Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Berbagai Ide Desain Pergola Kayu Minimalis yang Wajib Dicoba

 

Berbagai ide desain Pergola Kayu minimalis yang  wajib dicoba

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pergola kayu merupakan salah satu elemen yang kerap digunakan untuk mempercantik tampilan rumah. Selain dapat mempercantik tampilan rumah, keberadaan pergola juga bisa dijadikan sebagai area tambahan untuk menunjang berbagai aktivitas lain.

Menurut informasi yang didapat, sebenarnya pergola sudah ada sejak zaman dulu. Namun, nama pergola baru terkenal pada masa renaisans Italia di abad ke-17. Seiring dengan berjalannya waktu, tren penggunaan pergola pun kian menyebar ke berbagai belahan negara.

Nah, sebelum membahas seputar ide desain pergola kayu, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu pergola dan untuk apa fungsinya?

Mengenal Pergola

Istilah Pergola berasal dari bahasa Latin yakni Pergula, dimana ia adalah sebuah bangunan tambahan yang dililit tanaman rambat. Pada dasarnya, Pergola adalah jenis furniture taman yang mempunyai atap dengan fungsi sebagai pembatas area taman.

mengenal pergola

Sebagai media penutupnya terdapat banyak sekali jenis tamanan rambat yang bisa digunakan, sehingga bisa kita pilih sesuai selera. Bukan hanya itu, kita juga bisa menggunakan tanaman rambat sayur-sayuran atau buah agar pergola menjadi lahan untuk meningkatkan produktivitas di rumah.

Fungsi Utama Pergola

Sebenarnya fungsi utama dari Pergola ini untuk memberikan bayangan yang teduh di area taman. Dengan kata lain, Pergola digunakan untuk meneduhkan area berjalan maupun area duduk outdoor.

Dari sekian banyaknya jenis material bangunan, kayu pun menjadi salah satu material yang kerap diandalkan untuk membuat Pergola. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Pergola yang berbahan kayu ini sangat serasi dengan tema outdoor sehingga dapat mempertegas nuansa alami.   

Baca Juga : Inilah 4 Keunggulan Plafon Kayu yang Jarang Diketahui Orang-orang

Mulanya Pergola dikenal sebagai area tambahan di taman yang menjadi tempat hidupnya untuk jenis tanaman rambat. Seiring dengan berjalannya waktu, kini fungsi Pergola pada taman juga dapat memberikan efek teduh yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk bersantai maupun bercengkrama bersama keluarga tercinta.

6 Ide Desain Pergola Kayu yang Kekinian

1. Pergola Kayu yang Dijadikan Ruang Makan Outdoor

Pergola Kayu yang Dijadikan Ruang Makan Outdoor

Dalam hal ini, kamu dapat memanfaatkan area outdoor seperti taman atau halaman belakang untuk dijadikan ruang makan outdoor dari pergola kayu. Dengan begitu, kamu bisa menikmati kelezatan kulinernya sambil menikmati keindahan area taman.

Bukan hanya itu, pergola kayu yang dijadkan ruang makan outdoor ini juga dapat kamu jadikan sebagai tempat untuk berkumpul bersama keluarga maupun kegiatan-kegiatan santai lainnya.

2. Pergola Kayu yang Dijadikan Dapur Outdoor

Pergola Kayu yang Dijadikan Ruang Makan Outdoor

Selain dijadikan ruang makan outdoor, pergola kayu ini juga sangat ideal dijadikan area dapur outdoor lho. Disini kamu dapat membuat pergola kayu sebagai spot khusus di tepian kolam renang untuk menunjang kegiatan santai.

Dengan adanya desain pergola kayu tersebut, tentu saja kamu dapat bersantai dulu sebelum maupun sesudah berenang. Apabila areanya terlau terbuka, kamu dapat menambahkan tirai agar tidak terlalu panas dan tidak terlalu silau oleh paparan sinar matahari.

3. Pergola Kayu di Area Rooftop

Pergola Kayu di Area Rooftop

Apakah area rooftop di rumahmu jarang terpakai? Jika iya, sudah saatnya untuk menciptakan rooftop yang tampak lebih hidup dan berestetika dengan membangun pergola kayu berbentuk kubus.

