Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Berbagai Fakta Menarik Kayu Maple yang Harus Kamu Ketahui

Berbagai Fakta Menarik Kayu Maple

Fakta Kayu Maple – Berbicara soal kayu untuk kebutuhan manusia memang tidak akan ada habis-habisnya. Bagaimana tidak? sebab kayu menjadi salah satu material yang selalu diandalkan untuk menunjang beragam kebutuhan konstruksi.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika permintaan kayu di pasaran selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahunnya. Begitu pun dengan kayu maple yang memang tidak pernah sepi dari pembeli.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas beberapa fakta menarik seputar kayu maple. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Pohon Maple

Sekilas Tentang Pohon Maple

Menurut kabar yang beredar, pohon maple untuk pertama kalinya ditemukan di negara Kanada. Adapun mengenai pohon maple tertua yang usianya telah mencapai lebih dari 500 tahun. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ternyata pohon maple terdiri dari 125 spesies yang tersebear di Asia, Eropa, Amerika, dan Afrika.

Untuk maple spesies Acer saccharum tumbuh subur di kawasan Amerika Utara, sedangkan maple spesies Acer Laurinum tumbuh subur di kawasan tropis. Meskipun habitat aslinya berasal dari wilayah beriklim subtropis, namun pohon maple juga dapat dibudidayakan di daerah lainnya.

Akan tetapi, dengan syarat cara cara membudidayakannya harus dilakukan seperti habitat asalnya. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat penyebaran pohon maple cukup terbatas. Lantas, apakah pohon maple bisa ditanam di negara Indonesia?

Sebenarnya terdapat beberapa daerah di Indonesia yang diniai telah berhasil dalam membudidayakan pohon maple. Namun, hal tersebut dilakukan dengan sistem budidaya intensif yang disertai beragam metode ekstra teliti.

Baca Juga : Seperti Apakah Keistimewaan Kayu Amara? Yuk, Kita Cari Tahu

Ciri Khas Pohon Kayu Maple

Pohon maple tumbuh secara alami yang mana batangnya bisa tumbuh dengan ketinggian berkisar 10 hingga 45 meter. Kendati demkian, ada juga sebagian spesies pohon maple yang ketinggiannya itu hanya mencapai 10 meter saja.

Pohon mempunyai beragam keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis pohon kayu lainnya. Ya, salah satu keunikan dari pohon maple, yakni akan mengeluarkan getah yang rasanya manis. Tak hanya itu, pohon maple juga memiliki daun dengan bentuk dan warna yang cukup menarik.

Hal itu pun terbukti, yang mana bagian daunnya mengusung lima sisi runcing dengan warna bervariasi, mulai dari merah, orange, hijau, dan kuning. Daun maple berbentuk oval yang umumnya tampil degan warna hijau. Namun, warna pada bagian atasnya tampak pucat.

Pohon maple juga menghasilkan buah yang bentuknya tampak menyerupai halter. Saat buah tersebut telah matang dan mengering, biasanya ia akan mudah terlepas dari ranting akibat terpaan angin. Mengenai keberadaannya di Indonesia, pohon maple ini dapat kita jumpai di daerah Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara, Sumatera, dan Jawa.

7 Fakta Menarik Kayu Maple

1. Terdiri Kedalam Dua Jenis Berbeda

fakta kayu maple - Terdiri Kedalam Dua Jenis Berbeda

Fakta menarik pertama dari kayu maple yang akan dibahas, yakni memiliki dua jenis berbeda. Ya, Kayu maple akan dibedakan berdasarkan tingkat kekerasannya, yakni jenis kayu maple keras dan jenis kayu maple lunak.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena kedua jenis kayu maple ini memang berasal dari dua jenis pohon yang berbeda juga. Menurut kabar yang beredar, jenis kayu maple keras berasal dari pohon mape yang mempunyai daun berbentuk lebar, sedangkan kayu maple lunak berasal dari pohon dengan bentuk daun lonjong.

Untuk jenis kayu maple keras biasanya digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan konstruksi, seperti lantai kayu parket, rangka atap, plafon, dan lain sebagainya. Sementara kayu maple lunak biasa digunakan untuk pembuatan furniture, ukiran, alat musik (umumnya gitar), dan aksesoris lainnya.

