Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Mengintip Khasiat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

 

Khasiat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Kayu Manis – Berbicara soal salah satu bahan obat alami, pastinya pikiran kita akan langsung tertuju pada kayu manis bukan? Ya, jenis tumbuhan yang satu ini memang selalu dimanfaatkan sebagai bahan obat alami untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Hal itu pun terbukti, dimana penggunaan kayu manis sebagai bahan obat alami sudah dilakukan sejak berabad-abad silam yang lalu lho.

Nah, sebelum membahas seputar khasiat kayu manis untuk kesehatan tubuh, ada baiknya jika kita bahas dulu mengenai asal-usul kayu manis. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Asal-usul Kayu Manis

asal-usul kayu manis

Mungkin masih banyak diantara kita yang merasa penasaran, apakah kayu manis benar-benar memiliki rasa manis? Ya, sesuai dengan namanya, yang mana jenis kayu ini memiliki rasa manis.

Menurut informasi yang didapat, kayu manis itu sendiri berasal dari kulit pohon cemara jenis Genus Cinnamomum. Bagian luar dan dalam pada kulit pohon cemara tersebut akan dikupas untuk menghasilkan rasa manis.

Saat dijemur sampai kering, biasanya lembaran kulit kayu manis ini akan terlipat secara alami. Nah, bentuk tersebutlah yang nantinya akan dipotong menjadi batang atau dihancurkan menjadi bubuk rempah-rempah.

Baca Juga : Ini Dia Khasiat Daun Bidara yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Menariknya lagi, ternyata Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi pemasok kayu manis terbesar di dunia lho. Hal itu bukan tanpa alasan, karena sebanyak 85% kayu manis yang ada dipasar skala global itu berasal dari Indonesia.

Adapun mengenai pertumbuhan pohon Genus Cinnamomum yang banyak dibudidayakan di daerah Sumatera Barat dan Jambi (tepatnya di kawasan Gunung Kerinci).Terdapat beberapa negara yang menjadi konsumen terbesar kayu manis dari Indonesia, seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Kanada.

Namun sayang, harga jual komoditas kayu manis ini tergolong sangat rendah. Mengapa bisa demikian..?? Pasalnya, Indonesia mengekspor kayu manis hanya dalam bentuk bahan baku saja.

Ciri Khas Pohon Kayu Manis

Ciri Khas Pohon Kayu Manis

Seperti yang sudah disinggung pada ulasan diatas tadi, bahwa kayu manis berasal dari kulit pohon cemara jenis Genus Cinnamomum. Pohon kayu manis bisa tumbuh dengan ketinggian berkisar 5 sampai 15 meter, sedangkan warna pohonnya mengusung warna abu-abu.

Ia juga memiliki aroma yang khas, sedangkan kayunya tampil dengan warna merah coklat muda. Terdapat pula daun tunggal yang bertekstur kaku dengan tiga buah tulang daun yang tumbuh melengkung. Biasanya panjang tangkai dari daun tersebut mencapai 0,5 sampai 1,5 cm.

Berbagai Khasiat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

1. Membunuh Bakteri dan Jamur

khasiat kayu manis - Membunuh Bakteri dan Jamur

Kayu manis dperkaya dengan kandungan senyawa cinnamaldehyde yang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Tentu saja kayu manis ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah jenis infeksi pada kulit.

Menurut beberapa pakar kulit ternama dunia, yang menyebutkan bahwa minyak ekstrak kayu manis sudah terbukti mampu mengobati infeksi saluran pernafasan akibat jamur. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, minyak kayu manis juga cukup efektif untu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu. 

Artikel Menarik Lainnya : Manfaat Luar Biasa Dari Daun Cincau yang Harus Kamu Ketahui

2. Dapat Meningkatkan Imun Tubuh

khasiat kayu manis - Dapat Meningkatkan Imun Tubuh

Kesehatan seseorang sangat bergantung pada tingkat kekebalan sistem tubuh. Nah, sistem imun inilah yang dihasilkan dari asupan kandungan antioksidan. Kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, dimana ia berperan untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh serangan radikal bebas.

Bukan hanya itu, kayu manis juga dilengkapi dengan senyawa polifenol yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatkanya sistem imun, tentu saja tubuh kita tidak akan mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit.

3. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

khasiat kayu manis - Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain dapat meningkatkan sistem imun tubuh, kayu manis juga memiliki manfaat lainnya yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Tak hanya itu, bahkan kayu manis pun bisa bekerja pada sel dengan meniru insulin.

Alhasil, proses tersebut akan meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel di dalam tubuh, walapun kinerjanya tidak sesingkat insulin tadi. Itu sebabnya, mengapa para penderita diabetes tipe 2 dianjurkan untuk mengonsumsi kayu manis sebanyak 1 sampai 6 gram (sekitar setengah sendok teh sampai dua sendok teh) per hari.

4. Dapat Meningkatkan Hormon Insulin

khasiat kayu manis - Dapat Meningkatkan Hormon Insulin

Manfaat selanjutnya dari kayu manis untuk kesehatan tubuh, yakni dapat meningkatkan hormon insulin. Pada dasarnya, hormon insulin itu sendiri berperan sebagai pengatur metabolism tubuh dan penggunaan energi.

Tak hanya itu, hormon insulin juga berperan penting untuk membawa gula darah dari aliran darah yang menuju ke sel-sel dalam tubuh. Akan tetapi, ada beberapa orang yang mempunyai masalah resistensi insulin sehingga membuat hormon tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.

Oleh karenanya, kayu manis sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan yang satu ini. Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat kayu manis mempunyai beberapa kandungan senyawa yang bertugas untuk membantu insulin dalam melakukan fungsinya.

5. Mampu Meningkatkan Performa Otak

khasiat kayu manis - Mampu Meningkatkan Performa Otak

Agar terhindar penyakit alzheimer dan parkinson sejak dini, maka mengonsumsi ekstrak kayu manis secara rutin dan teratur merupakan pilihan yang paling tepat. Hal ini dikarenakan fungsi kayu yang mampu mencegah penumpukkan protein berbahaya di dalam otak.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kayu manis ini diyakini mampu melindungi sel saraf otak (neuron) hingga meningkatkan fungsi motorik. Bukan hanya itu saja, bahkan mengonsumsi kayu manis secara rutin dan teratur dapat memperbaiki saluran pencernaan lho.

Baca Juga : Kayu Cendana Dengan Segudang Manfaatnya

6. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

khasiat kayu manis - Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh tentunya dapat memicu penyumbatan pembuluh darah, sehingga akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa kayu manis memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengonsumsi kayu manis yang dicampur dengan madu murni. Adapun mengenai campuran takarannya adalah 1 sdt madu dan 1/2 sdt kayu manis bubuk, lalu masukkan kedalam segelas air panas.

7. Untuk Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

khasiat kayu manis - Untuk Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh paling menakutkan di dunia. Hal itu bukan tanpa alasan, karena penyakit jantung bisa datang secara mendadak tanpa disertai gejala apapun.

Seseorang yang tadinya terlihat sehat bugar bisa mendadak ambruk saat serangan jantung datang. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat penyakit jantung sering disebut dengan istilah Sillent killer. Indonesia sendiri termasuk sebagai salah satu negara dengan tingkat kematian tertinggi akibat penyakit jantung.

Kayu manis mempunyai beragam zat positif yang bertugas untuk menstabilkan tekanan darah. Sehingga manfaat tersebut dapat memperkecil risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai khasiat kayu manis untuk kesehatan tubuh, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.