Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Mari kita Bahas Keunggulan & Kekurangan Lantai Marmer

 

Keunggulan & Kekurangan Lantai Marmer

Keunggulan kekurangan lantai marmer – Sejatinya setiap elemen interior maupun exterior dalam sebuah hunian memiliki keterikatan satu sama lainnya untuk menonjolkan tingkat keindahan dan kenyamanan bagi para penghuninya.

Begitu pun dengan keberadaan lantai yang memang menjadi salah satu elemen terpenting dalam hunian, entah itu dari segi keindahan ataupun segi kenyamanan. Dengan kata lain, tingkat kenyaman serta keindahannya tergantung pada jenis material lantai yang digunakan.

Hal itu bukan tanpa sebab, karena setiap jenis material lantai memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ya, salah satunya berupa lantai berbahan marmer yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Mengenal Material Marmer

Marble atau marmer merupakan salah satu jenis material yang terbuat dari batuan alami. Sehingga tak heran jika marmer menampilkan tingkat keindahan yang tidak dimiliki oleh material lainnya.

Mengenal Material Marmer

Pada umumnya marmer kerap digunakan sebagai material untuk lantai. Meski demikian, material marmer juga bisa diaplikasikan sebagai pelapis dinding. Lantas, seperti apakah keunggulan dan kekurangan dari lantai marmer? Nah, biar kamu gak penasaran mending simak saja langsung ulasan dibawah ini.

Keunggulan Lantai Marmer

1. Memberikan Nuansa Mewah

Keunggulan pertama dari lantai marmer yang harus kamu ketahui, yakni dapat menghadirkan kesan mewah pada ruangan rumah. Hal itu bukan tanpa alasan, karena permukaan lantai marmer tampil dengan corak eksotis yang dipercantik oleh kilauan-kilauan bening.

keunggulan lantai marmer - Memberikan Nuansa Mewah

Bukan hanya itu, bahkan lantai marmer juga mempunyai perpaduan warna-warna yang begitu solid sehingga dapat mempertegas kesan natural. Tentu saja penggunaan lantai marmer merupakan pilihan paling tepat untuk menghadirkan nuansa mewah didalam hunian.

Baca Juga : Mengintip Kelebihan dan Kekurangan Woodplank

2. Mempunyai Tingkat Kekuatan dan Ketahanan yang Cukup Bagus

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa marmer terbuat dari bahan batuan alami. Itu sebabnya, mengapa lantai marmer memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang cukup bagus. Menariknya lagi, ternyata proses perawatan lantai marmer ini terbilang cukup mudah.

Mempunyai Tingkat Kekuatan dan Ketahanan yang Cukup Bagus

Pasalnya, ia mempunyai kilauan mineral penyusun yang membuatnya tidak mudah kusam. Untuk cara perawatannya sangat mirip dengan perawatan lantai keramik, yakni cukup di pel dan disapu seperti biasa.

3. Mampu Memberikan Efek Sejuk

lantai marmer Mampu Memberikan Efek Sejuk

Keunggulan berikutnya dari lantai marmer yang akan dibahas, yakni dapat memberikan efek sejuk didalam ruangan rumah. Tentu saja material lantai yang satu ini sangat cocok diaplikasikan bagi mereka yang tinggal di daerah dengan cuaca panas.

Artikel Menarik Lainnya : Yuk, Kita Kenali Jenis-jenis Triplek

4. Bisa Dipasang Dihampir Semua Ruangan

Tak hanya menciptakan efek sejuk, lantai marmer pun bisa kamu pasang disemua ruangan rumah. Ya, mulai dari area teras, ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan lain sebagainya. Apalagi lantai marmer tersedia kedalam berbagai motif, sehingga dapat kamu pilih sesuai dengan konsep maupun tema rumah.

lantai marmer Bisa Dipasang Dihampir Semua Ruangan

Agar tampilan ruangan rumah tidak terkesan membosankan, kamu pun bisa memadukannya dengan material lain seperti furniture kayu hingga barang-barang berbahan logam lainnya.

Kekurangan Lantai Marmer

1. Harga yang Relatif Mahal

Spesifikasi lantai marmer yang sangat mumpuni tentu saja tidak terlepas dari awal prosesnya, mulai dari pengambilan bahan baku hingga diolah menjadi sebuah material yang bernilai tinggi. Sehingga tak heran jika harga lantai marmer dipasaran relatif mahal.

Itu sebabnya, mengapa lantai marmer hanya bisa kita temui pada rumah orang-orang kalangan menengah ke atas saja. Dikarenakan harganya yang relatif mahal, mungkin penggunaan lantai parket kayu bisa dijadikan alternatifnya.

Artikel Terkait : Produk Lantai Kayu Murah Rp 200 Ribuan (Dari Bahan Kayu Asli)

2. Tidak Cocok Ditempatkan Pada Ruangan yang Berair

Disamping harganya yang relatif mahal, ternyata permukaan lantai marmer terasa cukup licin lho! Tentu saja hal tersebut dapat meningkatkan risiko terpeleset. Belum lagi tekstur lantai marmer yang keras, sehingga akan membahayakan keselamatan jika sampai kepalamu terbentur.

Maka dari itu, penggunaan lantai marmer tidak cocok diaplikasikan di area-area yang berair seperti kamar mandi dan pinggiran kolam. Khusus pinggiran kolam renang, sebaiknya kamu gunakan deck wood atau decking kayu karena teksturnya terasa kesat sehingga tidak akan licin meski terkena air.

3. Biaya Pemasangan yang Cukup Tinggi

Kekurangan berikutnya dari lantai marmer yang harus kamu ketahui, yakni proses pemasangannya yang tergolog rumit. Maka dari itu, kamu yang tidak memiliki keahlian di bidang ini jangan coba-coba untuk memasang lantai marmer seorang diri.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena proses pemasangan lantai marmer harus dilakukan secara hati-hati dan teliti agar pemasangannya presisi. Itu sebabnya, mengapa ongkos biaya pemasangan lantai marmer tergolong cukup mahal.

Nah, seperti itulah review mengenai keunggulan dan kekurangan lantai marmer, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.