Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Seperti Apa Keistimewaan Kayu Amara? Yuk, Kita Cari Tahu

 

kayu amara

Kayu Amara – Kayu menjadi salah satu bahan material alami yang kerap diandalkan untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Penggunaan material kayu ini mulai dari pembuatan kerangka atap, kusen pintu & jendela, plafon, lantai kayu, dan masih banyak lagi.

Sebagai salah satu Negara penghasil kayu terbesar di dunia, tentu saja ada banyak sekali jenis-jenis kayu berkualitas tinggi yang dapat kita jumpai di Indonesia. Ya, salah satu jenis kayu yang terbaiknya adalah kayu amara.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai seluk-beluk seputar kayu amara, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Asal-usul Kayu Amara

asal-usul kayu amara

Pada dasarnya, kayu amara ini masih termasuk kedalam keluarga kayu ebony. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tampilan fisik kayu amara sangat mirip dengan kayu ebony. Biasanya kayu amara tampil dengan perpaduan warna hitam merah kecoklatan.

Nah, perpaduan warna tersebutlah yang membuat tampilan kayu amara begitu cantik nan eksotik. Sehingga tak heran jika jenis kayu yang satu ini selalu diandalkan untuk kebutuhan bidang furniture maupun property.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena tingkat kekuatan pada kayu amara termasuk kedalam kelas I. Menurut informasi yang didapat, pohon amara itu sendiri tumbuh subur di kawasan hutan tropis Sulawesi (khususnya Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara).

Berbagai Pemanfaatan Kayu Amara

1. Untuk Pembuatan Alat Musik Tertentu

Berbagai Pemanfaatan Kayu Amara - untuk membuat alat musik

Pemanfaatan kayu amara yang pertama, yakni untuk pembuatan alat musik. Akan tetapi, tidak semua alat musik bisa menggunakan kayu amara sebagai bahan bakunya Adapun mengenai beberapa jenis alat musik tertentu yang berbahan kayu amara, seperti piano, gitar, dan cajon (kahon).

Baca Juga : Kayu Cendana Dengan Segudang Manfaatnya

2. Untuk Kebutuhan Produk Mebel

Berbagai Pemanfaatan Kayu Amara - untuk kebutuhan produk mebel

Mengingat tampilan fisiknya yang begitu indah dan eksotik, tentu saja jenis kayu yang satu ini sangat ideal dijadikan bahan baku untuk pembuatan produk mebel, seperti meja, rak, kursi, kusen, lantai kayu dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan produk mebel yang berbahan kayu amara, tentu saja akan membuat tampilan interior rumah akan semakin lebih mewah, elegan, dan nyentrik.

3. Untuk Pembuatan Patung Hiasan

Berbagai Pemanfaatan Kayu Amara - untuk pembuatan patung hiasan

Tak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan produk mebel, kayu amara juga selalu diandalkan untuk pembuatan patung hiasan rumah. Pada umumnya, patung hiasan yang berbahan kayu amara ini kerap diaplikasikan pada hunian kelas menengah ke atas.

Itu sebabnya, mengapa kayu amara termasuk kedalam golongan kayu kelas mewah. Secara otomatis, harga kayu amara juga terbilang cukup mahal.

Artikel Menarik Lainnya : Ketahui Sifat dan Karakter Kayu Jati

4. Untuk Pembuatan Tiang Jembatan

Berbagai Pemanfaatan Kayu Amara - untuk pembuatan tiang jembatan

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa penggunaan kayu amara untuk pembuatan tiang jembatan merupakan pilihan yang paling tepat. Ya, sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa tingkat kekuatan pada kayu amara ini termasuk kedalam kelas I.

Bukan hanya itu, di dalam kayu amara juga terdapat kandungan zat ekstraktif sehingga membuatnya tahan terhadap serangan rayap maupun serangan jamur. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kayu amara juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca.

5 Keistimewaan Kayu Amara

1. Merupakan Jenis Kayu Kelas Atas

Kayu amara tampil dengan mengusung serat yang begitu indah, serta memiliki perpaduan warna yang sangat cantik. Itu sebabnya, mengapa kayu amara termasuk kedalam golongan kayu kelas atas. Sehingga tak heran jika jenis kayu yang satu ini dibanderol dengan harga mahal.

Kendati dibanderol dengan haga yang mahal, namun kayu amara menyuguhkan spesifikasi yang sangat mumpuni pada setiap komponennya. Harga mahal dari kayu amara ini bukan semata-mata karena tampilannya yang indah saja, melainkan juga karena keberadaannya yang cukup langka dipasaran.

Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat aktivitas penebangan kayu amara yang semakin hari semakin tidak terkendali. Tentu saja penebangan liar tersebut dilandasi oleh harga kayu amara yang sangat menjanjikan. Lantas, berapakah harga kayu amara dipasaran…???

Untuk papan kayu dengan ketebalan 10 cm dibanderol Rp 10,5 juta (8 batang papan), sedangkan papan kayu amara yang berukuran 50 x 9 x 5 cm dibanderol dengan harga Rp 550 ribuan. Adapun 100 buah bibit eboni yang dijual dengan kisaran harga Rp 3,95 juta hingga Rp 6,9 jutaan.

Baca Juga : Harga Lantai Kayu Murah Dari Bahan Kayu Asli (Harga Rp200 Ribuan)

2. Kokoh dan Kuat

Selain mengusung tampilan yang indah, kayu amara juga memiliki tingkat kekuatan yang begitu baik. Bagaimana tidak? sebab tingkat kekuatan kayu amara termasuk kedalam kategori kelas I. Sehingga tak heran jika semua furniture atau property yang berbahan kayu amara ini dapat bertahan sampai puluhan tahun lamanya.

Dengan tingkat kekuatan plus tingkat keindahannya yang mumpuni, maka sudah sepantasnya jika kayu amara dibanderol dengan harga mahal. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kayu amara mempunyai kandungan ekstraktif yang berfungsi sebagai pelindung dari serangan berbagai macam organisme perusak kayu, seperti rayap dan jamur.

3. Masih Sejenis Kayu Ebony

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kayu amara ini termasuk kedalam salah satu jenis kayu eboni. Meski tampak terlihat sama, namun terdapat hal yang menjadi pembeda kayu amara dengan kayu eboni. Ya, perebedaan tersebut terdapat pada bagian garis kemerahan yang ada di dalam terasnya (galih).

4. Bobot Jenis yang Melebihi Air

Fakta menarik pertama dari kayu amara yang akan dibahas, yakni mempunyai bobot jenis yang melebihi air. Itu artinya, kayu amara termasuk kedalam golongan jenis kayu yang sangat berat. Ketika dimasukkan ke dalam air, maka kayu amara tersebut akan langsung tenggelam karena bobotnya yang melebihi air.

5. Memiliki Tampilan yang Indah

Kayu amara tampil dengan perpaduan dua warna berbeda, yakni warna merah dan hitam. Dengan perpaduan warna tersebut, secara otomatis akan membuat tampilan kayu amara semakin unik dan eksotik. Disamping tampilan warnanya yang indah, tingkat keindahan pada kayu amara juga terlihat dari pola seratnya.

Nah, seperti itulah berbagai keistimewaan dari kayu amara sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya untuk kebutuhan konstruksi maupun furniture.