Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Yuk, Kita Pahami Jenis-jenis Amplas Kertas

 

jenis amplas kertas

Jenis amplas kertas – Amplas yang selama ini kita ketahui merupakan sebuah alat yang kerap digunakan untuk menghaluskan permukaan material kayu. Dari beberapa tipe amplas yang tersedia dipasaran, amplas kertas pun menjad salah satu tipenya yang paling populer.

Akan tetapi, ternyata masih banyak masyarakat yang belum tahu bahwa amplas kertas itu terdiri kedalam berbagai jenis berbeda. Lebih ringkasnya lagi, jenis amplas kertas akan disesuaikan berdasarkan material yang menjadi objeknya.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis amplas kertas, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

4 Jenis Amplas Kertas Paling Umum

1. Amplas Kayu

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa amplas kerap digunakan untuk kebutuhan industri perkayuan. Umumnya jenis amplas kayu tampil dalam bentuk roll kain yang berbahan aluminium oxide.

Amplas Kayu

Bukan hanya itu, terdapat juga amplas kertas yang materialnya terbuat dari bahan silicon carbide. Para pengrajin kayu akan menggunakan jenis amplas tersebut yang berdasarkan pengaplikasiannya. Seperti halnya amplas alumunium oxide yang biasa digunakan untuk kayu kering tanpa air.

Adapun amplas berbahan silicon carbide yang umumnya digunakan untuk kebutuhan mebel kayu, dengan menggunakan cat duco pada tahap finishing.

Baca juga: Tahapan yang Benar Dalam Finishing Kayu

2. Amplas Besi

Pada tahap pengerjaan pengamplasan material logam besi yang tidak terlalu keras, biasanya para tukang akan menggunakan amplas yang berbahan silicon carbide. Pasalnya, amplas silicon carbide memiliki grit tinggi yang bisa digunakan untuk menghaluskan pada saat proses finishing dilakukan.

Amplas Besi

Disamping itu, amplas berbahan silicon carbide juga bisa diaplikasikan dengan menggunakan air sehingga dapat mengurangi partikel maupun serbuk besi dari hasil pengamplasan. Nah, serbuk-serbuk besi tersebutlah yang nantinya akan berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

3. Amplas Tembok

Sebenarnya cara pengamplasan terhadap tembok bisa menggunakan amplas yang berbahan silicon carbide maupun aluminium oxide.

Amplas Tembok

Akan tetapi, aluminium oxide adalah bahan amplas yang biasa digunakan untuk pengamplasan tembok. Hal itu bukan tanpa alasan, karena harga amplas aluminium oxide lebih murah dibandingkan dengan silicon carbide.

Bahkan, tahap pengamplasan pada tembok haruslah kering tanpa menggunakan air sehingga amplas aluminium oxide lebih cocok untuk digunakan.

Pada tahap pengamplasan tembok biasanya akan dilakukan sebelum proses plamir, atau sebelum pengecatan guna membersihkan kotoran dan partikel yang menempel di tembok.

4. Amplas Duco

Jenis amplas kertas selanjutnya yang harus kamu ketahui, yakni berupa amplas duco alias amplas air. Namun, masyarakat lebih mengenal amplas tersebut dengan istilah amplas duco.

Amplas Duco

Kabarnya, jenis amplas ini umumnya terbuat dari bahan silicon carbide. Pasalnya, karena amplas duco sering digunakan untuk kebutuhan finishing pada bidang otomotif. Amplas duco biasa digunakan untuk menghaluskan tekstur bodi kendaraan setelah di dempul.

Baca juga: Jenis Cat Impra Melamine Beserta Daftar Harga Terbarunya

Mengenal Gift Amplas

Tak hanya berdasarkan material, amplas kertas juga akan dibedakan berdasarkan gift atau ukurannya. Adapun mengenai ukuran gift amplasyang akan dibahas seperti berikut:

  • P4 dan P60

Amplas ukuran P4 dan P60 biasa digunakan untuk menghaluskan tekstur permukaan material kayu yang kasar. Tak hanya itu, jenis amplas ini juga bisa dipergunakan untuk menghilangkan cat yang masih menempel pada material kayu.

  • P80

Amplas ukuran P80 juga memiliki fungsi yang dapat memperbaiki tekstur serta menghaluskan permukaan kayu yang tergores. Contohnya seperti tergores oleh gergaji, paku, dan benda-benda tajam lainnya. Namun, apabila goresannya terlalu dalam, maka cara memperbaikinya harus dengan di dempul.

Baca juga: Tipe-tipe Furniture Rotan dan Karakteristiknya

  • P100 dan P120

Amplas yang berukuran P100 – P120 biasa digunakan proses penghalusan permukaan material setelah diamplas dengan menggunakan amplas P80. Dengan menggunakan amplas P100 – P120, itu artinya material kayu sudah siap untuk diberi lapisan cat.

  • P180

Penggunaan amplas ini bertujuan untuk lebih menghaluskan material agar nantinya bisa dilakukan pengecatan. Menariknya lagi, bahkan amplas ukuran P180 juga bisa kamu gunakan untuk menghaluskan permukaan meterial kayu dengan serat-serat kecil yang keluar dari permukaannya. 

Jika ukuran material kayunya sudah pas dan tidak butuh banyak perubahan, kamu hanya tinggal melakukan sedikit finishing.

  • P240

Amplas dengan ukuran P240 ini sangat coco digunakan untuk tahap finishing yang lebih halus, agar nantinya tidak perlu lagi dilakukan pengecatan untuk menutup serat kayunya. Dengan menggunakan amplas P240, maka tekstur permukaan material kayu akan lebih halus tanpa adanya corak dan serat.

  • P320

Setelah menggunakan amplas P240, selanjutnya kamu bisa menggunakan amplas yang berukuran P320 untuk lebih menghaluskan tekstur permukaannya. Hal itu bukan tanpa sebab, karena sebagian kayu dan sebagian pengerjaan dibutuhkan tahap penghalusan kayu yang lebih lagi agar dapat mendapatkan hasil sempurna.

  • P400

Sebenarnya amplas ukuran P400 memang jarang digunakan. Hal ini dikarenakan level kehalusannya setingkat lebih halus daripada amplas P320.

Dengan kata lain, kebanyakan para pengrajin kayu hanya perlu menggunakan amplas P320 saja untuk menyelesaikan kebutuhan pengerjaannya. Oleh karena itu, jenis amplas P400 hanya digunakan untuk menghaluskan lapisan poliuretan.

  • P800

Jenis ukuran amplas berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama P800. Ukuran amplas yang satu ini lebih cocok digunakan untuk finishing terakhir terhadap material kayu yang rentan mengalami kerusakan atau patah.

Itu artinya, kayu yang berukuran kecil dan tipis bisa dihaluskan dengan menggunakan amplas P800 ini. Namun, cara peng-amplasannya harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak struktur kayu.

Sebenarnya masih ada lagi ukuran gift amplas yang belum disebutkan. Namun, ukuran-ukuran yang telah disebutkan tadi merupakan gift amplas yang paling umum dijumpai dipasaran.