Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Tips Simple Untuk Mempercantik Desain Kolam Renang

mempercantik desain kolam renang

Pada dasarnya, memiliki sebuah hunian yang dilengkapi dengan kolam renang itu menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun, hunian yang dilengkapi kolam renang itu hanya dimiliki oleh kalangan-kalangan tertentu saja.

Terlepas dari hal tersebut, pastinya desain kolam renang juga harus dirancang dengan seindah mungkin. Hal itu bukan tanpa alasan, karena desain kolamnya sangat berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan bagi si penggunanya lho.

Bayangkan saja jika desain kolam renangnya dibuat dengan asal-asalan, yang pastinya tidak akan sedap dipandang. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips & trik simple dalam mempercantik desain kolam renang.

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Cara Memperindah Tampilan Desain Kolam Renang

1. Membuat Taman Mini di Area Kolam

mempercantik desain kolam renang - membuat taman mini

Untuk menghadirkan nuansanya yang lebih asri dan alami, tentu saja keberadaan taman mini merupakan pilihan hal yang wajib dilakukan. Pilihlah jenis rerumputan yang berkualitas bagus, seperti rumput gajah atau rumput Jepang.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai tanaman hias outdoor. Namun, pilihlah jenis tanaman hias yang daunnya tidak mudah rontok agar tidak mengotori kolam renang. Dengan begitu, maka jangan heran jika tampilan kolam renang anda akan jauh lebih indah dari sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya : Ide Desain Cafe Outdoor yang Kekinian

2. Pilih Tangga Kolam yang Menarik

mempercantik desain kolam renang - menggunakan tangga kolam yang menarik

Apakah kedalaman kolam renang di rumahmu itu lebih dari satu meter? Jika iya, sangat disarankan bagi kamu untuk memilih tangga kolam dengan desain yang menarik. Selain fungsinya untuk mempermudah naik-turun, kehadiran tangga kolam yang menarik tersebut juga tentunya akan mempercantik tampilan kolam renang.

3. Menambahkan Papan Loncat

mempercantik desain kolam renang - menambahkan papan loncat

Sebenarnya penggunaan papan loncat hanya berlaku untuk kolam renang dengan kedalaman lebih dari dua meter. Akan tetapi, penggunaan papan loncat ini harus dilihat dari tingkat kedalaman kolam renangnya lho. 

Dengan kata lain, kamu harus menggunakan papan loncat yang ukurannya sesuai dengan kedalam kolam renangmu. Dan yang pasti, keberadaan papan loncat tersebut dijamin akan membuat tampilan kolam renang anda semakin sedap untuk dipandang.

4. Menambahkan Lampu Under Water

mempercantik desain kolam renang - menambahkan lampu under water

Tips berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk mempercantik desain kolam renang, yakni dengan menggunakan lampu under water. Dengan begitu, maka penggunaan lampu under water ini akan menciptakan kesan yang lebih eksotis dan romantic pada kolam renang saat malam hari tiba.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab cahaya lampunya yang bersinar di bawah air sehingga suananya tampak lebih santai, nyaman, dan tenang. Dalam hal ini, kamu dapat memilih lampu under water yang warnanya sesuai dengan selera.

Selain dari faktor warna, bentuk dari sorotan lampu tersebut juga tentunya memiliki peranan penting dalam memperindah tampilan kolam renang. Tak hanya lampu di bawah air, perhatikan juga penempatan lampu di area luarnya seperti pinggiran kolam renang.

5. Menambahkan Furniture

mempercantik desain kolam renang - menambahkan furniture

Untuk memudahkanmu dalam menunjang berbagai aktivitas, tidak ada salahnya menambahkan furniture guna menghadirkan kesan santai dan elegan pada kolam renang. Dalam hal ini, sebaiknya kamu menggunakan furniture jenis furniture sun longer. Mengapa demikian...?

Soalnya, jenis furniture tersebut memang memiliki banyak manfaat dan terlihat lebih serasi dengan kolam renang. Disamping itu, kamu juga dapat berkreasi dengan memilih jenis furniture lainnya untuk ditempatkan di pinggiran kolam renang maupun di area-area khusus.

