Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Kayu Sungkai yang Menjadi Andalan di Bidang Mebel

Kayu Sungkai yang Menjadi Andalan di Bidang Mebel

Kayu sungkai – Sebenarnya memang cukup sulit untuk membedakan satu jenis kayu ke jenis lainnya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena hampir semua jenis kayu memiliki tampilan yang serupa. Baik dari segi warna, pola serat, dan tekstur.

Adapun mengenai beberapa jenis kayu yang tampilan fisiknya mudah dikenali, seperti kayu hitam Kalimantan, kayu amara, dan kayu sonokeling. Pasalnya, ketiga jenis kayu tersebut tampil dengan perpaduan warna hitam, cokelat, dan kekuningan lho.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui masing-masing jenis kayu dari karakteristiknya. Begitu pun dengan kayu sungkai yang hanya bisa dikenali dari karakteristiknya.

Nah, untuk kamu yang ingin mengenal lebih jauh lagi seputar kayu sungkai, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Karakteristik Kayu Sungkai

Menurut kabar yang beredar, penyebaran pohon kayu sungkai bisa kita temui pada beberapa daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Tak hanya di Indonesia, pohon kayu sungkai juga tumbuh subur di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Sebenarnya kayu sungkai memiliki beragam nama yang sesuai dengan daerah asalnya, seperti kayu jati sabrang, ki sabrang, kurus, sekai, dan lain sebagainya. Pada umumnya pohon kayu sungkai dapat tumbuh dengan ketinggian berkisar 20 – 30 meter, sedangkan ukuran diameternya mencapai 60 cm.

Karakteristik Kayu Sungkai

Dalam industry perkayuan, kayu sungkai ini diklaim mampu menahan berat yang cukup baik. Mengenai berat jenisnya, kayu sungkai memiliki berat sekitar 550 – 650 kg/m3 dan tingkat kelenturannya yang mencapai 400 – 900 kg/m3, sementara untuk tingkat kekuatannya berkisar 300 – 650 kg/m3.

Adapun mengenai tampilan fisiknya, yang mana bagian tengah kayu sungkai ini mengusung warna cokelat muda, sedangkan bagian pinggirannya tampil dengan warna yang lebih terang. Namun, tekstur kayu sungkai tergolong cukup kasar meskipun sudah di amplas.

Kendati demikian, kayu sungkai mempunyai pola serat yang begitu indah lho. Itu sebabnya, mengapa kayu sungkai selalu diandalkan dalam bidang furniture.

Baca Juga : Yuk, Kita Kenali Jenis-jenis Serangga Pemakan Kayu

Kelebihan Kayu Sungkai

  • Proses pengolahan dan pengerjaan yang cukup mudah
  • Mempunyai serat dan pola yang sangat indah
  • Furniture yang berbahan kayu sungkai cocok dterapkan pada hunian minimalis
  • Bisa diolah menjadi veneer untuk melapisi permukaan kayu lapis
  • Menawarkan harga yang relatif murah dan berbobot ringan.

Artikel Menarik Lainnya : Kupas Tuntas Seputar Kayu Albasia

Kekurangan Kayu Sungkai

  • Tidak terlalu tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim
  • Tidak cocok dijadikan sebagai jenis furniture outdoor
  • Daya tahannya terhadap serangan rayap tergolong rendah
  • Kayu sungkai sulit dibedakan dengan jenis kayu lainnya
  • Teksturnya masih terasa kasar meski sudah diamplas

Manfaat Kayu Sungkai Untuk Mebel & Furniture

1. Dijadikan Kisi-kisi

Partisi atau kisi-kisi ini adalah sebuah sekat yang kerap diaplikasikan pada hunian dengan tema terbuka (open plan). Ya, partisi akan difungsikan sebagai pemisah antar ruang satu dengan ruangan lainnya.

kayu sungkai Dijadikan Kisi-kisi

Kayu sungkai pun menjadi salah satu jenis kayu yang sering dijadikan bahan baku untuk pembuatan produk partisi. Dengan menggunakan partisi kayu sungkai tersebut, tentu saja tampilan rumah kita akan tampak lebih berestetika dan bernuansa natural.

Artikel Serupa : Berbagai Ide Desain Kisi-kisi Kayu yang Akan Memperindah Tampilan Rumahmu

2. Dijadikan Set Meja Kursi

kayu sungkai Dijadikan Set Meja Kursi

Berkat tampilan warna kuningnya, kayu sungkai pun sering dijadikan untuk pembuatan kursi kayu yang cocok diaplikasikan pada hunian tipe minimalis dan klasik. Bahkan yang lebih menariknya lagi, kursi yang berbahan kayu sungkai ini memiliki motif yang begitu sedap dipandang.

3. Dijadikan Meja

Untuk kamu yang sudah bosan dengan desain meja kerja yang begitu-begitu saja, maka meja dari bahan kayu sungkai ini merupakan pilihan paling tepat. Mengapa demikian…???

kayu sungkai Dijadikan Meja

Pasalnya, keindahan meja belajar yang berbahan kayu sungkai tersebut dapat menciptakan nuansa kehangatan. Bukan hanya itu, meja belajar dari kayu sungkai ini juga sudah terbukti kuat sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

4. Dijadikan Lemari Pakaian

Selain dijadikan meja belajar, kayu sungkai juga selalu menjadi pilihan utama dalam pembuatan lemari kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tingkat kekuatan kayu sungkai yang memang lebih kuat jika dijadikan sebagai furniture indoor.

kayu sungkai Dijadikan lemari pakaian

Meskipun teksturnya masih agak kasar, namun lemari yang berbahan kayu sungkai ini cukup banyak peminatnya lho. Untuk menghadirkan nuansa yang lebih alami dan natural, sebaiknya lemari kayu sungkai tersebut dipadukan dengan dinding yang berwarna putih.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat kayu sungkai lainnya yang belum dibahas. Hanya saja kayu sungkai memang selalu diandalkan untuk bidang mebel. 

Berapakah Harga Kayu Sungkai?

Menurut informasi yang didapat, harga standar kayu sungkai di pasaran itu berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per kubiknya. Sementara untuk kayu sungkai olahan dibanderol sekitar Rp 6 – 8 jutaan per meter kubik, karena akan dibedakan berdasarkan kualitasnya.

Baca Juga : Review Harga Jenis-jenis Kayu Untuk Bangunan Rumah

Kabar baiknya lagi lagi, harga kayu sungkai dipasaran cenderung stabil. Ya, tak seperti jenis kayu ulin dan merbau yang harganya selalu berubah-ubah. Adapun mengenai beberapa motif kayu sungkai yang umumnya tersedia di pasaran seperti berikut :

  • Sungkai serat lurus
  • Sungkai serat mahkota
  • Sungkai perpaduan serat lurus dan mata sehat
  • Sungkai perpaduan serat mahkota dan mata sehat.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai seluk beluk kayu sugkai.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membeli kayu sungkai...???