Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ini Dia Jenis-jenis Lantai yang Cocok Untuk Carport

 

jenis lantai untuk airport

Sejatinya masih banyak yang beranggapan bahwa carport dan garasi itu sama saja. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kedua objek tersebut memang berfungsi sebagai tempat penyimpanan kendaraan, entah itu mobil maupun motor.

Padahal, antara cartport dengan garasi itu memiliki perbedaan yang cukup menonjol lho. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan carport? Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Carport

pengertian carport

Dilihat dari segi fungsinya, cartport ini memang tidak berbeda jauh dengan garasi, yakni sebagai tempat untuk menyimpan kendaraan. Namun, carport biasanya dibuat bagi mereka yang area depan rumahnya tidak memiliki garasi.

Atau, pembuatan cartport juga dikarenakan jumlah kendaraan yang tidak tertampung oleh garasi. Sedangkan dari segi fisik, umumnya carport ini dibuat semi terbuka dengan atap. Adapun mengenai halaman yang menjadi jalur masuk untuk menuju pintu depan rumah, maka cukup diberi atap dan seketika memiliki fungsi menjadi tempat penyimpanan kendaraan roda empat.

Sementara material atapnya bisa berupa kantilever yang menyatu dengan rumah utama, atau juga pergola yang disangga tiang. Namun, ada juga atapnya yang terbuat dari bahan besi, lembaran fiberglass. Lantasi, bagaimana dengan lantainya?

Jenis-jenis Lantai Terbaik Untuk Carport

Apabila kamu hendak memilih material penutup lantai untuk carport, pastikan material tersebut memiliki permukaan yang kasar dan tidak licin saat tersiram air. Disamping itu, pilih juga bahan yang mempunyai daya tahan kuat terhadap beban kendaraan. Adapun mengenai jenis-jenis lantai terbaik untuk carport yang direkomendasikan seperti berikut :

1. Lantai Keramik

lantai keramik

Jenis lantai terbaik pertama untuk carport, yakni berupa lantai keramik. Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan material lantai yang satu ini kan? Terdapat beragam motif dan warna keramik yang tersedia, sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan konsep carport.

Dalam hal ini kamu jangan hanya memilih keramik yang permukaan teksturnya halus saja. Sebab, lantai keramik yang bertekstur kasar juga sangat ideal untuk carport lho. Umumnya keramik untuk lantai carport adalah yang bertekstur kasar. Mengapa demikian?

Pasalnya, lantai yang bertekstur kasar ini akan memberikan cengkraman yang kuat ketika kamu mengerem kendaraan. Apabila kamu hendak menggunakan lantai keramik, maka pilihlah ang berukuran kecil (30 cm x 30 cm).

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai keramik ukuran terebut dinilai lebih kuat menahan beban kendaraan diatasnya. Namun, terdapat salah satu kekurangan yang harus kamu ketahui dari lantai keramik.

Kekurangannya, yakni mudah menyerap noda cairan sehingga akan susah untuk dihilangkan. Ya, hal itu dikarenakan permukaan lantai yang tidak rata, sehingga membuat kotoran menjadi lebih mudah terselip pada bagian yang tidak rata tersebut.

Artikel Terkait : Daftar Harga Keramik Terbaru di Bandung 2021

2. Lantai Semen (Plester)

lantai semen

Untuk kamu yang ingin mendapatkan jenis lantai yang simple dan murah dari segi harga, maka lantai semen atau plester ini merupakan pilihan paling tepat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena proses pengerjaan lantai plester ini tidak berbeda jauh dengan proses pengerjaan memplester dinding yang di-aci hingga halus.

Namun, terdapat perbedaan diantara kedua proses pengerjaan tersebut. Pada proses pengerjaan lantai, maka akan dilakukan langkah penggosokan hingga halus dan mengkilap. Ya hal itu bertujuan agar warna yang ditampilkannya akan sama dengan warna semen pasir dan cenderung lebih gelap.

