Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Keindahan Lantai Kayu Sonokeling yang Tiada Duanya!

 

Keindahan Lantai Kayu Sonokeling yang Tiada Duanya!

Lantai Kayu Sonokeling – Ada banyak sekali jenis kayu yang kerap digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai property. Ya, salah satunya berupa parket atau yang biasa disebut dengan lantai kayu.

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa lantai kayu pada umumnya itu berwarna coklat, kemerahan, kuning cerah, hingga orange.

Namun, hal itu berbanding terbalik dengan tampilan parket dari kayu sonokeling. Pasalnya, lantai kayu sonokeling memiliki tampilan yang begitu cantik dan eksotik lho.

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar lantai kayu sonokeling, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Asal Usul Pohon Sonokeling

Sonokeling adalah salah satu jenis kayu yang lumayan cukup populer di Indonesia, hal itu dikarenakan jenis kayu ini memiliki corak warna dan juga motif yang menawan. dengan warna hitam agak kecoklatan diselingi warna kuning yang agak keputihan membuat jenis kayu ini menjadi salah satu jenis kayu dengan nilai jual yang tinggi.

Asal Usul Pohon Sonokeling

Kayu Sonokeling biasanya digunakan untuk membuat furniture atau barang kerajinan. kualitas kayu ini sendiri hampir serupa dengan kayu jati. karena memiliki corak dan motif yang eksotis maka banyak orang yang mulai memanfaatkannya sehingga pemerintah saat ini membatasi penebangan pohon kayu sonokeling agar kelestariannya tetap terjaga.

Pohon Sonokeling ini bisa mencapai ketinggian sampai 20-40 meter. Pohonnya sendiri rata-rata berukuran besar sampai sedang. di Indonesia pohon sonokeling banyak tumbuh di daerah Pulau Jawa. 

Salah satu produk yang dihasilkan dengan memanfaatkan Kayu Sonokeling adalah lantai kayu. bersama dengan kayu jati, jenis penutup lantai kayu sonokeling menjadi produk yang banyak diminati oleh masyarakat.

Penggunaan Lantai kayu sonokeling biasanya hanya untuk area indoor saja seperti area ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur ataupun ruang berkumpul keluarga. Mengenai cara perawatannya sendiri sama dengan lantai kayu pada umumnya.

Baca Selengkapnya : Pembersih Lantai Kayu yang Boleh & Jangan Digunakan

 Harga Lantai Kayu Sonokeling Berdasarkan Ukuran

Terdapat dua jenis lantai kayu sonokeling yang tersedia di gerai Prorumah, yakni lantai kayu sonokeling ukuran 1,5 x 9 x 30 - 90 cm dan lantai sonokeling ukuran 1,2 x 4,5 x 19 - 30 cm / pcs. Meski dijualnya sama-sama per meter persegi, namun kedua jenis lantai kayu sonokeling tersebut dijual dengan harga yang berbeda. 

Harga Lantai Kayu Sonokeling Berdasarkan Ukuran

Khusus lantai kayu sonokeling yang berukuran 1,5 x 9 x 30 - 90 cm dibanderol dengan harga Rp 430.000, sedangkan lantai kayu sonokeling ukuran 1,2 x 4,5 x 19 - 30 cm dijual dengan harga Rp 220.000. 

Dikarenakan sedang ada promo, maka kami akan memberikan diskon sehingga lantai kayu sonokeling ukuran 1,2 x 4,5 x 19 - 30 cm ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 170.000 saja per meter perseginya. 

Untuk info pemesanan & layanan konsultasi seputar produk lantai kayu sonokeling, silahkan hubungi marketing kami pada nomor yang sudah tertera di website ini

Atau, anda juga bisa mengunjungi langsung tautan berikut -> Harga Lantai Kayu Permeter Berbagai Jenis List 2022 

Kelebihan Lantai Kayu Sonokeling

1. Kokoh dan Tahan Lama

Kelebihan Lantai Kayu Sonokeling - kokoh dan tahan lama

Salah satu alasan yang membuat kayu sonokeling cocok dijadikan bahan baku untuk pembuatan lantai kayu parket, yakni karena kokoh dan tahan lama. Ya, terlebih jika diberi perawatan yang tepat, dimana lantai kayu sonokeling ini dapat bertahan hingga ratusan lamanya lho. 

Baca Juga : Mengintip Kelebihan dan Kekurangan Woodplank

2. Akan Meningkatkan Nilai Estetika

Keunggulan pertama dari lantai kayu sonokeling yang akan anda dapatkan, yakni mampu meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kayu sonokeling mengusung tampilan warna dan corak yang nyentrik sehingga berbeda dengan jenis kayu lainnya. 

Akan Meningkatkan Nilai Estetika

Alhasil, penggunaan lantai kayu sonokeling akan menojolkan nuansa unik, menarik, namun tetap terlihat mewah dan elegan. Bukan hanya itu, bahkan lantai kayu sonokeling juga masih tetap menonjolkan sisi naturalnya. 

3. Menghadirkan Nuansa Hangat

keunggulan lantai kayu sonokeling - Menghadirkan Nuansa Hangat

Tak hanya menampilakan sisi kemewahan dan natural, ternyata pengunaan lantai kayu sonokeling pun akan menghadirkan nuansa hangat. Dengan begitu, maka suasana di dalam ruangan rumah akan tampak lebih akrab dan bersahabat berkat kehadiran lantai kayu sonokeling. 

4. Memiliki Permukaan yang Kesat

Permukaan lantai kayu sonokeling yang terasa kesat sehingga membuatnya menjadi tidak licin meski terkena air, sehingga dapat meminimalisir risiko terpeleset.

Memiliki Permukaan yang Kesat

Seandainya anda terjatuh, maka anda pun tidak akan terlalu merasakan sakit karena tekstur permukaan lantai kayu sonokeling ini tergolong cukup empuk. Tak cuma itu, bahkan penggunaan lantai kayu sonokeling juga memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan lho.

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa lantai kayu sonokeling memiliki kemampuan yang dapat menyerap energy panas untuk dialirkan kedalam rumah ketika cuaca mulai dingin. 

Hasilnya, suhu dalam ruangan rumah anda akan tetap terasa hangat meski di tengah musim dingin. Itu artinya, lantai kayu sonokeling ini sangat cocok bagi mereka yang menderita penyakit rematik. 

Artikel Menarik Lainnya : Ketahui Keunggulan dan Kekurangan Bata Hebel

Kekurangan Lantai kayu Sonokeling

1. Berpotensi Terjadi Kerusakan

Apabila tidak diberi perawatan yang khusus, maka jangan harap jika lantai kayu sonokeling ini akan berumur panjang. 

2. Rentan Terhadap Goresan

Meski kokoh dan kuat, namun lantai kayu sonokeling rentan terhadap goresan. Maka dari itu, saat hendak memindahkan furniture seperti meja dan kursi, sebaiknya dengan cara diangkat dan bukan digeser atau di dorong. 

Nah, seperti itulah beragam keunggulan dan kekurangan dari lantai kayu sonokeling.

Bagaimana, apakah anda juga berminat untuk memasang lantai kayu sonokeling dirumah?