Tentu saja keberadaan pergola kayu ini dapat kamu jadikan untuk menunjang kegiatan bersantai di sore hari, berkumpul bersama keluarga, mengadakan acara pesta barbeque, dan lain sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya : Fungsi Rooftop dan Bahan-bahan Terbaik Untuknya

4. Pergola Kayu yang Dijadikan Spot Tambahan Untuk Bersantai

Pergola Kayu yang Dijadikan Spot Tambahan Untuk Bersantai

Untuk menghadirkan nuansa vintage atau klasik, kamu pun bisa membuat pergola kayu dengan mengusung warna putih. Agar lebih nyaman lagi, sebaiknya kamu tambahkan sofa dengan beberapa bantal yang empuk.

Selain dapat digunakan sebagai spot tambahan untuk bersantai, pastinya keberadaan pergola kayu dengan desain klasik ini akan mempercantik tampilan exterior rumahmu.

5. Desain Pergola Kayu yang Dihiasi Kelambu

Desain Pergola Kayu yang Dihiasi Kelambu

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sebuah bangunan outdoor dengan konsep terbuka itu lebih berisiko terkena serangan hewan-hewan kecil yang berterbangan, seperti nyamuk, laron, dan lain sebagainya.

Ya, terlebih di waktu sore menjelang malam hari, yang mana hewan-hewan kecil tersebut sudah mulai berterbangan di area taman. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menghiasi pergola kayu dengan kelambu agar terlindungi dari gigitan nyamuk maupun jenis serangga yang berterbangan lainnya.

6. Desain Pergola kayu yang Dihiasi Tanaman Rambat

Desain Pergola kayu yang Dihiasi Tanaman Rambat

Selain menghiasinya dengan kelambu, kamu juga bisa mempercantik tampilan pergola kayu dengan tanaman rambat. Tak hanya mempercantik tampilan Pergola Kayu, keberadaan tanaman rambat tersebut bisa memberikan efek sejuk dan alami.

Jika tidak terlalu suka dengan tanaman rambat, kamu dapat menghiasi Pergola Kayu dengan berbagai jenis tanaman hias lainnya seperti bunga melati irian, morning glory, bunga alamanda, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Khasiat Daun Bidara yang Jarang Diketahui

Apa Bedanya Pergola Dengan Gazebo…???

Gazebo merupakan bangunan outdoor yang biasanya menggunakan material kayu dan bambu. Selain itu, umumnya gazebo tampil dengan bentuk bundar atau heksagonal yang bagian lantai dan atapnya dibuat permanen.

Akan tetapi, tak jarang juga ada gazebo yang tampil dengan bentuk kotak maupun bentuk-bentuk berbeda lainnya. Begitu pun dengan Pergola, yang mana ia merupakan bangunan outdoor untuk memperindah tampilan taman.

Namun, secara umum Pergola mempunyai struktur yang lebih simpel dan kurang permanen. Jika gazebo biasanya menggunakan material kayu, maka Pergola bisa dibuat dengan material selain kayu.

Bukan hanya itu, Pergola juga tidak harus selalu dilengkapi dengan atap. Pasalnya, fungsi dasar dari Pergola ini memang hanya difungsikan sebagai pembatas taman saja.  

Perbedaan Pergola Dengan Kanopi

Dilihat dari bentuknya, sekilas tampilan pergola kayu dengan kanopi itu tampak serupa. Namun, diantara keduanya memiliki perbedaan yang cukup menonjol. Ya, perbedaan antara Pergola dengan kanopi itu terdapat pada ide dasarnya.

Lebih tepatnya lagi, Pergola adalah sebuah konstruksi sederhana yang dapat dibuat dari material kayu atau pipa logam sehingga tampilannya sekilas mirip dengan kanopi.

Akan tetapi, faktor pembedanya terdapat pada penutup yang digunakan berupa tanaman rambat. Seperti halnya kanopi, Pergola juga berfungsi sebagai penangkal cahaya dan panasnya terik matahari

Adapun mengenai perbedaan yang paling menonjol diantara Pergola dengan kanopi, yakni terdapat pada bagian atapnya. Biasanya atap kanopi menggunakan bahan plastik polimer atau yang lebih dikenal dengan istilah polycarbonate, serta struktur atapnya yang bisa melengkung.

Sedangkan atap Pergola menggunakan tanaman rambat, yang mana strukturnya pun berbentuk datar dan tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar berselang-seling. Jika dinilai dari perbedaan fungsi, kanopi ini cenderug berfungsi sebagai media penghalang cuaca, entah itu dari sinar matahari maupun air hujan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai berbagai ide desain pergola kayu, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi sebelum membuatnya.