Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Deretan Motif Roster Beton Terbaru 2024

 

motif roster beton terbaru

Roster beton – Penggunaan roster semakin banyak diminati, terlebih di daerah perkotaan yang memiliki iklim panas seperti Jakarta.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena roster berfungsi sebagai pengatur sirkulasi udara sehingga dapat memberikan efek sejuk ke dalam ruangan rumah.

Tak hanya itu, bahkan penggunaan roster juga dapat meningkatkan nilai keindahan pada rumah. Namun, hal tersebut tergantung lagi pada jenis material dan motif roster yang digunakan.

Roster beton pun menjadi salah satu jenis material yang paling umum digunakan. Nah, secara kebetulan pada ulasan kali ini akan membahas seputar aneka motif roster beton yang terbarunya.

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Berbagai Motif Roster Beton Terpopuler

1. Roster Beton Motif Labirin

Untuk kamu yang ingin menghadirkan kesan unik dan menarik, maka roster beton motif labirin ini wajib kamu coba.

Roster Beton Motif Labirin

Hal itu bukan tanpa alasan, karena roster beton motif labirin memang memiliki tampilan yang lebih nyentrik ketimbang motif persegi.

Namun, umumnya pada satu balok roster terdiri dari beberapa bentuk persegi yang tidak simetris. Maka dari itu, penyusunan roster betonnya harus ditata dengan sebaik mungkin untuk menciptakan motif labirin.

Baca juga: Ini Dia Model Roster Minimalis yang Sedang Trend Dikalangan Arsitek

2. Roster Beton Motif Bulat

Tak hanya motif labirin, roster beton motif bulat juga sangat direkomendasikan untuk mempercantik eksterior hunian.

Roster Beton Motif Bulat

Pasalnya, roster beton motif bulat sangat cocok diaplikasikan di area teras rumah karena tampilannya yang begitu artistik.

Adapun mengenai warna yang digunakan, yakni berwarna putih bersih untuk meonjolkan kesan yang lebih minimalis dan elegan.

3. Roster Beton Motif Bunga

Roster Beton Motif Bunga

Berikutnya ada pagar roster beton motif bunga yang cocok ditempatkan di depan rumah. Untuk mempertegas kesan natural, kamu juga bisa menempatkan rumput sintetis yang berwarna hijau.

Dengan perpaduan dinding roster warna putih dan rumput sintetis hijau, tentu saja tampilan rumahmu akan tampak lebih asri dan natural.

Baca juga: Ingin Buat Taman Mini Didalam Rumah? Kenali 3 Jenis Rumput Sintetis Ini

4. Roster Beton Motif Kubus

roster beton motif kubus

Sesuai dengan namanya, yang mana roster beton ini tampil dengan bentuk persegi yang memiliki motif kotak di bagan tengahnya.

Akan tetapi, desain roster beton tersebut lebih ideal jika dipadukan dengan setengah tembok dan pagar besi yang berwarna putih.

5. Roster Beton Motif Persegi Panjang

Pada dasarnya, penyusunan roster motif persegi panjang yang ditata dengan rapi akan menghasilkan bentuk labirin.

Roster Beton Motif Persegi Panjang

Dengan begitu, maka desain roster ini sangat ideal dijadikan sebagai pagar dinding di area halaman maupun kolam renang rumah.

Pasalnya, cahaya matahari masih bisa masuk melalui lubang-lubangnya sehingga membuat ruangan tampak terang dan hangat.

6. Roster Beton Motif Persegi

Dar namanya saja sudah jelas, dinding roster beton ini tampil dengan bentuk persegi empat yang memiliki lubang di bagian tengahnya.

Roster Beton Motif Persegi

Agar tampilannya tidak terkesan monoton, kamu pun bisa mengecat roster beton yang warnanya serasi dengan warna dinding rumah.

Selain roster beton, masih ada lagi beberapa jenis bahan roster lainnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan konsep hunian.

Baca juga: Rekomendasi Pilihan Granite Motif Marmer Terbaru 2023

Plus Minus Roster Beton yang Harus Diketahui

Nilai Plus:

* Tingkat Ketahanan dan Kekuatan yang Mumpuni

Roster beton terbuat dari campuran semen, kerikil, dan pasir yang dikeringkan sehingga membuat strukturnya semakin kokoh.

Dinilai dari tingkat kekuatannya, tentu saja roster beton lebih kuat dibanding roster yang terbuat dari bahan keramik, tanah liat, maupun kayu.

Itu sebabnya, mengapa dinding roster beton dapat tidak mudah mengalami kerusakan karena tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

* Bisa Dijadikan Dinding dan Pagar

Selain dijadikan dinding, bata roster beton juga bisa digunakan sebagai pagar hunian. Ya, dikarenakan materialnya terbuat dari beton, tentu saja ia memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang sangat baik.

Dengan menggunakan roster beton, secara otomatis rumahmu akan aman dari hal-hal yang bersifat ancaman.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Keunggulan Genteng Beton yang Harus Anda Ketahui

* Mampu Menciptakan Efek Sejuk

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa roster beton itu memiliki lubang-lubang dibagian tengahnya.

Nah, lubang-lubang tersebutlah yang nantinya akan memaksimalkan sirkulasi udara di sekitar rumah, sehingga sangat cocok diaplikasikan pada rumah-rumah di daerah perkotaan.

Dengan kata lain, keberadaan roster beton ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk meminimalisir penggunaan air conditioner (AC) didalam rumah.

* Menciptakan Seni Efek Cahaya

Tak hanya memaksimalkan sirkulasi udara, lubang pada roster beton juga menjadi celah bagi sorotan matahari agar bisa masuk ke dalam rumah.

Dikarenakan proses pemasangannya dilakukan dalam satu dinding, tentu saja hal tersebut dapat menciptakan efek cahaya yang begitu cantik.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, efek cahayanya bisa berubah-ubah ke banyak tempat sehingga membuat ruangan menjadi lebih hidup.

* Sebagai Dekorasi yang Kekinian

Dengan hadirnya berbagai motif roster beton, pastinya hal ini dapat dijadikan alternatif untuk kamu yang menginginkan dekorasi menarik tanpa harus membuat beberapa perubahan maupun penambahan elemen lain.

Nilai Minus:

* Tidak Bisa Dijadikan Beton Konstruksi

Meksi materialnya terbuat dari beton, namun roster beton tidak cocok dijadikan sebagai beton konstruksi. Mengapa demikian?

Pasalnya, roster beton memiliki rongga atau lubang di bagian tengah sehingga membuat strukturnya tidak sekuat beton konstruksi.

* Tidak Cocok Dijadikan Dinding Secara Keseluruhan

Jika roster beton dijadikan dinding secara keselutuhan, maka sirkulasi udara yang dihasilkannya akan semakin berlebihan.

Bukan hanya itu saja, bahkan penggunaan roster beton yang terbalu banyak juga bisa mengurangi tingkat privasi dari penghuninya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis motif roster beton terbaru beserta nilai plus dan minusnya.