Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Yuk, Kita Kenali Fungsi Paranet

 

Yuk, Kita Kenali Fungsi Paranet

Untuk yang hobi dengan kegiatan berkebun, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan fungsi paranet bukan?  Ya, benda yang satu ini memang memiliki peranan penting dalam menunjang keberlangsungan hidup tanaman.

Itu sebabnya, mengapa paranet selalu menjadi andala dalam bidang perkebunan. Namun, tak sedikit juga dari masyarakat kita yang masih merasa asing dengan istilah paranet tersebut. Nah, secara kebetulan pada ulasan kali ini akan membahas seputar seluk-beluk paranet. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Pengertian Paranet

pengertian paranet

Pada dasarnya, paranet merupakan sebuah jaring yang mana proses pembuatannya dilakukan dengan cara dianyam. Biasanya paranet kerap difungsikan sebagai atap untuk melindungi tanaman dari guyuran hujan maupun paparan sinar matahari.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini paranet pun mulai banyak digunakan sebagai pelindung dari sorotan matahari yang masuk ke rumah. Pada penggunaan rumah, umumnya paranet akan dipasang di depan teras yang berfungsi sebagai filter agar suhu didalam rumah tidak terlalu panas.

Adapun mengenai harga paranet yang cukup bervariasi, karena tergantung dari ukuran serta tingkat kerapatannya. Tingkat kerapatan paranet itu sendiri mulai dari yang 65% hingga 85%. Semakin tinggi tingkat kerapatannya, maka akan semakin mahal pula harga paranet tersebut. Selain sebagai pelindung dari sengatan matahari, masih ada lagi beberapa manfaat lainnya dari penggunaan paranet.  

Berbagai Manfaat Paranet yang Harus Diketahui

1. Sebagai Filter Untuk Sorotan Sinar Matahari

fungsi paranet - Sebagai Filter Untuk Sorotan Sinar Matahari

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa fungsi utama dari paranet itu sebagai filter untuk menyaring sorotan sinar matahari yang berlebihan. Selain mengganggu bagi penghuni rumah, tentu saja sorotan sinar matahari yang terlalu berlebihan juga dapat mengganggu kesehatan tanaman.

Pasalnya, tanaman hias yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung, maka daun-daunnya akan terbakar dan berguguran. Jika sudah demikian, jangan harap bahwa tanaman hias dirumah anda itu akan berumur panjang.

Sebenarnya masalah tersebut bisa disiasati dengan cara manual, yakni memindahkan tanamannya ke area yang lebih teduh. Namun cara ini pastinya akan menguras tenaga anda, terlebih jika jumlah tanamannya banyak.

Oleh karena itu, penggunaan paranet merupakan pilihan paling tepat untuk melindungi tanaman dari paparan sinar matahari. Dengan adanya jaring paranet, secara otomatis paparan sinar mataharinya tidak akan terlalu menyorot.

Baca Juga : Mengenal Fungsi dan Jenis Kayu Kaso

2. Untuk Menyaring Terpaan Angin Kencang

fungsi paranet - Untuk Menyaring Terpaan Angin Kencang

Tak berbeda jauh dengan sorotan sinar matahari yang ekstrim, terpaan angin kencang juga tentunya menjadi ancaman yang menakutkan bagi tumbuhan. Untuk melindungi tanaman dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka keberadaan jaring paranet adalah solusi terbaiknya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena fungsi dari jaring paranet tersebut mampu menyaring terpaan angin kencang yang mengarah ke area rumah. ketika tiupan angin kencang terjadi, jaring paranet bertugas untuk mengurangi tekanan anginnya agar tidak terlalu besar.

3. Sebagai Pengendali Sirkulasi Udara

fungsi paranet - Sebagai Pengendali Sirkulasi Udara

Fungsi berikutnya dari paranet yang harus anda ketahui, yakni untuk mengendalikan sirkulasi udara. Walaupun area teras dan taman tampak tertutupi oleh jaring paranet, namun udara masih tetap bisa masuk melalui celah-celah jaring.

Dengan adanya paranet, maka udara yang masuk ke dalam rumah memiliki tekanan yang lebih rendah. Itu artinya, keberadaan paranet mampu mempertahankan sirkulasi udara yang berhembus ke tanaman di area taman maupun teras.

4. Sebagai Penyaring Air Hujan

fungsi paranet - Sebagai Penyaring Air Hujan

Tentunya kita semua sudah tahu bahwa setiap jenis tanaman itu memang membutuhkan air. Namun, guyuran air hujan yang terlalu deras justru bukanlah hal yang bagus. Pasalnya, hantaman air hujan yang keras dalam waktu lama bisa merusak daun pada tanaman hias.

Dengan adanya jaring paranet, maka jumlah butiran air hujan yang langsung jatuh ke tanah akan tersaring. Dengan begitu, maka tanaman di area rumah anda akan tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai kerusakan akibat guyuran hujan.

Artikel Menarik Lainnya : Mengenal Fungsi Plint Beserta Jenis-jenisnya

5. Sebagai Pelindung Tanaman

fungsi paranet - Sebagai Pelindung Tanaman

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hama dan kawanan burung merupakan ancaman yang nyata bagi keberlangsungan hidup tanaman. Ya, jelas demikian, sebab keberadaan burung dan hama kerap merusak tanaman.

Maka dari itu, penggunaan paranet menjadi hal yang wajib karena berfungsi untuk melindungi tanaman dari serangan burung dan hama. Dengan menggunakan paranet, maka bagian atas tanaman akan tertutupi oleh jaring sehingga dapat memperkecil risiko serangan dari burung dan hama.

Harga Paranet Per Meter & Per Roll Terbaru 2022

Harga Paranet Per Meter

  • Paranet 70% Lebar 3 Meter : Rp 20.000
  • Paranet 75% Lebar 3 Meter : Rp 20.000
  • Paranet 65% Lebar 3 Meter : Rp 11.500

Harga Paranet Per Roll

  • Paranet 70% Lebar (3 x 100 Meter) : Rp 1.616.000
  • Paranet 50% Lebar (1.8 x 50 Meter) : Rp 580.000
  • Paranet 85% Lebar (3 x 100 Meter) : Rp 1.600.000

Kisaran harga paranet tersebut tergantung dari bahan, ukuran, serta kerapatan jaringnya. Bukan hanya itu, harga paranet juga sewaktu-waktu bisa berubah yang tergantung pada kebijkan si penjual.

Baca Juga : Harga Lantai Kayu Per Meter Berbagai Jenis List Terbaru 2022

Jika dibandingkan dengan tahu-tahun sebelumnya, harga paranet per roll cenderung meningkat. Misalnya untuk paranet 70% ukuran 3 x 100 meter yang dulu dijual dengan harga Rp 1,25 juta, sekarang dibanderol dengan harga Rp 1,61 jutaan per roll.

Nah, setelah mengetahui fungsinya, apakah kamu juga tertarik untuk menggunakan paranet di rumah…???

Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi dan harga paranet, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.