Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Keunggulan & Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu Solid

 

Keunggulan kekurangan lantai kayu solid

Keunggulan kekurangan lantai kayu solid – Pada dasarnya parket atau lantai kayu terbagi kedalam dua tipe berbeda, yakni lantai kayu solid dan lantai kayu olahan (sintetis).

Dinilai dari segi kualitas, tentu saja lantai kayu solid jauh lebih unggul dibanding lantai kayu olahan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material lantai kayu solid yang terbuat dari bahan kayu asli sehingga spesifikasinya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Lain halnya dengan lantai kayu olahan yang bahannya terbuat dari campuran serbuk kayu, plastic (PVC), dan zat-zat kimia lainnya. Meski demikian, lantai kayu solid juga memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri.

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar lantai kayu solid, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Sekilas Tentang Lantai Kayu Solid

Lantai kayu (parket) merupakan kumpulan lembaran kayu yang bisa berupa kayu solid. Jenis lantai kayu tersebut menjadi salah satu unsur dekoratif yang diaplikasikan pada berbagai bangunan, seperti villa, hotel, restoran, cafe, hingga rumah pribadi.

Sekilas Tentang Lantai Kayu Solid

Meski terdengar sama, ternyata antara lantai kayu dan parket itu memiliki arti yang berbeda. Lantai parket adalah kepingan kayu yang memiliki profil di bagian sisinya agar saling mengunci satu sama lain ketika dipasangkan, kemudian akan diperkuat lagi dengan paku tembak.

Bukan hanya itu, produk parket juga akan dibedakan lagi kedalam dua tipe berbeda, yakni parket solid dan parket engineered.

Sedangkan lantai kayu solid adalah satuan kayu utuh yang dipasang satu sama lain dengan bantuan skrup. 

Keunggulan Lantai Kayu Solid

1. Meningkatkan Nilai Keindahan

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa penggunaan lantai kayu solid dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. Hal itu terlihat mulai dari tingkat keindahan warna dan pola seratnya yang begitu serasi, sehingga akan menghadirkan nuansa natural, elegan, mewah, dan nyaman.

lantai kayu dapat Meningkatkan Nilai Keindahan

Apalagi untuk jenis lantai kayu jati, yang mana ia memiliki kualitas mumpuni pada setiap komponennya, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat keawetan, hingga tingkat keindahan warna dan pola seratnya. Terlebih untuk jenis lanta kayu jati yang memang terkenal dengan spesifikasinya yang sangat mumpuni.

Artikel Serupa : Lantai Kayu Jati yang Menjadi Favorit Banyak Orang

2. Dapat Digunakan Dalam Jangka Waktu yang Lama

Produk lantai kayu solid sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap maupun jamur, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, produk lantai kayu juga tahan terhadap perubahan cuaca.

lantai kayu Dapat Digunakan Dalam Jangka Waktu yang Lama

Apalagi jika diberi perawatan yang tepat dan benar, dimana daya tahan lantai kayu ini bisa mencapai hingga ratusan tahun.

3. Bisa Dijadikan Investasi Jangka Panjang

lantai kayu Bisa Dijadikan Investasi Jangka Panjang

Banyak yang beranggapan bahwa penggunaan lantai kayu hanya berlaku untuk kalangan menengah ke atas saja. Padahal, kamu juga bisa mendapatkan produk lantai kayu murah dengan harga mulai dari Rp 200 ribuan. Tentu saja hal tersebut dapat kamu jadikan sebagai investasi jangka panjang. 

4. Berdampak Positif Bagi Penderita Rematik

Keunggulan berikutnya dari lantai kayu solid yang harus kalian ketahui, yakni bisa berdampak bagus untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa lantai kayu memiliki sifat menyerap energy panas untuk kemudian dialirkan kedalam ruangan rumah.

lantai kayu Berdampak Positif Bagi Penderita Rematik

Dengan begitu, maka suhu ruangan di dalam rumah pun akan tetap terasa hangat meski ditengah musim dingin. Tentu saja hal ini sangat bagus bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu, seperti halnya penyakit rematik.

Terlebih dengan aroma harum natural khas kayu, sehingga penggunaan lantai parket ini dapat menghadirkan nuansa yang lebih rileks dan bersahabat.

5. Proses Perawatan yang Tergolong Mudah

Proses Perawatan lantai kayu yang Tergolong Mudah

Sebenarnya cara perawatan lantai kayu itu memang cukup berbeda dengan bahan lantai pada umumnya, seperti keramik maupun marmer.

Mengingat materialnya yang terbuat dari bahan kayu asli, tentu saja lantai kayu solid harus diberikan perawatan khusus agar awet dan tahan lama. 

Artikel Terkait: Pembersih Lantai Kayu yang Boleh dan Jangan Digunakan

Kekurangan Lantai Kayu Solid

1. Rentan Terhadap Goresan

Permukaan lantai kayu bisa saja terjadi kerusakan akibat adanya goresan dari benda-benda yang ujungnya tajam, seperti meja, kursi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, saat akan memindahkan barang-barang tersebut harus diangkat dan bukan dengan cara digeser atau diseret.

Bagi kamu yang suka memakai sepatu hak tinggi sebaiknya dilepas dulu saat akan menginjak lantai kayu. Ya, sebab bagian hak sepatunya yang runcing sehingga dapat membuat goresan pada permukaan lantai kayu.

2. Berpotensi Terjadi Kerusakan

Sekuat apapun material kayu, namun tetap saja ia tidak bisa terhindar dari berbagai kerusakan. Apabila tidak diberi perawatan yang tepat, maka jangan harap lantai kayu bisa berumur panjang. Itu sebabnya, mengapa produk lantai kayu harus diberi perawatan dengan baik dan benar.

3. Harga yang Cenderung Mahal

Dikarenakan materialnya terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan asing, maka wajar saja jika harga lantai kayu solid cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan lantai lainnya.

Meski dibanderol dengan harga yang mahal, namun hal itu sangat sebanding dengan kualitas yang dimilikinya. Jika harga lantai kayu solid dirasa terlalu mahal, maka jenis sticker lantai kayu tempel merupakan alternatif terbaiknya.

Artikel Serupa : Ini Dia 3 Jenis Sticker Lantai Kayu Terlaris Dipasaran

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai keunggulan dan kekurangan lantai kayu solid, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.