Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ini Dia Daftar Jenis Decking Kayu Terbaik Untuk Pagar Rumah

 

Decking kayu pagar rumah

Decking kayu pagar rumah – Sejak dari dulu sampai sekarang, kayu masih tetap menjadi andalan dalam menunjang berbagai kebutuhan konstruksi bangunan. Ya, mulai dari kusen pintu, jendela, rangka atap, plafon, hingga pagar rumah.

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa penggunaan pagar kayu dapat menghadirkan kesan natural dan elegan. Pasalnya, mengingat material kayu mengusung warna yang begitu serasi dengan pola seratnya.

Meski demikian, tidak semua jenis kayu yang tersedia dipasaran itu cocok dijadikan sebagai bahan pagar rumah lho. Jadi, hanya jenis-jenis kayu tertentu saja yang kriterianya telah memenuhi standarisasi untuk bahan pagar rumah.

Lantas, jenis kayu mana sajakah yang cocok untuk pagar rumah? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

3 Decking Kayu Terbaik Untuk Pagar Hunian

1. Decking Kayu Bengkirai

Decking Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai mengusung warna kuning kecoklatan, sehingga ia disebut dengan istilah yellow balau. Kayu bengkirai juga memiliki tekstur padat, yang mana ia dapat kering dalam waktu mulai dari 12 hari sampai 1 bulan pada suhu normal yang kemudian diolah lagi menjadi berbagai kebutuhan properti dan konstruksi termasuk untuk pagar hunian.

Tak hanya itu saja, bahkan decking kayu bengkirai juga mempunyai tekstur yang agak kasar dengan bobotnya yang lebih berat ketimbang kayu jati maupun kayu lainnya.

Artikel Serupa: Decking Bengkirai, Jenis Decking yang Paling Banyak Digunakan

2. Decking Kayu Merbau

Kabarnya, tingkat keawetan kayu merbau termasuk kedalam kayu kelas I, sementara tingkat kekerasannya dikategorikan kedalam kelas II.

Decking Kayu Merbau

Itu sebabnya, mengapa tak heran jika decking kayu merbau cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi termasuk pagar hunian.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, decking kayu merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Kayu merbau pada umumnya tampil dengan warna merah kecoklatan serta pola serat yang lurus. Dengan menggunakan decking kayu merbau, tentu saja tampilan rumahmu akan terkesan lebih mewah, elegan, dan natural. 

Baca Selengkapnya: Mengintip Keistimewaan Decking Merbau

3. Decking Kayu Ulin

Tak hanya merbau, ulin juga menjadi salah satu jenis kayu terbaik yang cocok dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan pagar hunian. Dari segi teksturnya, kayu ulin ini tampak terasa kasar dan sangat keras. 

Decking Kayu Ulin

Tingkat kekuatan kayu ulin ini termasuk kedalam kelas I, begitu pun dengan tingkat keawetannya yang juga masuk ke dalam kelas I. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu ulin sangat ideal dijadikan bahan baku untuk berbagai kebutuhan property indoor maupun outdoor

Dengan teksturnya yang sekeras besi, secara otomatis kayu ulin tidak akan mudah ditembus oleh rayap maupun hama serangga pemakan kayu lainnya. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca ekstrim.

Artikel Terkait: Decking Kayu Ulin Dengan Tekstur Sekeras Besi

Keuntungan Menggunakan Pagar Dari Decking Kayu

1. Mempertegas Kesan Natural dan Mewah

Mempertegas Kesan Natural dan Mewah
foto@Homeshabby.com

Keuntungan pertama yang akan kamu dapatkan dari penggunaan pagar decking kayu, yakni dapat mempertegas kesan natural dan mewah. Ya, terlebih jika jenis decking kayu yang digunakannya seperti yang telah disebutkan pada ulasan diatas tadi.

2. Kuat dan Tahan Lama

Kuat dan Tahan Lama

Selain dapat mempertegas kesan natural dan mewah, penggunaan pagar dari decking kayu juga sudah terbukti kuat serta tahan lama. Kabarnya, decking kayu memiliki tingkat keawetan mencapai puluhan hingga ratusan tahun lho.

Baca juga: Inspirasi Desain Pagar Kayu Balkon Untuk Mempercantik Tampilan Rumahmu

3. Proses Perawatan yang Mudah

Proses Perawatan yang Mudah

Pada dasarnya, setiap jenis bahan pagar rumah memiliki cara perawatannya tersendiri. Begitu juga dengan pagar dari decking kayu yang mana cara perawatannya berbeda dengan jenis material pagar lainnya. Dalam hal ini, kamu hanya perlu membersihkan pagar decking kayu secara berkala.

4. Bisa di Cat Ulang

Bisa di Cat Ulang

Seiring dengan usia penggunaan dan faktor cuaca, biasanya warna pada decking kayu akan mulai memudar. Bahkan, tak jarang pula ada tampilannya yang cenderung kusam sehingga membuatnya tidak lagi sedap dipandang.

Kabar baiknya, decking kayu pagar bisa di cat ulang dengan cat khusus kayu. Adapun mengenai cara pengecatannya yang dilakukan dengan teknik pernis dan plitur.

Seperti itulah beberapa jenis decking kayu terbaik untuk pagar hunian beserta keunggulannya. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan decking kayu sebagai pagar hunian?