berupa ilmu kelautan, pertanian, dan peternakan.

Artikel Terkait : Daftar Harga Keramik di Bandung

Pada mulanya manusa di jaman itu kerap membuat alat bantu untuk kebutuhan hidupnya, seperti kapak yang terbuat dari bahan batu. Contohnya di Pulau Sumatera, yang kala itu banyak ditemukan pecahan-pecahan periuk belanga di Bukit Kulit Kerang.

Seiring dengan berjalannya waktu, keramik pun mengalami kemajuan yang sangat pesat hingga fungsinya dijadikan sebagai bahan penutup lantai seperti sekarang ini.

Ngomong-ngomong soal keramik, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan mengulas seputar rekomendasi warna keramik yang cocok untuk ruang tamu.

Warna Keramik Terbaik Untuk Ruang Tamu

1. Keramik Motif Mozaik

keramik mozaic

Ini dia salah satu jenis keramik yang memang paling banyak dicari daripada jenis keramik lainnya. Keramik mozaik tampil dengan mengusung motif kotak-kotak kecil yang berwarna abstrak, sehingga dapat menyuguhkan perpaduan nuansa klasik dan modern di dalam ruang tamu anda.

Selain ideal dipasang di area ruang tamu, bahkan keramik mozaik juga sangat ideal dipasang di area kamar mandi lho. Mengapa demikian? Ya, hal tersebut dikarenakan permukaan pada keramik mozaik mampu memberikan efek kesat sehingga membuatnya tidak licin saat terkena air.

2. Keramik Batu Alam Berwarna Abu-abu Gelap

Keramik Batu Alam Berwarna Abu-abu Gelap

Sesuai dengan namanya, yang mana jenis keramik ini terbuat dari bahan batu alam. Dalam mempercantik tampilan ruang tamu, kamu dapat memilih keramik batu alam abu-abu dengan model slate. Dengan menggunakan lantai keramik model slate abu-abu tersebut, maka jangan heran jika tampilan ruang tamunya akan tampak lebih natural dan elegan.

3. Keramik Motif Travertine Berwarna Cokelat

keramik travernite

Apabila keramik marmer dapat menonjolkan sisi kemewahan, maka penggunaan lantai keramik travertine yang berwarna cokelat ini dapat menyuguhkan nuansa vintage alias klasik. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat jenis keramik yang satu ini mengusung tekstur pecah-pecah sehingga dapat memberikan nilai estetika natural.

Bukan hanya itu, lantai keramik travertine juga memiliki garis-garis pecahan tidak berpola yang dijamin akan membuat tampilan ruang tamu anda akan lebih indah dari biasanya. Namun, desain keramik travertine cenderung berpori sehingga harus dibersihkan sesering mungkin agar kotoran tidak mengendap.

4. keramik Marmer Berwarna Putih

keramik Marmer Berwarna Putih

Jika anda ingin mendapatkan sensasi yang lebih mewah dan elegan di ruang tamu, maka penggunaan keramik marmer yang berwarna putih ini merupakan pilihan paling tepat. Ya, terang saja demikian, sebab jenis kermaik yang satu ini memiliki kilauan yang dapat menonjolkan sisi kemewahan di ruang tamu.

Belum lagi kilauan tersebut tampak serasi dengan coraknya, sehingga tampilan ruang tamu anda akan semakin sedap untuk dipandang. Tak hanya putih, terdapat juga beragam warna keramik marmer lainnya yang dapat anda pilih sesuai dengan konsep hunian rumah.

Akan tetapi, untuk mendapatkan jenis keramik marmer ini anda harus merogoh kantong cukup dalam lho. Pasalnya, harga keramik marmer memang lebih mahal dibanding dengan jenis keramik lainnya.

5. Keramik Linoleum Berwarna Hijau, Putih, Atau Cokelat

lantai linoleum

Jenis keramik yang satu ini terbuat dari bahan-bahan alami, sehingga sangat ideal diaplikasikan pada ruang tamu karena tidak akan menimbulkan alergi. Bukan hanya itu, bahkan keramik linoleum pun sudah terbukti kokoh dan tahan lama. Bahkan, cara perawatan pada lantai keramik linoleum juga tergolong cukup mudah.

Untuk mencegah dari masalah keropos saat terkena air, anda bisa memberikan lapisan anti abrasi pada permukaan lantai linoleum terebut.

6. Keramik Motif Kayu

keramik motif kayu

Jenis keramik terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk ruang tamu, yakni keramik motif kayu. Ya, sesuai dengan namanya, keramik ini mengusung tampilan warna dan motif yang menyerupai kayu asli.

Sehingga penggunaan keramik motif kayu ini dapat memberikan kesan natural, elegan, mewah, dan nyaman.

Baca Juga : Motif dan 5 Kelebihan Lantai Kayu yang Jarang Diketahui

Keunggulan dan Kekurangan Keramik

Pada dasarnya setiap jenis material lantai memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Ya, begitu juga dengan material keramik yang memiliki beragam keunggulan dan kekurangan seperti berikut :

Keunggulan

  • Lantai keramik memilki sifat yang tahan air, dikarenakan pada permukaannya terdapat lapisan khusus untuk melindungi dari air dan noda cairan.
  • Lantai keramik juga tahan terhadap tingkat kelembapan tinggi, sehingga cocok diaplikasikan pada area kamar mandi dan dapur
  • Dengan teksturnya yang begitu keras, tentu saja lantai keramik ini tidak sulit dipecahkan. Dinilai dari tingkat keawetannya, lain keramik dapat bertahan hingga 10 – 20 tahun
  • Ketika ada bagian yang retak dan pecah, maka lantai keramik ini bisa langsung diperbaiki atau diganti dengan mudah
  • Cara perawatan lantai keramik sangatlah mudah, dimana cukup dengan disapu dan di pel untuk membersihkan berbagai kotoran yang ada di permukaan lantai
  • Lantai keramik menyediakan berbagai macam desain dan motif, sehingga bisa kita sesuaikan dengan konsep rumah
  • Lantai keramik tidak akan menimbulkan alergi, karena bagian atasnya yang padat dan mulus sehingga tidak dapat menyerap butiran debu
  • Lantai keramik menawarkan harga terjangkau

Kekurangan

  • Tekstur permukaan yang terlalu keras
  • Tidak dapat menyerap panas, sehingga lantai keramik akan teras dingin di musim hujan
  • Bobot yang cukup berat.

Nah, seperti itulah berbagai keunggulan dan kekurangan dari lantai keramik, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.