Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Berbagai Ide Desain Kisi-kisi Kayu yang Akan Memperindah Tampilan Rumahmu

 

Berbagai Ide Desain Kisi-kisi Kayu yang Akan Memperindah Tampilan Rumahmu

Desain Kisi-kisi Kayu – Apakah diantara kamu ada yang pernah mendengar tentang kisi-kisi kayu? Ya, kisi-kisi kayu ini bisa dibilang sebagai salah satu aksesoris terbaru untuk kebutuhan interior maupun exterior rumah.

kisi-kisi itu sendiri merupakan deretan bilah kayu yang ditata dalam pola horizontal maupun bentuk geometris lainnya.Jika dilihat dari segi fungsinya, kisi-kisi kayu ini biasanya digunakan sebagai penghalang sinar matahari secara langsung.

Tak cuma itu, penggunaan kisi-kisi kayu juga berperan sebagai pengatur sirkulasi udara di dalam sebuah ruangan. Terlepas dari fungsinya, keberadaan kisi-kisi kayu pun tentunya dapat memperindah tampilan interior maupun exterior rumah kita.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena kisi-kisi kayu tampil dengan motif-motif garis yang dapat menciptakan nilai estetik. Dengan adanya kisi-kisi kayu, dinding yang tadinya polos akan terlihat lebih menarik dan berestetika.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai berbagai ide desain kisi-kisi kayu, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Ide Desain Kisi-kisi Kayu Terbaik

1. Desain Kisi-kisi Kayu Untuk Plafon

Desain Kisi-kisi Kayu Untuk Plafon

Apakah kamu sudah merasa bosan dengan desain plafon gypsum yang begitu-begitu saja? Jika iya, maka penggunaan kisi-kisi kayu ini adalah pilihan yang paling tepat. Dengan menggunakan Kisi-kisi Kayu sebagai plafon rumah, maka jangan heran jika tampilan interior rumah anda akan tampak lebih mewah, elegan, dan natural.

Baca Juga : Inilah 4 Kelebihan Plafon Kayu yang Jarang Diketahui

2. Desain Kisi-kisi Kayu Untuk Partisi (Sekat)

Desain Kisi-kisi Kayu Untuk Partisi (Sekat)

Untuk kamu yang menyukai sekat bebahan Kayu, tentu saja ide desain kisi-kisi yang satu ini wajib dicoba. Dengan adanya partisi berbentuk siku yang space-saving dan bergaya Japandi, tentunya akan ada transisi yang jelas antar ruang depan dengan ruang makan.

Tidak harus selalu dengan area yang besar, karena anda bisa membingkai area tersebut lebih pas dengan kehadiran penataan Kisi-kisi Kayu yang unik. Selain itu, jangan lupa juga pada bagian Kisi-kisi Kayu terdapat beberapa lubang kotak yang dapat anda manfaatkan untuk meyimpan aksesoris pajangan.

3. Desain Kisi-kisi Kayu Untuk Secondary Skin

Desain Kisi-kisi Kayu Untuk Secondary Skin

Secondary Skin itu apa sih…??? Perlu kalian ketahui, Secondary Skin ini merupakan salah satu bagian paling luar dari fasad rumah yang biasanya tidak langsung menempel pada dinding eksterior rumah. Tak hanya dapat memperindah tampilan rumah, keberadaan Secondary Skin ini juga berguna untuk melindungi rumah dari paparan sinar matahari secara langsung.

4. Desain Kisi-kisi Kayu Untuk Gazebo

Desain Kisi-kisi Kayu Untuk Gazebo

Gazebo merupakan bangunan outdoor yang biasanya menggunakan material kayu dan bambu. Selain itu, umumnya gazebo tampil dengan bentuk bundar atau heksagonal yang bagian lantai dan atapnya dibuat permanen.

Akan tetapi, tak jarang juga ada gazebo yang tampil dengan bentuk kotak maupun bentuk-bentuk berbeda lainnya. Begitu pun dengan Pergola, yang mana ia merupakan bangunan outdoor untuk memperindah tampilan taman.

5. Desain Kisi-kisi Kayu Untuk Atap Pergola

Desain Kisi-kisi Kayu Untuk Gazebo

Jika di area rumahmu terdapat taman? yang jarang terpakai, maka sudah saatnya untuk membangun sebuah pergola dengan kisi-kisi kayu. Dengan adanya pergola kayu, tentu saja bisa kamu manfaatkan sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga tercinta.

