Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ingin Gunakan Atap Asbes? Ketahui Dulu Keunggulan dan Kekurangannya

 

Keunggulan dan Kekurangan atap asbes

Atap Asbes – Saat hendak membangun sebuah hunian, tentu saja bagian atap menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan. Ya, selain berfungsi sebagai pelindung dari berbagai faktor cuaca, keberadaan atap juga pastinya dapat memperindah tampilan sebuah hunian.

Namun, hal itu tergantung pada jenis material atapnya. Sebab pada masing-masing jenis material atap mempunyai karakteristik berbeda, mulai dari bentuk, tingkat kekuatan, warna, tekstur, hingga harganya. Begitu pun dengan atap asbes yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Material asbes terbuat dari campuran bahan mineral alami yang terdiri dari serat, silikat, serta komposisi kimia lainnya. Material satu ini memang terkenal dengan sifatnya yang tahan terhadap api. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ternyata material asbes juga memiliki kemampuan yang dapat ditenun menjadi kain lho.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika asbes kerap digunakan pada pembuatan tirai tahan api untuk teater serta pakaian tahan panas

Nah, untuk kamu yang ingin menggunakan material asbes sebagai atap rumah, simaklah keunggulan dan kekurangan asbes dibawah ini.

Keunggulan Atap Asbes

1. Bobot yang Lebih Ringan

keunggulan asbes - Bobot yang Lebih Ringan

Dibandingkan dengan jenis atap lainnya, ternyata Tak genteng asbes memiliki bobot yang lebih ringan lho. Dengan begitu, proses pemasangan genteng asbes pun tidak membutuhkan tenaga ekstra. Bahkan, pada pemasangan asbes juga tidak membutuhkan banyak material pendukung sehingga dapat menghemat biaya operasional.

Bagi yang ingin tahu informasi mengenai jenis-jenis atap lainnya, silahkan klik tautan di bawah ini:

Jenis-jenis Genteng Terbaik Untuk Hunian

2. Proses Pemasangan yang Cukup Mudah

keunggulan asbes - Proses Pemasangan yang Cukup Mudah

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa genteng asbes mempunyai bobot yang lebih ringan. Bukan hanya itu, genteng asbes juga tampil dalam bentuk lembaran-lembaran panjang dengan tekstur halus dan berserat.

Tentu saja hal tersebut dapat memudahkan kita saat proses pemasangan genteng asbes. Bahkan, kita pun tidak harus menggunakan jasa profesional untuk memasang genteng asbes.

3. Harga yang Relatif Murah

keunggulan asbes - Harga yang Relatif Murah

Keunggulan berikutnya dari atap asbes yang harus kamu ketahui, yakni menawarkan harga yang relatif murah.

Karena hal itulah yang menjadi alasan, mengapa material asbes kerap diaplikasikan untuk atap pada hunian kelas menengah ke bawah. Ya jelas demikian, sebab harga genteng asbes ini adalah yang paling murah dibanding jenis-jenis genteng yang lainnya.

Baca Juga : Harga Lantai Kayu Murah Dari Bahan Kayu Asli (Harga Rp 200 Ribuan)

Kekurangan Atap Asbes

1. Tidak Terlalu Tahan Terhadap Benturan

kekurangan asbes - Tidak Terlalu Tahan Terhadap Benturan

Material asbes tampil dengan ukuran yang tidak terlalu tebal dan bertekstur renyah. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat asbes rentan terhadap benturan sehingga mudah mengalami keretakan dan patah. Maka dari itu, proses pemasangan genteng asbes harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai terinjak.

2. Terasa Panas

kekurangan asbes - Terasa panas

Walaupun tahan terhadap panas dan api, ternyata material asbes tidak mampu menyerap panas. Sehingga tak heran jika penggunaan genteng asbes ini dapat membuat suhu didalam ruangan rumah menjadi panas, dan membuat penghuninya merasa gerah. 

Itu sebabnya, mengapa material atap yang satu ini tidak cocok diaplikasikan pada daerah bersuhu panas. Agar suhu panas tidak turun ke dalam ruangan rumah, maka kamu bisa memberi lapisan aluminium foil pada kerangka atapnya.

3. Tampilan Desain dan Warna yang Tidak Bervariatif

kekurangan asbes - Tampilan Desain dan Warna yang Tidak Bervariatif

Selain terasa panas, kekurangan lain dari material asbes ini adalah tampilan warnanya yang terkesan monoton.

Hal itu pun terbukti, yang mana genteng asbes ini hanya menyediakan warna putih keabu-abuan saja. Tak hanya segi warna, bahkan tampilan monoton genteng asbes juga terdapat pada desainnya dengan bentuk gelombang saja.

4. Dapat Mengganggu Saluran Pernafasan

kekurangan asbes - Dapat Mengganggu Saluran Pernafasan

Kekurangan berikutnya dari material asbes yang harus kamu ketahui, yakni tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Ya, material asbes memiliki zat partikel bersifat racun yang tentunya dapat membahayakan saat terhirup oleh manusia. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, partikel racun dari asbes ini bisa meningkatkan risiko infeksi paru-paru lho!

Harga Atap Asbes Per Lembar

Harga Asbes Merk Harvlex

  • Ukuran 150 x 80 x 0.35 cm : Rp 28.500
  • Ukuran 180 x 80 x 0.35 cm : Rp 33.500
  • Ukuran 210 x 80 x 0.35 cm : Rp 37.500
  • Ukuran 240 x 80 x 0.35 cm : Rp 42.500
  • Ukuran 270 x 80 x 0.35 cm : Rp 50.000
  • Ukuran300 x 80 x 0.35 cm : Rp 55.500
  • Ukuran 150 x 105 x 0.4 cm : Rp 45.000

Harga Asbes Merk Jabesmen

  • Ukuran 150 x 105 mm : Rp 42.500
  • Ukuran 180 x 105 mm : Rp 52.500
  • Ukuran 210 x 105 mm : Rp 57.000
  • Ukuran 240 x 105 mm : Rp 65.000
  • Ukuran 270 x 105 mm : Rp 75.000
  • Ukuran 300 x 105 mm : Rp 82.500

Tips Memasang Atap Asbes

1. Menggunakan Masker

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa material asbes memiliki partikel bersifat racun yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, wajib bagi kamu untuk menggunakan masker saat akan memasang genteng asbes.

Baca Juga : Trik Menata Dekorasi Kamar Mandi Dengan Mudah

2. Lakukan Secara Hati-hati & Teliti

Dikarenakan material asbes memiliki tekstur yang tidak terlalu kuat, tentu saja pada proses pemasangannya harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai terinjak oleh kaki. Agar genteng asbes bisa menempel dengan sempurna, maka harus dipaku menggunakan paku payung. Selain itu, cek kembali antar bagian dan pastikan tidak ada rongga pada asbes.

3. Pastikan Pemasangannya Benar-benar Sudah Rapat

Hal penting berikutnya yang akan dibahas, yakni memastikan setiap pemasangan sambungan tumpukan akhir dan sampingnya telah rapat. Ya, hal ini bertujuan agar terhindar dari kebocoran.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk-beluk seputar atap asbes, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.