Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Jenis-jenis Genteng Terbaik Untuk Hunian

 

jenis-jenis genteng terbaik untuk hunian

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap bangunan itu pastinya tidak bisa lepas dari keberadaan sebuah atap. Ya, terang saja demikian, sebab atap itu sendiri berfungsi sebagai pelindung rumah dari panasnya matahari dan guyuran hujan.

Bukan hanya itu, bahkan keberadaan atap itu juga dapat memperindah tampilan hunian tersebut. Pada dasarnya, ada banyak sekali jenis-jenis genteng yang kerap diaplikasikan untuk atap bangunan. Pastinya setiap jenis material genteng tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing.

Mulai dari bentuk, tekstur, tingkat kekuatan, warna, hingga harganya. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa jenis genteng terbaik untuk hunian. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya dibawah ini.

9 Jenis Genteng Terbaik Untuk Hunian

1. Genteng Keramik

jenis-jenis genteng terbaik untuk hunian - genteng keramik

Jenis genteng terbaik pertama yang akan dibahas, yakni berupa Genteng Keramik. Meski materialnya adalah keramik, namun jenis genteng yang satu ini sudah terbukti cukup kokoh dan kuat lho. Belum lagi Genteng Keramik tampil dengan kilauan-kilauan saat terkena cahaya, sehingga dapat menambahkan nilai estetika pada hunian.

Dalam proses pembuatannya, Genteng Keramik ini terbuat dari bahan tanah liat yang dibakar pada suhu sekitar 1.100 derajat yang membuat warnanya tidak mudah memudar. Lebih hebatnya lagi, Genteng Keramik pun mampu menahan beban berat tubuh manusia.

Kendati demikian, terdapat beberapa kekurangan dari Genteng Keramik yang harus kalian ketahui. Kekurangan pertama, yakni Genteng Keramik harus dipasang secara teliti agar tidak terjadi kedua. Sedangkan kekurangan yang kedua, Genteng Keramik harus dipasang dengan tingkat kemiringan minimalnya 30 derajat agar air bisa mengalir secara sempurna.

Adapun kekurangannya yang terakhir, yaitu Genteng Keramik membutuhkan baut agar pemasangannya bisa lebih kuat lagi dan tidak mudah bergeser.

2. Genteng Metal

jenis-jenis genteng terbaik untuk hunian - genteng metal

Dilihat dari segi bentuknya, Genteng Metal ini tampak terlihat seperti lembaran-lembaran yang menyerupai seng. Disamping kokoh dan kuat, proses pemasangan pada jenis genteng yang satu ini juga terbilang cukup mudah lho.

Pada proses pemasangannya, biasanya Genteng Metal ini harus ditanam dulu pada balok gording rangka atap dengan menggunakan sekrup. Genteng Metal sudah dilapisi dengan bahan anti karat, sehingga membuatnya tidak mudah mengalami korosi.

Bukan hanya itu, bahkan ia juga tidak perlu sering dilakukan cat ulang karena materialnya memang sudah dilapisi dengan bahan anti lumut. Dari beberapa keunggulannya ternyata ada satu kekurangan Genteng Metal, yakni tampilannya yang terkesan monoton dan membosankan.

Baca juga : Review Harga Genteng Metal Terbaru 2021

3. Genteng Tanah Liat

jenis-jenis genteng terbaik untuk hunian - genteng tanah liat
Genteng Tanah Liat Mudah Berlumut dan Berjamur

Ini dia salah satu jenis genteng yang memang sudah tidak asing lagi di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Negara Indonesia. Hal itu bukan tanpa alasan, karena sebagian besar rumah-rumah di Indonesia menggunakan Genteng Tanah Liat sebagai atap rumahnya.

Belum lagi harga Genteng Tanah Liat yang relatif lebih murah, sehingga tak heran jika ia tidak pernah sepi dari pembeli. Bobot yang dimilikinya pun cukup ringan, dan tentu saja dapat memudahkan saat proses pemasangan.

Adapun mengenai beberapa kekurangan dari Genteng Tanah Liat seperti berikut :

  •         Membutuhkan ketelitian pada proses pemasangannya agar tidak bocor
  •         Rentan terhadap lumur dan jamur, sehingga membuatnya harus dilapisi dengan cat atau glossur
  •         Pemasangan dengan pola zig-zag sistem sambungan inlock yang cukup memakan waktu.

4. Genteng Beton

jenis-jenis genteng terbaik untuk hunian - genteng beton

Dari segi material dan bentuknya, Genteng Beton ini tidak berbeda jauh dengan jenis genteng tanah liat. Ya, material Genteng Beton terbuat dari bahan tanah liat yang dicampur dengan semen, kemudian akan dicetak dengan bentuk yang menyerupai jenis genteng tanah liat.