Baca Juga : Inspirasi Dekorasi Taman Depan Rumah

6. Tentukan Material Pool Deck Pada Pinggiran Kolam Renang

Ini dia salah satu hal yang menjadi penentu pada tingkat kenyamanan serta keindahan sebuah kolam renang. Lantas, apa yang dimaksud dengan pool deck?

Pada umumnya, pool deck berfungsi sebagai penutup lantai dasar yang diaplikasikan pada pinggiran kolam renang. Selain dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan, kehadiran pool deck tersebut juga tentunya dapat memperindah desain kolam renang.

Akan tetapi, hal tersebut tergantung lagi pada material pool deck yang digunakan. Maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu untuk memilih material pool deck yang tepat.

Adapun mengenai beberapa material pool deck terbaik yang direkomendasikan untuk kamu seperti berikut :

Tipe Material Deck Pool Terbaik Untuk Kolam Renang

  • Decking Wood (Decking Kayu Solid)

mempercantik desain kolam renang - menggunakan decking kayu solid

Jenis material decking terbaik pertama yang selalu dipilih untuk di aplikasikan pada samping kolam, yakni yang terbuat dari bahan kayu solid (kayu utuh). Ya terang saja demikian, karena penggunaan decking dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural khas kayu.

Decking yang berbahan kayu solid ini memiliki tekstur permukaan yang lebih kesat, sehingga membuatnya tidak akan licin meski terkena air. Tentu saja hal tersebut akan sangat membantu dalam meminimalisir risiko bahaya terpeleset.

Seandainya terjatuh, kamu pun tidak akan terlalu merasakan sakit karena tekstur decking kayu ini terbilang cukup empuk lho. Terdapat beberapa jenis decking kayu terbaik yang paling laris dipasaran seperti berikut.

Untuk kelengkapan informasi seputar decking wood, silahkan kunjungi : Harga Lantai Kayu Parket Outdoor Terbaru 2021

  • Decking WPC

mempercantik desain kolam renang - menggunakan decking kayu wpc

Sebenarnya decking WPC merupakan produk decking kayu sintetis. Istilah WPC itu sendiri merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite, yang mana materialnya terdiri dari serat kayu berkualitas tinggi dan polimer termoplastik.

Komposisi serat kayu pada decking WPC ini sebanyak 60%, dan sisanya adalah polimer sintetis seperti polyethlene (PE), polypropylene (PP), coupling agents, UV stabilizer, dan pewarna. Pada umumnya, lantai WPC digunakan untuk area luar ruangan.

Mulai dari samping kolam renang, halaman, taman, rooftop, balkon, dan lain sebagainya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai WPC sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca. Tak hanya itu, decking WPC juga tahan terhadap serangan rayap dan anti korosi.

Baca Selengkapnya : Mengenal Lantai WPC

  • Decking Keramik

mempercantik desain kolam renang - menggunakan decking keramik

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan material yang satu ini bukan? Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa keramik merupakan salah satu material paling populer di pasaran.

Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan harga keramik adalah yang paling murah diantara material lantai lainnya. Belum lagi keramik hadir kedalam berbagai motif dan ukuran, sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Artikel menarik lainnya : Daftar Harga Keramik Terbaru di Bandung 2021

Selain diaplikasikan pada lantai, material keramik juga kerap diaplikasikan untuk dinding. Akan tetapi, sebenarnya material keramik ini dinilai kurang cocok untuk dijadikan decking kolam renang. Mengapa demikian? Pasalnya, permukaan keramik akan menjadi lebih licin saat terkena air.

Pastinya hal tersebut dapat meningkatkan risiko terpeleset. Belum lagi dengan tekstur permukaan keramik yang cukup keras, sehingga dapat membahayakan keselamatan kita saat terjatuh.

Nah, seperti itulah beberapa tips simple dalam mempercantik desain kolam renang, yang tentu saja harus kamu coba.