Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ingin Gunakan Lantai Granit? Cek Dulu Keunggulan dan Kekurangannya

 

Keunggulan dan kekurangan lantai grani

Keunggulan dan kekurangan lantai granit – Keberadaan lantai pastinya tak dapat dipisahkan dalam sebuah hunian. Hal itu bukan tanpa sebab, karena fungsi lantai untuk meningkatkan rasa nyaman pada pijakan kaki.

Tak cuma itu, bahkan fungsi lantai juga mampu mempertegas keindahan dalam ruangan rumah lho. Oleh karenanya, kita harus lebih selektif lagi saat hendak memilih jenis material lantai yang akan digunakan.

Pasalnya, setiap jenis material lantai mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Ya, begitu pun dengan material lantai granit yang tampil dengan ciri khasnya tersendiri.

Nah, untuk kamu yang berencana ingin menggunakan lantai granit, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan membahas seputar kelebihan dan kekurangan lantai granit. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Material Granit

Menurut kabar yang beredar, material granit terbuat dari batuan alam yang pada umumnya sering digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan konstruksi seperti lantai, dinding, dan lain sebagainya. Batu granit diproses melalui pembekuan magma yang berlangsung secara bertahap dan perlahan di dalam bumi.

Sekilas Tentang Material Granit

Adapun mengenai tampilan fisiknya yang tampil dengan warna abu-abu, putih, hingga gabungan dari keduanya. Akan tetapi, ada pula batu granit yang tampil dengan warna jingga atau merah muda. Lantas, mengapa warnanya bisa berbeda-beda?

Perbedaan warna batu granit ini tergantung pada proses kimiawi yang terjadi serta kandungan mineral yang ada didalamnya. Selain memiliki tampilan yang indah, batu granit juga mempunyai kilauan yang alami.

Pada proses pembuatannya, batu granit yang berukuran besar akan dipecah atau dipotong-potong hingga menghasilkan ukuran yang sesuai kebutuhan.

Keunggulan Lantai Granit

1. Mempunyai Tingkat Ketahanan yang Mumpuni

lantai granit Mempunyai Tingkat Ketahanan yang Mumpuni

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tingkat ketahanan pada lantai granit ini berada diatas rata-rata. Sehingga tak heran jika lantai granit dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Tak hanya daya tahannya yang baik, ternyata lantai granit juga tidak mudah lecet meski tergores oleh berbagai benda tajam. Mengingat akan hal itu, maka sudah sepantasnya material yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan pelapis lantai.

Baca Juga : Mari Kita Bahas Keunggulan dan Kekurangan Lantai Marmer

2. Bisa Dipasang di Area yang Lembab

lantai granit Bisa Dipasang di Area yang Lembab

Banyak yang beranggapan bahwa lantai granit hanya bisa diaplikasikan pada area yang kering saja. Padahal, kenyataannya lantai granit juga bisa diaplikasikan di area yang lembab, seperti dapur, teras kamar mandi, hingga garasi.

Dengan menggunakan lantai granit, kamu pun tidak perlu cemas mengenai kelembapan yang merusak bagian subfloor. Hal itu bukan tanpa sebab, karena lantai granit mampu menciptakan permukaan yang praktis serta tidak mudah ditembus oleh cairan.

Artikel Serupa : Jual Lantai Kayu Tahan Air Untuk Kamar Mandi & Dapur

3. Dapat Mengurangi Gejala Alergi

lantai granit Dapat Mengurangi Gejala Alergi

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang memiliki riwayat alergi tertentu? Jika iya, maka penggunaan lantai granit ini merupakan pilihan paling tepat. Pasalnya, lantai granit diyakini memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala alergi didalam rumah.

Agar mendapatkan manfaat tersebut, maka kondisi kebersihan lantainya harus terjaga dengan baik. Cara membersihkan lantai granit pun terbilang cukup mudah, dimana kamu hanya perlu menyapunya setiap hari agar terbebas dari berbagai kotoran. Disamping itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk mengepel lantai granit minimalnya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kekurangan Lantai Granit

1. Pemasangan Harus Dilakukan Oleh Ahlinya

Pemasangan lantai granit Harus Dilakukan Oleh Ahlinya

Kekurangan pertama dari lantai granit yang akan dibahas, yakni proses pemasangannya yang terbilang sulit. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, granit memiliki bobot yang lebih berat dibanding material lainnya sehingga membutuhkan tenaga ekstra saat proses pemasangan.

Itu sebabnya, mengapa proses pemasangan lantai granit bisa memakan waktu lama dan biaya operasional yang cukup mahal. Maka dari itu, kamu jangan pernah coba-coba untuk memasang lantai granit seorang diri.

Baca Juga : Informasi Biaya Pasang Parket Kayu Rapih dan Bergaransi

2. Tekstur Permukaan Lantai Granit Licin

Tekstur Permukaan Lantai Granit Licin

Meski bisa diaplikasikan di area yang basah, namun bukan berarti bahwa lantai granit ini bisa diaplikasikan didalam kamar mandi. Ya, lantai granit akan terasa sangat licin saat terkena air, sehingga dapat meningkatkan risiko terpeleset.

Tak cuma itu, lantai granit juga akan berubah menjadi sangat dingin Ketika memasuki musim penghujan. Oleh karenanya, lantai granit tidak direkomendasikan bagi mereka yang tinggal didaerah dengan tingkat curah hujan tinggi.

Daftar Harga Lantai Granit Terbaru

Setelah mengetahui keunggulan dan kekurangannya, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai daftar harga lantai granit terbaru berdasarkan ukuran dan merk.

Lantai Granit Merk Indogress

  • Indogress Granit Foresta Satin (ukuran 60×60) : Rp 478.000
  • Indogress Granit Uni Color Polished (ukuran 60×60) : Rp 410.000
  • Indogress Granit Salt & Pepper Polished (ukuran 60×60) : Rp 406.000
  • Indogress Granit Cristallo Polished (ukuran 60×60) : Rp 517.000
  • Indogress Granit Marmo Polished (ukuran 60×60) : Rp 526.000

Lantai Granit Merk Garuda

  • Garuda Tile Broken White (Ukuran 60×60) : Rp 115.000
  • Garuda Motif Kayu (ukuran 60×60) : Rp 213.000
  • Garuda GS62001 Madrid (ukuran 60×60) : Rp 118.500
  • Garuda R6515S Huelva (ukuran 60×60) : Rp 193.000

Baca Juga : Lantai Vinyl Motif Kayu dan Informasi Lengkapnya

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai seluk beluk lantai granit, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.