Artikel Menarik Lainnya : Seperti Inilah Wujud dan Karakteristik Kayu Rengas

2. Menyediakan Warna yang Bervariasi

fakta kayu maple - Menyediakan Warna yang Bervariasi

Selain terdiri kedalam dua jenis berbeda, kayu maple juga hadir dengan beragam varian warna yang berbeda lho. Pada umumnya, perbedaan warna kayu maple tergantung oleh usia serta daerah asal tumbuhnya.

Seperti kayu maple yang bagian luarnya tampil dengan warna krem, sementara bagian dalamnya berwarna coklat. Selain itu, terdapat pula kayu maple yang tampil dengan warna coklat muda, coklat gelap, hingga coklat kemerah-merahan.

3. Memiliki Tingkat Kekerasan yang Berbeda

fakta kayu maple - Memiliki Tingkat Kekerasan yang Berbeda

Dikarenakan kayu maple terbagi menjadi tipe keras dan lunak, secara otomatis tingkat kekerasan pada masing-masing jenisnya pun akan berbeda pula. Dalam industri perkayuan, kayu maple tipe keras mempunyai tingkat kekerasan yang mencapai lebiih dari 6000 newton. Sedangkan kayu maple tipe lunak memiliki tingkat kekerasan sekitar 4000 newton.

Tentu saja tingkat kekerasan yang dimilikinya sangat berpengaruh terhadap daya tahan dan daya awet kayu maple. Oleh karena itu, kita harus lebih selektif lagi saat hendak membeli kayu maple agar sesuai dengan kebutuhan.

4. Kayu Maple Cukup Mudah Diolah

fakta kayu maple - Kayu Maple Cukup Mudah Diolah

Fakta yang satu ini hanya berlaku untuk kayu maple tipe lunak. Biasanya pengolahan kayu maple lunak akan dilakukan dengan cara di lengkungkan diatas api bersuhu sedang. Jika sudah dibengkokkan, maka kayu maple akan melalui tahap selanjutnya hingga menjadi sebuah produk yang bernilai tinggi.

5. Harga yang Relatif Terjangkau

fakta kayu maple - Harga yang Relatif Terjangkau

Kendarti maple merupakan salah satu jenis kayu yang bersifat multifungsi, namun harga jualnya tergolong cukup ekonomis. Itu sebabnya, mengapa kayu maple selalu dijadikan alternatif terbaik untuk menggantikan jenis-jenis kayu yang mahal seperti jati atau merbau.

Meski menawarkan harga yang lebih murah, bukan berarti juga bahwa kualitas dari kayu maple ini murahan lho. Buktinya, kayu maple memiliki kualitas ekspor.

Baca Juga : Produk Lantai Kayu Murah Dari Bahan Kayu Asli (Harga Rp 200 Ribuan)

6. Kayu Maple Menjadi Primadona Dalam Bidang Furniture

Kayu Maple Menjadi Primadona Dalam Bidang Furniture

Inilah yang menjadi alasan, mengapa kayu maple selalu menjadi andalan dalam pembuatan produk furniture. Dari segi tekstur, kayu maple ini memang memiliki tekstur yang lebih halus ketimbang jenis kayu lainnya.

Tak hanya bertekstur halus, kayu maple juga mempunyai guratan lurus yang membuatnya tampak terlihat lebih mewah dan elegan. Sehingga tak heran jika kayu maple kerap diburu oleh para produsen furniture maupun para pengrajin kayu.

7. Sering Dijadikan Peralatan Memasak

fakta kayu maple - Sering Dijadikan Peralatan Memasak

Selain dimanfaatkan untuk pembuatan furniture, ternyata kayu maple juga kerap digunakan untuk pembuatan perabotan rumah tangga, seperti sendok, garpu, mangkuk, spatula, dan lain sebagainya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kayu maple mempunyai pola serat yang indah sehingga tampak lebih natural dan alami.

Nah, seperti itulah beberapa fakta menarik dari kayu maple sehigga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.