Pada beberapa peneriapan yang dilakukan dengan merata (covering) dalam luas ruang, maka terdapat kelemahan saat terjadi retak karena tidak bisa diganti dengan material lain. Itu artinya, keretakan pada lantai plester harus ditambal dengan bahan yang sama, yakni pasir dan semen.

3. Batu Alam

batu alam

Tak hanya lantai semen, batu alam juga merupakan salah satu jenis material yang kerap diaplikasikan untu lantai carport. Adapun mengenai jenis batu alam yang umum digunakan sebagai lantai carport, yakni batu kali berbentuk lempeng atau batu andesit.

Disamping teksturnya yang kasar, lantai batu alam juga mudah dibentuk sehingga sangat cocok dijadikan untuk lantai carport. Terdapat salah satu keunggulan dari penggunaan lantai batu alam untuk carport, yakni pada waranya yang cenderung gelap.

Tentu saja warna gelap tersebut akan dengan mudahnya menyamarkan noda bekas ban maupun oli. Bukan hanya itu, penggunaan lantai batu alam pun dapat menghadirkan nuansa natural dan sejuk pada rumahmu.  

Baca Juga : Mengulas Harga Batu Split di Bandung 2021

4. Lantai Kayu Outdoor (Decking)

lantai kayu outdoor

Jenis lantai terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk carport, yakni lantai kayu outdoor alias decking. Namun, tidak semua tipe decking kayu memiliki kualitas yang bagus lho. Dengan kata lain, hanya ada beberapa jenis decking kayu saja yang cocok untuk dijadikan lantai carport.

Adapun mengenai jenis-jenis decking kayu terbaik yang kerap dipilih untuk lantai carport seperi berikut :

Decking Kayu Ulin

decking ulin

Kebanyakan pohon kayu ulin ditemui di kawasan hutan tropis Kalimantan, yang mana bagian batangnya sering digunakan oleh masyarakat Dayak untuk berbagai kebutuhan eksterior, mulai dari pembuatan atap, pembuatan jembatan, pembuatan perahu, dan lain sebagainya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini kayu ulin dapat diolah menjadi sebuah properti bernilai tinggi, yang salah satunya berupa lantai kayu outdoor. Untuk  tingkat kekerasannya, kayu ulin ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Hal itu terbukti, dimana kayu ulin tahan terhadap serangan rayap maupun jenis hama serangga pemakan kayu lainnya. Saking kerasnya, bahkan kayu ulin pun dijuluki dengan nama kayu besi. Disamping teksturnya yang keras, decking kayu ulin juga tampil warna dan pola serat yang begitu sedap dipandang, sehingga dapat memperindah tampilan carport.  

Decking Kayu Merbau

decking keruing

Seperti halnya decking kayu ulin, yang mana decking kayu merbau juga memiliki tekstur yang sangat keras sehingga membuatnya tidak mudah dimakan oleh rayap. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, decking kayu merbau sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim dan tahan air.

Sedangkan dinilai dari tampilannya, decking kayu merbau ini mengusung warna merah kecokelatan dengan pola serat lurus yang tentunya dapat menonjolkan nuansa mewah, elegan, dan natural.

Decking Kayu Bengkirai

decking bengkirai

Jenis lantai kayu terbaik berikutnya yang cocok untuk carport, yakni kayu bengkirai. Kayu bengkirai juga merupakan salah satu jenis kayu terbaik di Indonesia, yang banya dijumpai di daerah Kalimantan. Salah satu ciri khas kayu bengkirai terdapat pada tampilannya yang mengusung warna kuning kecoklatan, sehingga ia sering dijuluki dengan istilah “yelow balau“.

Tak hanya unggul dari segi tampilannya saja, bahwa kayu bengkirai juga memiliki tingkat kekerasan yang sangat baik. Tentu saja decking kayu bengkirai ini sangat ideal dijadikan bahan penutup lantai untuk carport.

Dengan menggunakan decking kayu bengkirai, maka tampilan carport-mu akan jauh lebih indah lagi dari sebelumnya.

Baca Selengkapnya -> Lantai Parket Outdoor

Nah, itulah beberapa jenis lantai terbaik yang cocok untuk carport, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.