Artikel Terkait : Berbagai Ide Desain Pergola Kayu Minimalis yang Wajib Dicoba

Dalam hal ini, Kisi-kisi Kayu di area taman bisa dibuat dalam bentuk pergola dengan panel yang rapat pada salah satu sisi penyangga maupun sebagai atap yang teduh.

Rekomendasi Material Kisi-kisi Kayu Terbaik

1. Kisi-kisi Kayu Merbau

Kisi-kisi Kayu Merbau

Kisi-kisi Kayu Merbau memiliki ciri khas, yakni mengusung warna merah kecokelatan yang berpadu dengan pola serat berbentuk lurus. Dengan menggunakan kisi-kisi Kayu Merbau tentunya dapat menghadirkan kesan yang lebih mewah, elegan, namun masih tetap natural.

Tak hanya unggul dari segi tampilannya saja, bahkan kisi-kisi Kayu Merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap maupun perubahan cuaca ekstrim.

Namun, terdapat satu kekurangan dari kisi-kisi Kayu Merbau yang harus diketahui. Ya, umumnya Kayu Merbau ini biasanya akan mengeluarkan getah saat terkena air, sehingga tekstur permukaannya akan terasa lengket saat diraba dengan tangan.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena getah tersebut sama sekali tidak mengurangi kualitas dari kisi-kisi kayu merbau dan akan hilang dengan sendirinya paling cepat dalam waktu 2 minggu, atau paling lambatnya sekitar 1 – 2 bulan. 

Adapun mengenai harga kisi-kisi kayu merbau yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 60 ribuan per meter untuk ukuran 3 x 6 x 100 cm, dan Rp 400 ribu untuk ukuran 3 x 6 x 400 cm.

Untuk informasi pemesanan kisi-kisi kayu merbau, silahkan hubungi marketing kami di nomor 0811 212 031

2. Kisi-kisi Kayu Jati

kisi-kisi kayu jati

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kayu jati memiliki kualitas diatas rata-rata jenis kayu lainnya. Pada bagian terasnya, kayu jati ini tampil dengan warna emas gelap sedangkan bagian gubalnya mengusung warna krem atau bahkan putih kecoklatan.

Pastinya penggunaan kisi-kisi kayu jati ini akan membuat tampilan interior maupun eksterior rumah kita menjadi lebih mewah, elegan, dan natural.Dinilai dari tingkat keawetannya, kayu jati termasuk kedalam kategori kelas I.

Lebih hebatnya lagi, kayu jati mempunyai kandungan minyak pelumas yang berperan sebagai pelindung dari serangan rayap. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu jati tidak mudah ditembus oleh rayap, tidak mudah mengalami pelapukan, hingga tahan terhadap perubahan cuaca.

Kisi-kisi kayu jati yang tersedia dipasaran akan dibedakan lagi kedalam beberapa kelas berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C. Sesuai dengan urutan kelasnya, dimana jati grade A memiliki kualitas yang lebih bagus ketimbang grade B dan grade C. Itu sebabnya, mengapa kayu jati grade A dibanderol dengan harga yang lumayan mahal.

Baca Juga : Perbedaan Kayu Jati dan Kayu Merbau, Mana yang Lebih Unggul?

3. Kisi-kisi Kayu Ulin

Kisi-kisi Kayu Ulin

Kayu ulin memiliki tekstur yang agak kasar dan sangat keras. Saking kerasnya, bahkan kayu ulin kerap dijuluki dengan nama “kayu besi“ sehingga proses pemotongannya pun tergolong cukup sulit.

Itu sebabnya, mengapa maka tak heran jika kayu ulin sangat ideal dijadikan sebagai bahan baku untuk kisi-kisi. Adapun tingkat kekuatan kayu ulin yang termasuk kedalam kelas I, begitu juga dengan tingkat keawetannya yang juga masuk ke dalam kelas I.

Artikel Terkait : Decking Ulin Dengan Tekstur Sekeras Besi

Dengan teksturnya yang sekeras besi, secara otomatis kisi-kisi kayu ulin tidak akan mudah ditembus oleh rayap maupun hama serangga pemakan kayu lainnya. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kisi-kisi kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca ekstrim.

Nah, seperti itulah berbagai ide desain kisi-kisi kayu beserta rekomendasi material terbaiknya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.