Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Tips Mudah Memilih Karpet Untuk Rumah

 

tips memilih karpet

Tips Memilih Karpet – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa karpet sudah menjadi bagian dari dekorasi yang hampir selalu ada di setiap hunian. Pada umumnya, karpet tersebut kerap diaplikasikan di area ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamar tidur.

Tentunya ada banyak sekali jenis-jenis karpet yang tersedia dipasaran, dimana pada masing-masing jenisnya mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Mulai dari tekstur, bentuk, warna, motif, harga, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kita tidak boleh asal-asalan dalam memilih karpet. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips simple dalam memilih karpet. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja lansung ulasannya dibawah ini.

4 Tips Jitu Memilih Karpet

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

tips memilih karpet - sesuaikan dengan kebutuhan

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa setiap jenis karpet itu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Dalam hal ini, tentu saja kamu harus memilih jenis karpet yang sesuai dengan kebutuhan.

Misalkan saja untuk penggunaan di area ruang TV, maka pilihlah jenis karpet yang bertekstur lembut. Hal itu bukan tanpa alasan, karena keberadaan karpet di ruangTV kerap digunakan sebagai tempat untuk rebahan maupun berbaring.

Baca Juga : Berbagai Desain Ruang TV Minimalis Terbaik 2021

2. Sesuaikan Dengan Ukuran Ruangan

tips memilih karpet - sesuaikan dengan ukuran ruangan

Selain menyesuaikan dengan kebutuhan, penting juga bagi kamu untuk memilih karpet yang sesuai dengan ukuran ruangan. Maka dari itu, dianjurkan bagi kamu untuk mengukur luas ruangan terlebih duu sebelum memutuskan membeli karpet.

Jangan sampai kamu membeli karpet yang ukurannya terlalu besar atau bahkan terlalu kecil. Dengan kata lain, pilihlah karpet yang ukurannya pas dengan ukuran ruangan rumahmu.

3. Sesuaikan Dengan Interior Rumah

tips memilih karpet - sesuaikan dengan interior rumah

Agar tampilan ruangan di rumahmu itu tampak lebih serasi, sebaiknya pilih karpet yang motif atau warnanya serupa dengan interior rumah. Misalnya interior rumahmu di dominasi oleh elemen kayu, maka gunakan karpet yang memiliki motif seperti kayu juga.

Artikel Terkait : 3 Jenis Sticker Lantai Motif Kayu Terlaris Dipasaran

4. Pahami Masing-masing Jenis Karpet

Tentu kita sudah sering melihat beragam jenis-jenis karpet yang tersedia dipasaran. Namun, apakah kamu sudah tahu tentang karakteristik pada masing-masing jenis karpet tersebut…???

Adapun mengenai beberapa jenis karpet yang akan dibahas seperti berikut:

Karpet Katun

karpet katun

Ini dia salah satu jenis karpet lantai rumah yang umumnya digunakan oleh masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena harga karpet katun memang lebih murah dibanding jenis-jenis karpet diatas tadi. karpet katun juga menyediakan beragam motif, warna, dan ukuran yang tentunya dapat kamu pilih sesuai selera.

Akan tetapi, tingkat kekuatan pada karpet yang satu ini tidak mampu bertahan lama. Itu sebabnya, mengapa jenis karpet katun sering ditempatkan pada area-area ruangan yang tidak terlalu sering dilalui oleh orang-orang.

Karpet Wol

karpet wol

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa tekstur karpet wol yang begitu lembut dan halus dapat membuat siapa saja merasa nyaman saat berbaring diatasnya. Meski memiliki tekstur yang halus, namun karpet wol ini memiliki daya tahan tinggi serta tahan terhadap air maupun noda lho.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika karpet wol dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Bukan hanya itu, karpet wol juga membutuhkan perawatan khusus dan tepat agar awet sehingga bisa digunakan selama bertahun-tahun.

Karpet Sutra

karpet sutra

karpet Sutra juga merupakan jenis karpet kelas atas yang menawarkan harga mahal. Itu sebabnya, mengapa jenis karpet Sutra hanya bisa kita temui pada rumah-rumah kalangan menengah keatas.

Dengan harganya yang mahal, sudah pasti tingkat kekuatan dan keawetan pada karpet Sutra ini sangatlah mumpuni. Bukan hanya itu, bahkan penggunaan jenis karpet yang satu ini juga dapat mempertegas nuansa mewah, elegan, dan glamour.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini karpet Sutra menghadirkan berbagai varian motif, warna, dan ukuran sehingga bisa kita pilih sesuai dengan konsep rumah.

Artikel Menarik Lainnya : Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Kasur

Karpet Kulit Hewan

karpet kulit hewan

Sesuai dengan namanya, yang mana material karpet ini terbuat dari bahan kulit hewan asli. Dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan kulit hewan asli, tentu saja tingkat kekuatan dan keawetannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Secara otomatis harga karpet kulit hewan ini jauh lebih mahal dibandingkan jenis karpet sisal maupun jenis karpet lainnya. Namun, kulit karpet hewan dinilai kurang cocok jika di tempatkan pada area dengan tingkat kelembapan tinggi seperti dapur.

Dengan kata lain, karpet kulit hewan lebih cocok ditempatkan pada ruangan yang kering, seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

Karpet Polypropylene

Karpet Polypropylene

Jenis karpet selanjutnya yang akan dibahas, yakni berupa karpet Polypropylene. Walaupun istilah Polypropylene tidak terlalu familiar, namun jenis karpet yang satu ini sangat laris dipasaran. Pasalnya, harga karpet Polypropylene relative terjangkau.

Perlu kalian ketahui, karpet Polypropylene ini terbuat dari bahan serat sintetis yang memiliki teksur elastis. Tak hanya bertekstur elastis, bahkan karpet Polypropylene juga sangat mudah dibersihkan dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Meski demikian, ada satu kekurangan dari karpet Polypropylene yang harus kamu ketahui. Ya kekurangan dari karpet Polypropylene, yakni warna permukaannya yang mudah memudar seiring berjalannya waktu.

Karpet Nilon

karpet nilon

Tak hanya karpet katun, karpet nilon juga menjadi salah satu jenis karpet yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat kita. Untuk spesifikasinya, jenis karpet nilon ini memiliki tingkat kekuatan yang cukup bagus.

Bukan hanya itu, bobot karpet nilon jauh lebih ringan sehingga membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Belum lagi harga karpet nilon yang ramah dikantong, sehingga cocok bagi mereka yang ingin mempercantik tampilan rumah dengan low budget.

Meski menawarkan harga yang terjangkau, namun penggunaan karpet nilon juga dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian.

Karpet Sisal

karpet sisal

Jenis karpet berikutnya yang tersedia dipasaran, yakni berupa karpet sisal. Dari segi materialnya, karpet sisal ini terbuat dari bahan serat tanaman yang memiliki daya tahan cukup tinggi. Sedangkan untuk teksturnya, permukaan pada karpet Sisal memang agak kasar sehingga dapat mengurangi tingkat kenyamanan saat kita berbaring diatasnya.

Mengingat teksturnya yang agak kasar, tentu saja jenis karpet yang satu ini lebih cocok diaplikasikan pada lantai dengan permukaan licin. Pasalnya, penggunaan karpet Sisal pada lantai licin mampu menurunkan risiko bahaya terpeleset.

Nah, itulah beberapa jenis karpet yang dapat kamu pilih dipasaran, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan referensi.

Dengan mengetahui jenis-jenis karpet tersebut, secara otomatis kamu juga akan mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membelinya.