Pada umumnya, Genteng Beton sering diaplikasikan pada rumah tipe minimalis. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Genteng Beton menghadirkan nuansa yang lebih mewah dan elegan. Tak hanya unggul dari segi tampilannya saja, Genteng Beton juga sudah terbukti tahan lama dan kokoh.

Apalagi tersedia beragam warna dan bentuk, sehingga bisa kita pilih yang sesuai dengan konsep rumah.

Baca Selengkapnya : Daftar Harga Genteng Beton Terbaru di Bandung

5. Genteng Aspal

jenis-jenis genteng terbaik untuk hunian - genteng aspal

Selain diaplikasikan untuk membuat konstruksi jalan, ternyata material aspal juga bisa diaplikasikan untuk genteng lho. Terdapat beberapa keunggulan dari Genteng Aspal yang tidak dimiliki oleh jenis genteng lainnya.

Keunggulan yang pertama, yakni Genteng Aspal memiliki bobot ringan sehingga mudah diangkat. Ia juga sudah terbukti tahan api dan angin kencang, serta permukaannya sudah dilapisi dengan lapisan anti jamur dan anti pudar.

Sedangkan pada kekurangannya, Genteng Aspal membutuhkan kerangka yang kuat sebagai penopang beban. Bukan hanya itu, harga Genteng Aspal dipasaran juga terbilang cukup mahal ketimbang jenis genteng lainnya.

Artikel Menarik Lainnya : Jenis-jenis Lantai Terbaik Untuk Hunian

6. Genteng Asbes

jenis-jenis genteng terbaik untuk hunian - genteng asbes

Seperti halnya genteng tanah liat, dimana asbes juga bukanlah jenis genteng yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Material genteng yang satu ini terbuat dari gabungan 6 bahan mineral silikat alam, sehingga spesifikasinya cukup berbeda dari jenis genteng lainnya.

Keunggulan dari Genteng Asbes ini adalah harganya yang relatif murah, serta proses pemasangan yang cukup mudah sehingga tidak membutuhkan banyak kayu reng. Akan tetapi, penggunaan Genteng Asbes ini dinilai kurang bagus untuk kesehatan tubuh lho!

Mengapa bisa demikian...???

Pasalnya, Genteng Asbes memiliki serat dalam bentuk partikel yang mudah terlepas ke udara dan terhirup oleh manusia. Tentu saja masalah tersebut dapat memicu terjadinya kanker paru-paru.

7. Genteng Kaca

jenis-jenis genteng terbaik untuk hunian - genteng kaca

Mungkin bangunan-bangunan di Indonesia yang menggunakan Genteng Kaca ini masih bisa dihitung dengan jari. Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan Genteng Kaca hanya berlaku untuk beberapa area tertentu saja.Ya, seperti tempat-tempat pembudidayaan tanaman hidroponik.

Baca juga : Cara Bercocok Tanam Hidroponik Untuk Pemula

Dengan kata lain, Genteng Kaca lebih cocok digunakan pada bangunan yang membutuhkan pencahayaan alami saja. Genteng Kaca mampu melindungi bagian dinding di bawahnya agar terhindar dari kelembapan dan jamur.

Akan tetapi, Genteng Kaca mudah pecah serta bisa membuat suhu di ruangan menjadi lebih tinggi jika digunakan secara berlebihan. Tak hanya itu, kekurangan dari Genteng Kaca juga adalah modelnya yang tidak bervariatif.

8. Genteng Seng

jenis-jenis genteng terbaik untuk hunian - genteng seng

Untuk kamu yang ingin membangun rumah dengan atap yang lebih murah, maka penggunaan Genteng Seng ini merupakan pilihan paling tepat. Bagaimana tidak? sebab harga Genteng Seng ini adalah yang paling murah diantara jenis-jenis genteng lainnya.

Tak hanya murah, bahkan bobot Genteng Seng jauh lebih ringan sehingga dapat memudahkan saat proses pemasangan. Namun, Genteng Seng ini mudah menyerap panas sehingga suhu di dalam ruangan akan terasa sangat gerah.

9. Genteng Metal Pasir

jenis-jenis genteng terbaik untuk hunian - genteng metal pasir

Jenis genteng terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Genteng Metal Pasir. Bahan dasarnya terbuat dari zinc alumme, sedangkan pada bagian bawahnya dilapisi back coat inc alluminium coating, primary, epoxy, dan lain sebagainya.

Nah, itulah deretan jenis genteng terbaik unuk hunian, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan.