Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Beberapa Referensi Desain Rumah Joglo yang Harus Kamu Coba!

 

Referensi Desain Rumah Joglo modern

Desain rumah joglo modern – Tentunya kita semua sudah tahu bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya tersendiri, mulai dari adat budaya, bahasa, kuliner, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, bahkan masing-masing daerah di Indonesia juga memiliki desain bangunannya tersendiri lho. Ya, salah satunya rumah joglo yang menjadi ciri khas bangunan di daerah Jawa.

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar rumah joglo, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Rumah Joglo

Rumah Joglo merupakan rumah tradisional Jawa yang memang selalu menarik untuk dibahas. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Rumah Joglo memiliki ciri khas tersendiri sehingga berbeda dengan jenis rumah tradisional lainnya.

Adapun mengenai salah satu yang menjadi ciri khas dari Rumah Joglo, yakni bagian atapnya yang berbentuk trapesium atau mengerucut. Umumnya atap Rumah Joglo tampil dengan warna coklat yang ditopang soko (tiang penyangga dari kayu).

Seiring dengan perkembangan zaman, kini rumah joglo pun tidak luput dari sentuhan modernisasi. Tentu saja hal tersebut membuat kita lebih leluasa lagi dalam menentukan pilihan desain Rumah Joglo.

Berbagai Ide Desain Rumah Joglo Modern

1. Desain Rumah Joglo Minimalis Modern

Seperti yang sudah diketahui bahwa rumah tipe minimalis itu selalu mengedepankan kosep simple. Sehingga tak heran jika hunian minimalis kerap mengaplikasikan warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, abu-abu tua, hingga warna hitam.

Desain Rumah Joglo Minimalis Modern

Untuk bagian interiornya, kamu jangan terlalu banyak menempatkan perabotan atau furniture. Pasalnya, perabotan yang terlalu banyak justru akan membuat ruangan rumah tampak lebih sumpek lho.

Selain itu, kamu juga bisa menempatkan berbagai aksesoris kayu dengan ukiran-ukiran khas Jawa untuk mempertegas kesan tradisional.

Baca Juga : Tips Simple Menciptakan Interior  Rumah Sunda Modern

2. Desain Rumah Joglo Dengan Taman Luas

Gaya simple dan kesederhanaan pada Rumah Joglo model klasik juga bisa kamu tampilkan dalam bentuk dekorasi taman di bagian depan rumah yang cukup luas.

Desain Rumah Joglo Dengan Taman Luas

Meski cara ini tidak bisa diaplikasikan pada lahan yang sempit, namun kamu dapat mensiasatinya dengan desain taman yang memutari rumah secara keseluruhan. Jika sudah demikian, maka lingkungan disekitar rumahmu aka tampak lebih natural dan asri.

3. Desain Rumah Joglo Dengan Atap Gading

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa Rumah Joglo pada umumnya itu memiliki atap berbentuk trapesium atau mengerucut. Namun, kamu bisa melakukan inovasi dengan mengaplikasikan atap gading pada Rumah Joglo tersebut.

Desain Rumah Joglo Dengan Atap Gading

Adapun mengenai bentuk atap gading yang tampak menjuntai dengan ornament khas di bagian ujung, sehingga dapat mempertegas kesan klasik dari arsitektur bangunannya. Terlebih jika kamu menggunakan pintu gebyok yang memang menjadi ciri khas dari interior Jawa, pastinya akan terlihat lebih unik dan nyentrik.

Baca Juga : Jenis-jenis Genteng Terbaik Untuk Hunian

4. Desain Rumah Joglo Limasan

Saat kamu melintasi Provinsi Jawa Tengah, maka di sepanjang jalannya kamu akan melihat desain rumah yang atapnya berbentuk limasan. Ya jelas demikian, sebab desain rumah dengan atap limasan ini memang menjadi ciri khas hunian masyarakat Jawa Tengah.

Desain Rumah Joglo Limasan

Tak hanya itu, desain eksterior dan interior pada rumah limasan juga tidak terlalu banyak menggunakan ornamen bahkan cenderung simple. Tentu saja desain rumah limasan ini sangat cocok  bagi kamu yang menyukai hunian bergaya minimalis.

Kendati cenderung simple, bukan berarti juga bahwa kamu bisa membiarkan eksteriornya dengan gaya polos lho! Agar tampilan semakin cantik, kamu bisa menambahkan berbagai jenis tanaman hias yang ukurannya kecil dan tidak terlalu tinggi.

Baca Juga : Mengenal Jenis Tanaman Begonia

5. Desain Rumah Joglo Terbuka

Guna menghadirkan nuansa kekinian, maka kamu bisa membuat desain Rumah Joglo dengan tema terbuka. Ya, maksud terbuka disini adalah sebagian besar ruangan rumahnya tidak disekat.

Desain Rumah Joglo Terbuka

Selain membuat ruangan rumah tampak lebih luas, ternyata tema terbuka ini juga dapat membuat sirkuasi di dalam rumah menjadi lebih baik lho. Disamping itu, kamu bisa menambahkan hiasan taman vertical pada sudut rungan maupun teras yang cukup luas di bagian belakang rumah.

6. Desain Rumah Joglo Dengan Ornamen Khas Jawa

Jika kamu tidak terlalu suka dengan model atap berbentuk trapesium, maka cobalah untuk bermain pada ornamen. Hal itu bukan tanpa  sebab, karena rumah jawa moder sederhana masih tetap terlihat klasik pada dekorasi eksterior.

Desain Rumah Joglo Dengan Ornamen Khas Jawa

Dalam hal ini, kamu harus mempertahankan dinding bata merah tanpa diaci atau diplester. Selain itu, usahakan ada lampu luar yang berbentuk kejawaen hingga ukiran pada pagar. Alhasil, desain rumah modern tersebut akan kental dengan nuansa khas Jawa.

Artikel Menarik Lainnya : Berbagai Ide Desain Interior Klasik Untuk Kantor

7. Desain Rumah Joglo Dengan Kolam

Kehadiran tiang-tiang penyangga di bagian depan teras memang menjadi ikon bagi Rumah Joglo. Tak hanya berperan untuk menopang struktur bangunan, bahkan keberadaan tiang-tiang penyangga tersebut juga akan mempermanis tampilan Rumah Joglo.

Desain Rumah Joglo Dengan Kolam

Agar tampilan rumahnnya tidak terkesan monoton, kamu pun bisa menambahkan dekorasi kolam ikan di bagian sisi luar teras. Dengan demikian, maka perpaduan nuansa klasik dan modernnya akan terasa kental pada Rumah Joglonya.

Nah, itulah berbagai ide desain rumah joglo modern sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangun atau merenovasi rumah.